Take a fresh look at your lifestyle.

Kunci Jawaban: Berikut yang Merupakan Kalimat Kompleks Adalah

Kalimat kompleks, sebelum kita cari tahu jawabannya, apakah kamu tahu pengertiannya?

0

Sikalem – Berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah dibawah ini tentunya akan diberikan jawaban yang benar dan tepat sesuai yang sebenarnya harus dijawab secara nyata.

Kalimat kompleks yang juga bisa disebut kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa subordinatif.

Dari sedikit pengertian tersebut, dan mungkin kamu merasa bingung maksudnya dari klausa itu apa? Nah sementara sudah dijelaskan dibawah ini pula.

Kalimat Kompleks

Seperti yang disebutkan diatas bahwa kalimat ini terdir dari klausa utama dan klausa subordinotif, sebelum kita cari tahu kunci jawaban dari pertanyaan berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah apa, kita lebih baik artikan dulu ya.

Baca juga: Kalimat Berikut yang Menggunakan Konjungsi Temporal Adalah

Baca juga: Kalimat yang Mengandung Perintah Dalam Teks Prosedur Adalah Kalimat

Klausa Utama

Kluasa utama merupakan induk dari kalimat, atau lebih mudahnya adalah kata utama yang diucapkan, kemudian diikuti oleh klausa subordinatif. Kalusa utama dapat menjadi suatu kalimat yang utuh.

Klausa Subordinatif

Sementara itu, klausa subordinatif adalah klausa atau kalimat anak yang mengikuti klausa utama. Jadi pertama menggunakan klausa utama, lalu diikuti dengan klausa subordinatif.

Berbeda dengan klausa utama yang bisa menjadi kalimat yang utuh, sedangkan subordinatif harus membutuhkan klausa utama terlebih dahulu agar menjadi kalimat yang padu.

Dari penjelasan diatas mungkin kamu sudah paham dan sudah tahu ya pengertian dari kedua jenis klausa yang ada dalam kalimat kompleks.

Kalimat Kompleks
Ilustrasi Kalimat Kompleks, Foto: NicePNG.com

Lalu untuk jawaban dari pertanyaan berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah apa ya?

Eits, tahan dulu, kita lanjutkan yang masih dengan pengertian lanjutan diatas, karena masih ada uraian yang belum disampaikan, silakan kamu perhatikan dibawah ini.

Bukan apa-apa, karena ini akan membuat kamu menambah ilmu, jadi jangan sungkan membaca agar pengetahuan kamu semakin tinggi dan semakin baik.

Jenis Kalimat Kompleks

Sesuatu yang belum disampaikan diatas, dimana kalimat kompleks terbagi menjadi dua. Yaitu kalimat kompleks paratatik yang berarti sastra, dan kalimat kompleks hipotatik yang berarti tidak sastra.

Contoh Kalimat Kompleks

Contoh kalimat kompleks paratatik adalah “Ibu Susi dan Om Tukul sedang memasak di dapur“, kalimat ini memakai kalimat yang sastra.

Nah, dari contoh diatas apakah kamu sudah tahu jawaban dari pertanyaan berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah apa? Kalau masih belum tahu, coba kamu perhatikan dibawah ini jawabannya.

Jawaban: Berikut yang Merupakan Kalimat Kompleks

Yang merupakan kalimat kompleks adalah “Ibu Susi dan Om Tukul sedang memasak di dapur”.

Apakah ada dalam jawaban yang terdapat pada buku atau soal ulangan kamu? Jika ada maka itulah jawabannya, namun jika tidak ada, coba kamu cari kalimat yang sastra, itu adalah jawabannya.

Nah jadi itulah jawaban yang benar dan tepat dari pertanyaan berikut yang merupakan kalimat kompleks adalah apa, semoga membantu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.