Begini Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar

Sering Salah, Ternyata Begini Cara Penulisan Alamat yang Benar

0

Sikalem – Kepada Yth, atau Yth saja? Dimana letak penulisan penulisan alamat surat yang benar sesuai dengan kaidah? Ini yang membuat orang sering salah dalam menulis suatu surat.

Sehingga, agar kamu tidak lagi salah, mari kita ketahui berikut ini kaidah yang baik dan benar dalam menulis sebuah surat, baik itu pekerjaan, maupun surat jenis lainnya yang mungkin saja akan kamu tulis.

Penulisan Alamat Surat yang Benar

Cara penulisan alamat surat yang benar sesuai dengan kaidah adalah tidak menambahkan kata Kepada, seharusnya langsung saja menggunakan Yth, dan alamat tujuan.

Nah dengan penulisan seperti itu sudah sesuai dengan kaidah, karena kata Kepada adalah penghubung yang memang seharusnya sudah tidak perlu lagi digunakan.

Hal tersebut mengharuskan kita agar tidak menambahkannya, cukup dengan penggunaaan atau penulisan kata Yth saja sudah cukup, lalu dibawahnya cantumkan alamat tujuan.

Agar kamu tidak salah lagi, silakan simak dibawah ini unsur yang baik dan benar dalam menulis alamat surat, mari menuju TKP.

Penulisan Alamat Surat yang Benar
Surat, Foto : Istimewa

1. Tidak Menambahkan Kata “Kepada”

Yang paling penting dalam penulisan alamat surat yang benar dan masih banyak orang yang melakukannya adalah penggunaan kata Kepada.

Seperti yang dijelaskan diatas, kata tersebut hanya sebatas penghubung saja, cukup dengan penggunaan kata Yth (yang terhormat) saja sudah mewakili secara keseluruhan.

Daripada buang-buang waktu, mending tidak perlu lagi penggunaan kata tersebut ya sahabat kalem, karena memang sesuai kaidah bahasa Indonesia banyak kata penghubung yang sudah tidak perlu lagi digunakan.

2. Penulisan Tanggal Letakkan di Pojok Kanan, Tidak Di Letakkan Antara Alamat

Sebenarnya, hal ini memang tidak ada salahnya kamu letakan di atas, namun akan lebih baik dan lebih bagus di letakkan pada kanan atas, jangan sesekali menambahkan diantara alamat surat, baik itu sebelum maupun setelah alamat.

Coba kamu lihat kembali surat-surat yang sudah beredar, disitu akan tertulis tanggal penulisan surat yang letaknya di bagian pojok kanan atas.

Tapi ingat, cantumkan tanggal dan waktu pada saat kamu menulis surat, cantumkan juga kota penulisan surat, misalnya Malingping, 11 Juli 2021.

3. Alamat Surat Setelah Orang Tertuju

Kemudian cara penulisan alamat surat yang benar adalah dengan menuliskan alamat tujuan setelah kamu menulis orang yang tertuju.

Maksudnya seperti apa? Silakan lihat contoh berikut ini agar kamu tidak salah.

Yth. Dr. Ibnu

Jalan Hati Nomor 2

Serang

Banten

Cara penulisan alamat seperti itu adalah hal yang tepat, namun kamu juga bisa menggunakan kata yang tidak harus seperti itu, contohnya.

Yth. Direktur Utama PT. Mencari Cinta Sejati

Jalan Rahasia Hati, Nomor 2

Serang

Banten

Kamu juga bisa menggunakan format tersebut dalam penulisan, namun yang menjadi hal penting adalah tidak mencantumkan terlalu banyak baris alamat.

Contoh Surat
Contoh Surat, Foto : Istimewa

4. Penggunaan Gelar/Jabatan

Pada penulisan orang yang kamu tuju, seharusnya kamu terlebih dahulu mengetahui gelar atau jabatan orang yang kamu tuju, hal ini adalah penulisan alamat surat yang benar.

Pada awal dan setelah nama, misalnya Yth. Dr. Ibnu SE, S.IP, penulisan seperti ini seharusnya kamu cantumkan guna menambah kesan yang lebih baik untuk orang yang kamu tuju.

Serta, penulisan gelar dan sapaan seperti itu adalah hal yang terdengar sangat sopan, jadi kenapa enggak menambahkan kata-kata tersebut dalam penulisan surat?

5. Sebaiknya Jangan Menggunakan Jenis Kelamin

Misalnya penggunaaan kata Bapak/ibu, hal ini lebih baik tidak digunakan, kamu langsung saja menyebutkan Nama beserta gelarnya seperti pada contoh yang ditulis diatas.

Hal ini berkaitan dengan keadaan, meskipun kita sudah tahu apakah jenis kelamin tujuan kita pria atau wanita, namun alangkah lebih baik jika tidak menambahkan kata tersebut.

6. Hindari Penggunaan Tanda Titik

Cara penulisan alamat surat yang benar dengan tidak menambahkan titik pada tiap baris alamat surat, biarkan saja kosong.

Contoh:

Yth. Dr. Ibnu, SE, S.IP

Jalan Curahan Hati Seorang Istri Nomor 1

Serang

Banten

Nah, tiap baris diatas tidak menambah tanda titik, langsungkan saja seperti pada contoh diatas, ingat ya jangan menambahkan titik, apalagi koma.

7. Ikuti Salam Pembuka Dengan Hormat

Pada penulisan alamat surat yang benar seperti diatas sudah kamu pahami, maka dibawahnya barulah kamu isi surat tersebut dengan pemulaan salam pembuka diawali dengan kata “Dengan Hormat“.

Contoh:

Dengan Hormat

Berdasarkan bla bla bla…

Kemudian kamu langsung saja menggunakan kata-kata lainnya, dan ikuti juga alur atau unsur yang harus kamu pahami dan kamu tulis dalam penulisan sebuah surat.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Agar Cepat Diterima

Unsur-unsur Alamat Surat

Unsur-unsur Alamat Surat
Foto : Istimewa

Kemudian jika hal diatas sudah kamu ketahui, akan lebih baik kamu pahami unsur-unsurnya ya, berikut unsur-unsur alamat surat yang dapat kamu pahami.

TujuanYth. Dr. Ibnu SE, S.IP
Alamat LengkapJalan Hati Nurani Nomor 1
KotaSerang
ProvinsiBanten

Jadi itu adalah unsur-unsur alamat surat yang perlu kamu perhatikan pada saat kamu akan membuat surat.

Disini tentu kita fokus terhadap alamat surat, tidak secara keseluruhan ya, ini hanya penulisan alamat surat yang benar berdasarkan kaidah bahasa.

Baca juga : Cara Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Bagaimana dengan apa yang dijelaskan diatas? Apakah sudah bisa kamu pahami? Lihat saja pada contoh yang tertulis, kamu dapat mengikuti contoh tersebut agar bisa menambahkan alamat surat dengan baik, tidak ada kesalahan.

Dan akhir kata, mungkin itu saja yang dapat disampaikan mengenai cara penulisan alamat surat yang benar, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kamu yang akan membuat surat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.