Take a fresh look at your lifestyle.

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu yang Baik dan Benar

Jika Kamu Menemukan Hasil Dari Translate, Mungkin Itu Kurang Meyakinkan

0

Sikalem – Hasil dari translate bahasa Sunda aku sayang kamu mungkin membuat kamu kurang meyakinkan, maka berikut adalah kalimat yang sebenarnya berdasarkan bahasa resmi dari Sunda ke Indonesia.

Sedangkan, kamu sudah menemukan bahwa bahasa Sunda aku sayang kamu ini memiliki kalimat yang luar biasa, tapi apakah kamu tahu bahwa beragam?

Maksud beragam, ada beberapa kalimat yang dapat kamu ucapkan berdasarkan bahasa Sunda alus dan bahasa Sunda kasar, juga yang biasa digunakan sehari-hari.

Dan untuk mendapatkan maknanya, silakan kamu langsung simak dibawah ini ya sahabat kalem.

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu

Aku sayang kamu dalam bahasa Sunda alus bisa di ucapkan Abdi Bogoh/dedeuh Ka Anjeun, sedangkan menurut Sunda kasar, aku sayang kamu adalah : Aing bogoh ka sia.

Aku, kamu, kedua kalimat ini memiliki beberapa variasi bahasa, bahkan dalam satu daerah saja, di kampung saya yang juga menggunakan bahasa Sunda ini sangat bervariasi.

Baca Juga : 100+ Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Sunda

Biasanya, Aku bisa diucapkan dengan kalimat “Aing, Abdi, Kula, Kuring, kami”, dan Kamu biasanya diucapkan dengan kalimat “Sia, Dia, Maneh, Anjeun, Euyan”.

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu
Foto : Istimewa

Variasi Bahasa Sunda (Kamu)

Nah, pada beberapa bahasa yang bervariasi, untuk kalimat Kamu, saya terbiasa menggunakan maneh, dan Dia, kalau Dia sendiri adalah bahasa Kasar, dan maneh bahasa yang alus.

Kalau untuk yang lebih tua, penyebutan kamu kepada wanita itu biasa teteh, dan untuk laki-laki kakak/kak.

Kalau bisa, jangan sesekali mengucapkan kalimat sia, dia atau maneh kepada orang yang lebih tua, bahkan menyebut namanya saja itu termasuk tidak sopan kalau dikampung saya ya.

Mungkin beda lagi dengan daerah lain yang juga menggunakan bahasa Sunda, karena sekali lagi bahasa Sunda itu tak hanya satu variasi saja.

Variasi Bahasa Sunda (Aku)

Sedangkan untuk panggilan Aku, kalau aing itu adalah bahasa Kasar, sedangkan bahasa Alus bisa menyebut Abdi, dan kami.

Kalau kula dan kuring, biasanya ini disebut atau diucapkan oleh budak baheula alias orang jaman dulu, namun sampai sekarang juga masih banyak menggunakan kalimat tersebut.

Variasi Bahasa Sunda (Sayang)

Bahasa Sunda aku sayang kamu yang sudah saya jelaskan diatas tentu saja tak hanya panggilan aku/kamu saja yang bervariasi, namun kata sayang juga memiliki variasi yang luar biasa.

Makna utama Sayang sebenarnya bukan Bogoh, melainkan Ho’ok atau nya’ah, namun mungkin karena beberapa daerah menggunakan bahasa Sunda yang berbeda, jadi tentu beda juga menggunakannya.

Kalau bogoh sebenarnya bermakna “Cinta”, dan kamu juga tahu apa bedanya sayang dan cinta? Jelas sangat berbeda, meskipun memang banyak orang menganggap sama.

Begitupun dengan kalimat dalam bahasa Sunda yang juga beda makna, kalau bogoh ini bermakna Cinta, namun juga biasa diungkapkan Dedeuh atau.

Sedangkan, jika kamu ingin mengucapkan kalimat Aku Suka Padamu, kamu bisa mengucapkan dengan kalimat Abdi resep ka maneh/anjeun.

Ingat ya, makna utama sayang dalam bahasa Sunda adalah Nya’ah atau Ho’ok. Tapi memang tidak masalah jika kamu pun mengucapkan kalimat tersebut untuk panggilan sayang.

Baca juga : 2 Ucapan Selamat Pagi Bahasa Sunda

Variasi Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu

Variasi Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu
Foto : Istimewa

Kita tentunya sudah mendapatkan informasi terlengkap variasi-variasi diatas, dan jika kamu ingin mengucapkan kalimat aku sayang kamu dalam bahasa Sunda, kamu dapat mengucapkan dengan kalimat dibawah ini.

  • Abdi bogoh ka Anjeun (Alus)
  • Aing nyaah ka sia (Agak kasar)
  • Kami dedeuh ka maneh (Biasa saja)
  • Abdi dedeuh ka maneh (Alus)
  • Aing bogoh ka dia (Kasar)
  • Kuring resep ka maneh (biasa, resep : Suka)

Oke, kamu dapat mengungkapkan beberapa kalimat dengan variasi diatas, dan ingat sekali lagi kalau memang ingin mengucapkan bahasa Sunda aku sayang kamu yang sederhana dan biasa saja serta alus, kamu dapat mengucap dengan kalimat “Kami Nya’ah ka Maneh”.

Dan mungkin sampai pada pembahasa diatas, apakah kamu sudah dapat memahami apa yang sudah saya jelaskan? Jika benar-benar yakin bahwa kamu paham, berarti sudah pada akhir pembahasan.

Baca juga : 8 Cara Ngechat Gebetan Agar Dia Nyaman

Kesimpulan

Ungkapan aku sayang kamu dalam bahasa Sunda yang biasa digunakan oleh masyarakat Sunda yaitu kalimat Abdi/kami nya’ah/bogoh ka maneh.

Namun, ingat meskpun makna utama itu berbeda, namun jika memang kamu suka dengan orang tersebut, ucapkan saja Kami Bogoh ka maneh, atau Kami resep ka maneh.

Sudah itu saja cukup kok, dan mungkin yang saya sampaikan tentang bahasa Sunda aku sayang kamu sudah kamu pahami, dan semoga bermanfaat saja ya, maaf jika terlalu terbelit-belit.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.