Take a fresh look at your lifestyle.

Bahasa yang Digunakan Hikayat Adalah Bahasa Berikut

Kamu tahu apa bahasa yang digunakan dalam Hikayat? Inilah bahasanya

0

Sikalem – Sudah umum bahwa bahasa yang digunakan hikayat adalah bahasa yang akan kita rangkum dalam penjelasan dibawah ini sesuai dengan bahasa yang dikandungkan secara nyata.

Hikayat adalah salah satu bentuk karya sastra yang isinya tentang kisah, dongeng, juga cerita. Isi-isi cerita yang digunakan dalam hikayat biasanya tentang kehebatan atau kepahlawanan seseorang.

Tak cuma itu saja, isi ceritanya juga lengkap dengan kesaktian, mukjizat, keanehan, hal unik, dan yang lainnya dalam tokoh utama yang diceritakan.

Sementara itu, banyak yang masih bertanya bahasa yang digunakan hikayat adalah bahasa apa? Dan tentu saja penting untuk kita ketahui lebih dalam lagi.

Meskipun hikayat sudah menjadi hal yang umum diceritakan dalam pelajaran Bahasa Indonesia, akan tetapi ternyata permintaan untuk membahas akan bahasanya masih banyak.

Bahasa yang Digunakan Hikayat

Bahasa yang digunakan hikayat adalah Bahasa Melayu klasik karena karya sastra yang satu ini dimulai sejak zaman Melayu Klasik.

Dalam cerita kepahlawanan atau kehebatan tokoh utama, disitu akan terdapat cerita dalam sebuah kehidupan dalam istana kerajaan.

Penanaman bahasa dalam hikayat tentunya harus sesuai dengan kaidah dan isi cerita yang semula harus terikat dari judul sampai akhir cerita pada hikayat.

Baik itu cerita, dongeng, atau cerita kehebatan seseorang maupun kehidupan dalam kerajaan, harus digunakan bahasa yang mudah dipahami agar para pembaca tidak kelelahan dalm mendalami isinya.

Ilustrasi Buku Hikayat
Ilustrasi Buku Hikayat, Foto: Istimewa

Baca juga: Bahasa yang Digunakan Untuk Menyatakan Sesuatu Dalam Teks Negosiasi

Baca juga: Kemelut Majapahit Kelas 12 SMA: Latar Waktu Cerita Dalam Kutipan Novel Sejarah Majapahit

Asal Bahasa Hikayat

Meskipun bahasa yang digunakan hikayat adalah bahasa Melayu, namun ternyata yang perlu kamu ketahui kata “Hikayat” bukanlah bahasa Melayu loh!

Hikayat sendiri ternyata berasal dari bahasa Arab yaitu Haka yang berarti menceritakan atau bercerita.

Dari beberapa pengalaman ternyata benar bahwa asal muasal bahasa ini bukan dari bahasa Melayu, akan tetapi pembuatannya benar menggunakan bahasa Melayu.

Sehingga hal ini juga penting untuk kamu pahami dan kamu ketahui guna menambah wawasan tentang hikayat, aplagi ada dalam pelajaran Bahasa Indonesia ya.

Tujuan Hikayat

Hikayat difungsikan sebagai untuk menghibur, membangkitkan semangat yang hilang, maupun hanya untuk meramaikan sebuah acara saja.

Seperti yang disinggung diatas bahwa bahasa yang digunakan hikayat adalah Melayu klasik atau melayu lama, maka isi bacaannya juga tentu asik dan unik.

Dan sampai saat ini mungkin masih banyak orang yang gemar membuat maupun membaca hikayat, karena didalamnya memiliki cerita yang sangat seru.

Ya itu benar, seperti penggunaan tema kerajaan yang sangat seri kalau kita membacanya. Bukan tanpa alasan tapi memang hal ini sesuai dengan tujuan dari hikayat itu sendiri yang menghibur.

Jadi sekarang kita sudah tahu bahasa yang digunakan hikayat adalah bahasa apa, semoga kamu yang gemar membaca hikayat terhibur dan bahkan bisa membuat sebuah hikayat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.