5 Bahaya Minum Kopi yang Harus Kamu Tahu

1 Like Comment
Bahaya minum kopi

Sebagian besar orang mencintai minuman yang sangat populer ini tanpa tahu bahaya minum kopi yang ternyata ada banyak sekali.

Bahaya minum kopi setiap hari pun bisa menyebabkan masalah terhadap lambung. Mengingat saat pagi sistem pencernaan masih kosong, ketika minum kopi akan sangat berbahaya.

Hal ini tentunya harus kamu ketahui, terutama pecinta kopi. Kafein dalam kopi memang ada manfaatnya, tapi tak luput juga dari bahaya yang akan terjadi.

Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

5 bahaya minum kopi setiap hari
Bahaya kopi

Tanpa kamu sadari bahaya minum kopi setiap hari pun akan membuat kamu mengalami masalah pada kesehatan.

Agar kamu lebih mempertimbangkan dan lebih mengatur komposisi kopi yang kamu minum, berikut ini saya telah merangkum bahayanya.

1. Menyebabkan Dehidrasi

Menyebabkan dehidrasi
Menyebabkan dehidrasi

Kopi dapat menyebabkan dehidrasi, hal itu terjadi akibat dari diuretik yang merupakan substansi penyebab tubuh menghasilkan urine berlebihan.

Kafein yang terdapat pada kopi, selain memiliki manfaat ternyata dapat membuat urine bertambah dengan meningkatnya aliran darah melalui ginjal sehingga mendorong air keluar lebih banyak melalui urine.

Mengingat kopi yang bisa menyebabkan dehidrasi, hal ini ternyata tergantung pada kandungan kafein di dalam kopi, karena setiap kopi memiliki kafein berbeda-beda.

Jadi, tidak selalu minum kopi menyebabkan dehidrasi. Tapi, jika dalam sehari kita meminum kopi dalam jumlah melebihi 5 cangkir, jelas ini akan menyebabkan dehidrasi.

Dengan demikian, ukur kapasitas kopi yang kamu konsumsi agar masalah yang menyebabkan tubuh terpuruk ini tidak terjadi.

2. Menyebabkan Masalah Lambung

Menyebabkan masalah lambung
Menyebabkan masalah lambung

Kopi memiliki rasa asam, hal ini bisa kamu buktikan sendiri setelah meminum kopi. Mulut akan terasa agak asam sehabis meminumnya.

Rasa asam dari kopi itu sendiri akan mengganggu sistem pencernaan ketika perut kosong. Jadi, bagi kamu yang suka ngopi pagi, ada baiknya makan terlebih dahulu.

Parahnya, asam yang terdapat dalam kopi dan masuk ke lambung akan mengakibatkan asam lambung, ngeri kan?.

Jika perut kosong tanpa ada makanan terlebih dahulu, maka cairan asam yang terlanjur keluar tidak terpakai dalam mencerna makanan, sehingga asam tersebut menggenang di lambung.

Jika terjadi secara terus menerus, cairan asam yang sifatnya korosif itu akan membuat lapisan lambung rusak. Masih suka ngopi sebelum makan apapun?.

3. Memicu Munculnya Kegelisahan

Membuat gelisah
Membuat gelisah

Selain itu, minum kopi setiap hari juga berpengaruh terhadap aktivitas. Aktivitas sehari-hari yang biasanya kamu lakukan akan terganggu.

Terlebih lagi, kopi dapat memicu kegelisahan dan kecemasan terhadap si penikmatnya. Apalagi kopi dipercaya sebagai penghilang rasa ngantuk.

Meminum kopi di sore dan malam hari akan memicu terjadinya gelisah dan cemas, walaupun dapat membuat otak lebih produktif.

Hal tersebut mengakibatkan kita sulit tertidur dan ketika bangun akan merasa sangat lelah.

Hal lain yang membuat aktivitas terganggu, kopi menyebabkan ketergantungan. Jika sehari saja tidak minum kopi, efeknya akan terasa, yaitu sakit kepala, bingung dan bad mood.

Itu terjadi akibat dari keterbiasaan tubuh terhadap kafein, atau istilahnya “menyandu” sehingga efek yang ditimbulkan jika kafein tidak masuk kedalam tubuh pun akan dirasakan.

4. Resiko Penyakit Jantung

Resiko penyakit jantung
Resiko penyakit jantung

Menurut informasi yang saya dapatkan, bahaya minum kopi juga akan menyebabkan meningkatnya resiko penyakit jantung pada orang tertentu.

Jika dalam sehari meminum lebih dari 2 cangkir kopi, resiko penyakit jantung akan mengalami peningkatan.

Sehingga, jika kamu memiliki masalah mutasi gen, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter, apakah akan terjadi masalah ketika minum kopi atau tidak?.

Karena saya yakin, kamu sangat berat ketika meninggalkan kopi lantaran sudah terlanjur cinta terhadap rasa dan aroma kopi yang menggoda.

