Bahaya dan Manfaat Kulit Ayam yang Perlu Diketahui

Like Comment
Bahaya dan manfaat kulit ayam

Kamu salah satu penggemar kulit ayam? Semua orang sudah tahu bahwa kulit ayam mengandung lemak yang berbahaya. Tapi, apakah kamu tahu manfaat kulit ayam?.

Jangan cuma kenali bahayanya saja. Ternyata, dibalik bahayanya, ada sederet manfaat kulit ayam yang benar-benar wajib kamu ketahui. Terutama, kulit ayam megandung gizi yang bagus untuk tubuh.

Jika kamu percaya bahwa kulit ayam berbahaya karena alasan yang tertulis diatas. Maka, disini saya akan mengalihkan perhatian dari sisi bahaya kulit ayam ke manfaatnya.

Kandungan Kulit Ayam

Kandungan gizi yang terdapat di dalam kulit ayam tidak ada bedanya dengan kandungan di dalam daging ayamnya sendiri. Dimana, protein hewani adalah gizi utama yang ada di dalamnya.

Selain protein, baik itu kulit maupun daging ayam mengandung banyak sekali Vitamin B kompleks. Keduanya juga mengandung mineral, yakni zat besi yang sudah pasti akan sangat baik untuk tubuh.

Menurut informasi yang saya dapatkan, yang membedakan kandungan kulit dan daging ayam adalah bagian lemaknya saja. Dalam 1 ons kulit ayam setidaknya mengandung 3 gram lemak jenuh dan lemak tidak jenuh sebesar 8 gram.

Lantas, kira-kira apa saja manfaat dan bahayanya dari kulit ayam yang banyak menghindari karena takut akan lemak yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk?.

Manfaat Kulit Ayam

Manfaat Kulit Ayam
Manfaat Kulit Ayam

Kulit ayam adalah makanan yang yang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein hewani. Mutu gizinya mudah diserap oleh tubuh manusia, dan mendukung proses regenerasi sel tubuh secara optimal.

Coba kita perhatikan kembali kedalam kandungan yang ada di dalam kulit ayam, yaitu protein, mineral dan vitamin. Jelas, hal itu sangat penting untuk menambah kesehatan tubuh.

Kandungan lemak di dalam kulit ayam bukanlah lemak berbahaya, jika kita mengkonsumsi dalam porsi dan caranya yang tepat. Ini yang sebenarnya salah, orang-orang menganggap sangat berbahaya, padahal jika porsi dan cara yang tepat sama sekali tidak berbahaya.

Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh, sehingga kulit ayam dapat berkontribusi terhadap peningkatan kadar lemak yang baik di dalam tubuh dan mendukung kesehatan tubuh serta pembuluh darah.

Tapi, metode memasak kulit ayam yang akan dikonsumsi tidak boleh sembarangan, kamu dapat mencari tahu resep yang baik memasak kulit ayam. Dan porsi yang dikonsumsi juga dalam takaran yang pas tentunya kalau kamu ingin mendapatkan manfaatnya.

Bahaya Kulit Ayam

Sebenarnya jika kamu mengkonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan, kulit ayam sama sekali tidak berbahaya, seperti yang telah di jelaskan di atas.

Namun, jika kulit ayam yang dikonsumsi berlebihan, tentu saja ada bahaya yang buruk bagi tubuh. Jika mengkonsumsi kulit ayam lebih dari 2 porsi, dan dengan memasak yang salah.

Hal itu akan menyebabkan tubuh berbahaya. Karena kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh akan meningkat, tahu kan resikonya apa? Maka dari itu, jangan berlebihan ketika mengkonsumsi kulit ayam.

Tips Sehat Mengkonsumsi Kulit Ayam

Tips sehat konsumsi kulit ayam
Tips sehat konsumsi kulit ayam

Agar manfaat kulit ayam dapat kamu nikmati dan terhindar dari bahayanya, maka harap memperhatikan metode memasak kulit ayam dan jumlah porsi yang di konsumsi.

Untuk lebih detailnya, silahkan simak tips sehat mengkonsumsi kulit ayam berikut ini agar bahaya yang di sebutkan di atas tidak kamu dapatkan.

1. Metode Memasak Bebas Lemak

Sebelum di konsumsi, tentu saja kamu perlu memasak terlebih dahulu. Nah, agar tidak berbahaya saat dikonsumsi, kamu perlu memasak kulit ayam dengan metode bebas lemak.

Jika selama ini kamu menggoreng kulit ayam, beralihlah ke metode lain. Hal itu karena digoreng malah akan meningkatkan lemak jahat pada kulit ayam yang nantinya kamu konsumsi.

Metode rendah lemak yang direkomendasikan adalah di panggang atau dibakar dan juga direbus. Ini akan menghilangkan lemak jahat di dalam tubuh, minyak-minyak dalam kulit ayam akan hilang.

2. Batasi Garam dan Bumbu Kemasan

Gurih, ya itulah yang terdapat di dalam lemak. Kamu harus tahu, menambahkan bumbu kemasan dan garam pada saat memasak kulit ayam tentu saja malah meningkatkan kadar lemak.

Sehingga kamu wajib membatasi semua hal tersebut. Cobalah untuk menggunakan bumbu-bumbu alami pada saat kamu memasak dan mengolah kulit ayam.

Gunakan bumbu seperti lada atau bawang segar ketika kamu memasaknya, ini akan sangat berguna dan menghindari natrium. Hal itu juga nantinya akan membuat tekanan darah tetap sehat.

3. Memperhatikan Porsi

Ternyata, kulit ayam sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan harian. Tapi, saat kamu mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan, kamu harus memperhatikan porsi yang dimakan.

Porsi yang direkomendasikan adalah 1 porsi, dimana setara dengan 50-80 gram kulit ayam. Selain itu, mengkonsumsi bersamaan dengan daging ayam juga sangat direkomendasikan agar kandungan gizi yang masuk kedalam tubuh lebih lengkap.

Tetapi sekali lagi, batasi jumlah porsinya ya sahabat kalem. Total porsi yang harus kamu konsumsi dalam sehari adalah 3-4 porsi saja, tidak boleh berlebihan karena malah berdampak buruk.

Nah, jadi kira-kira itulah bayaha dan manfaat kulit ayam serta kandungan dan tips sehat mengkonsumsinya agar bahayanya tidak kamu dapatkan. Demikian informasinya, semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.