Bagaimana Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf? Ini Caranya

Bagaimana Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf? Ini Caranya
Bagaimana Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf? Ini Caranya

Sikalem – Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf, maka kamu tidak perlu khawatir, meskipun dari pikiran kamu tidak sampai kesini, bukan berarti kamu tidak akan mengetahui sampai kapanpun.

Berkat hadirnya media online, apa sih yang enggak mudah? Apalagi hanya sekedar mencari informasi dan belajar secara online, anggap saja ini adalah media pembelajaran yang luar biasa bagi kamu.

Baik, sekarang kita kembali pada topik pembahasan, bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf? Sementara bagi kamu hal ini sangat amat sulit untuk dilakukan sebagaimana dengan tata cara yang benar dan bijak.

Oke sahabat kalem, kamu yang sudah terbiasa dengan gagasan utama, mungkin tidak perlu membaca artikel ini sampai dengan habis, akan tetapi kalau kamu tidak terbiasa, alangkah lebih baik jika membacanya sampai selesai.

Ciri-ciri Gagasan Utama Pada Paragraf

Karena disini kita akan mengetahui bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf? Untuk lebih mudahnya, kita perhatikan terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri gagasan utama atau juga bisa disebut sebagai gagasan pokok.

Baca juga: Kalimat Berikut yang Menggunakan Konjungsi Temporal Adalah

Baca juga: Informasi yang Disajikan Dalam Kalimat Penjelas Berupa

Ciri-cirinya dapat kamu perhatikan, meliputi:

  1. Gagasan utama berdiri sendiri.
  2. Gagasan utama berupa kalimat lengkap.
  3. Memiliki arti yang jelas.
  4. Didalamnya terdiri dari topik permasalahan.
  5. Tanpa adanya kata sambung dan penggunaan spasi.
  6. Biasanya, didalam paragraf induktif terdapat kata kunci: kesimpulan, sebagai, yang penting, oleh karena itu, dan lainnya.

Nah dari ciri-ciri diatas mungkin dapat kamu perhatikan bahwa yang terdapat pada ciri itu adalah kalimat gagasan utama pada sebuah paragraf.

Namun mungkin kamu masih merasa bingung, bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf dengan baik dan benar agar bisa menemukan topik utama yang dibahas?

Oke baik jika memang kamu masih merasa sulit meskipun ciri-cirinya sudah dijelaskan dengan lengkap diatas, silakan kamu simak dibawah ini.

Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf
Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf

Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf

Cara menemukan gagasan utama pada paragraf itu sebenarnya sangat mudah, yang perlu kamu lakukan diawal adalah membaca teks dengan cermat.

  1. Pahami dan cermati teks bacaan pada paragraf dengan baik.
  2. Temukan garis besar pada paragraf yang kamu cermati tadi.
  3. Cermati juga kalimat pertama dan terakhir dalam teks bacaan tersebut.
  4. Identifikasilah ide maupun objek yang mendominasi paragrafnya.
  5. Tentukan satu kalimat yang cocok untuk dijadikan sebagai paragraf utama.
  6. Ambil kesimpulan dengan bijak.

Dengan melakukan hal-hal diatas berarti kamu sudah melakukan bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf tersebut yang telah ada didepan mata kamu.

Namun yang paling penting seperti yang sudah admin jelaskan bahwa kamu harus membaca, memahami, mencerna, dan menyimak dengan baik dari bacaan tersebut agar paragraf utama kamu temukan.

Demikian penjelasannya untuk pelajaran kali ini terkait bagaimana cara menemukan gagasan utama pada paragraf tersebut yang dapat kamu lakukan caranya seperti yang sudah tertulis diatas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.