Mutasi gen yang terjadi akan menyebabkan lambatnya proses pemecahan kafein di dalam. Jadi, kamu yang mengalami masalah itu, lebih baik tunda dulu waktu ngopinya.

5. Masalah Gusi dan Gigi

Masalah gusi dan gigi
Masalah gusi dan gigi

Bahaya lainnya menunjukkan bahwa kopi akan menyebabkan masalah terhadap gusi dan gigi di dalam mulut kita.

Hal itu terjadi akibat dari kopi yang kita konsumsi mengandung banyak gula dan tanin asam. Kedua kandungan tersebut menyebabkan lapisan pelindung gigi megikis.

Lantas, apa yang akan terjadi? Tentu saja, jika enamel gigi mengikis, masalah terhadap gigi pun akan terjadi.

Bisa saja kamu mengalami sakit gigi, gigi berlubang, dan masalah gigi lainnya yang disebabkan oleh mengikisnya pelindung gigi.

Tak hanya itu saja, kopi juga dapat menyebabkan plak gigi semakin lengket nempel di gigi dan membuat gigi mengalami kekuningan.

Jika kamu tidak membersihkan gigi secara teratur, terutama pada saat setelah minum kopi, masalah yang ditimbulkan pada gigi dan gusi pun akan terjadi.

Baca Juga : ini Dia 4 Perbedaan Arabika dan Robusta

Bahaya Minum Kopi Saat Menstruasi

Khususnya untuk wanita, jika kamu sedang dalam kondisi menstruasi, ada baiknya tidak meminum kopi karena akan sangat berbahaya.

Menurut informasi yang saya simak dari berbagai media, minum kopi pada saat menstruasi akan menyebabkan kram karena kandungan kafeinnya.

Minum kopi saat menstruasi juga dapat menstimulasi hormon-hormon dalam tubuh secara berlebihan dan membuatnya menjadi disfungi.

Kafein pun akan menyebabkan pembuluh dara terbatas sehingga membuat cemas dan meningkatkan kortisol.

Jika kondisi ini kamu alami, gejala menstruasi akan lebih parah. Sehingga, ketika kamu sedang dalam kondisi ini, ada baiknya untuk tidak minum kopi dulu.

Tips Sehat Minum Kopi

Tips sehat minum kopi
Tips sehat minum kopi

Setelah kita tahu bahwa minum kopi ternyata dapat membahayakan tubuh dengan catatan “dalam kondisi tertentu”.

Lantas bagaimana seharusnya meminum kopi agar tidak terjadi bahayanya seperti apa yang di jelaskan di atas?.

Itu mungkin pertanyaan bagi pecinta kopi, saya yakin bagi kamu sangat berat jika harus meninggalkan kopi.

Saya sendiri sudah lama meninggalkan kebiasaan minum kopi, karena masalah pada poin ketiga “masalah lambung” pada saat itu saya alami.

Mungkin akibat dari kebanyakan meminumnya, karena biasanya dalam sehari saja saya minum kopi hingga 6-8 kali.

Tentu itu membuat masalah pada lambung seperti yang di jelaskan di atas. Eh, kok jadi curhat nih. Gak papa ya, biar jadi bahan motivasi.

Kita lanjut pembahasannya, agar kamu tidak mengalami masalah-masalah yang diakibatkan dari kopi, berikut tips sehat minum kopi yang baik.

  • Pilih waktu yang tepat
    • Pilih waktu yang tepat yaitu siang hari, pastikan tidak lebih dari pukul 2 siang.
  • Tidak dalam keadaan perut kosong
    • Jika kamu minum kopi pagi hari, makan terlebih dahulu, minimal ada asupan agar perut tidak kosong.
  • Tidak berlebihan
    • Minum dalam jumlah yang teratur, yaitu 400 mg kafein, yaitu sekitar 2-3 cangkir kopi.
  • Buat kopi sehat
    • Ada baiknya tidak menggunakan gula putih/tambahkan sedikit saja untuk menghindari asam.

Jadi, buat kamu yang sangat berat untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi, silahkan gunakan cara yang saya rekomendasikan di atas.

Maka, insa Allah dengan jumlah, waktu dan keadaan kopi yang sehat, masalah yang sering terjadi akibat kopi tidak akan terjadi.

Silahkan minum kopi sesukamu, ingat batasi jumlah dan waktu nya ya.

Baca Juga : 11 Kopi Termahal di Dunia Harganya Mencapai 10 Juta

Kesimpulan

Memang, kopi dapat membuat kita lebih produktif karena otak berjalan lebih lancar. Kopi juga bisa membuat kita melek terus karena kandungan kafeinnya.

Tapi, dalam tanda kutip, kopi pun bisa menyebabkan masalah terhadap tubuh, akibatnya kesehatan akan menurun.

Semua hal memang ada kelemahan dan kelebihannya tersendiri, itulah kita harus memperhatikan apapun yang akan kita lakukan.

Demikian 5 bahaya minum kopi yang akan membuat kesehatanmu menurun dengan kondisi-kondisi yang telah tercantum di atas.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.