Berikut yang Tidak Termasuk Puisi Rakyat

Cek Berikut Ini yang Sama Sekali Tidak Termasuk Puisi Rakyat

0 17

Yang Tidak Termasuk Puisi Rakyat

Parabel dan Fabel merupakan jenis yang tidak termasuk puisi rakyat, karena Parabel berisi atau menceritakan moral, agama, maupun umum dengan menggunanakan perbandingan atau ibarat didalamnya.

Puisi rakyat merupakan puisi yang salah satunya adalah Syair, dan yang paling populer yang diciptakan oleh Raja Ali haji, terdiri dari 12 pasa.

Yang Tidak Termasuk Puisi Rakyat
Fabel dan Parabel

Syair ini suat puisi, yang sebagaimana tentu berbeda dengan puisi, meskipun masih termasuk jenisnya. Akan tetapi, puisi rakyat pun berbeda dengan yang lainnya.

Parabel yang admin jelaskan merupakan sesuatu yang tidak boleh sembarangan, bisa kita lihat kembali pada penjelasan diatas memiliki perbandingan yang ada didalam Parabel tersebut.

Baca juga : Persamaan Bunyi Dalam Puisi Disebut Rima

Perbedan Parabel dan Fabel

Fabel dan Parabel merupakan jenis yang tidak termasuk puisi rakyat, sedangkan keduanya memiliki perbedaan didalamnya, memang keduanya adalah certa rekaan, namun ada perbandingan tentunya.

Parabel berisi menyampaikan ajaran agama, moral, umum, dan sejenisnya. Sedangkan Fabel umumnya menceritakan tentang hewan, benda, tumbuhan, dan jenis yang lainnya.

Jelas sekali bahwa kedua cerita tersebut hanya ada perbedaan pada bidang atau bahan yang digunakan untuk menggunakan puisi. Antara kehidupan manusia dan kehidupan hewan, tumbuhan serta yang sejenisnya.

Melekat pada media yang dijadikan simbol cerita, pada pemenggalan puisi tentu saja harus benar-benar masuk kedalam sebuah kategori ketika kamu ingin membuatnya dan menyampaikan kepada orang lain.

Menulis Puisi
Menulis Puisi, Foto : Istimewa

Contoh Puisi Rakyat

Sedangkan, yang tidak termasuk puisi rakyat sudah dijelaskan, maka harus kamu ketahui juga contoh puisi rakyat yang ada saat ini.

Contoh puisi rakyat adalah syair, grindam, pantun. Pada pantun terisi 4 baris dalam satu baitnya, sedangkan gurindam dua baris dalam satu bait, biasanya juga banyak digunakan di media sosial.

Kamu juga harus bisa membedakan antara pantun dan gurindam, karena memang keduanya termasuk kedalam puisi rakyat, namun ada perbedaan antara barisnya.

Baca juga : Fungsi Tema Dalam Menulis Puisi

Contoh Pantun dan Gurindam

Berikut ini contoh pantun dan gurindam yang dapat kamu pahami kembali agar dapat membedakan keduanya, karena jika tidak bisa membedakan, bagaiaman mau membuat pantun malah membuat gurindam?

Contoh Pantun :

  • Ke kota bawa rantang
  • Rantangnya berisi nasi
  • Kalau kamu menantang
  • Mari sini, saya berani

Contoh Gurindam :

  • Barangsiapa yang tidak makan tomat
  • Harus siap-siap dibikin bodo amat

Nah sahabat kalem, yang admin berikan diatas hanya contoh saja ya untuk membedakan antara pantun gurindam yang bukan termasuk kedalam puisi rakyat sebagaimana dengan apa yang sudah admin jelaskan diatas.

Menulis Puisi
Foto : Istimewa

Contoh Fabel dan Pabel

Sedangkan untuk contoh parabel dan fabel sendiri bisa kamu lihat pada buku dongeng, biasanya dimulai dengan intro “Pada suatu hari…”, adapun medianya itu berbeda sesuai dengan apa yang diatas admin jelaskan.

Maka, admin berharap kamu benar-benar meyakini apa yang sudah kamu baca dari akhir sampai bawah ini.

Maaf admin tidak dapat memberikan contoh keseluruhan, kalau kamu mau conthnya silakan cari buku dongen, aatu artkel dongen. Atau buku-buku yang menceritakan kehidupan dengan rekaan ya, sehingga kamu akan tahu perbedaannya.

Sudah bisa memahami apa yang sudah disampaikan diatas sahabat kalem? Selamat ya, kamu sekarang menambah ilmu pengetahuan meskipun memang hanya sebatas penjelasan mengenai puisi saja.

Baca juga : Arti Dari Simbol VVV Dalam Sebuah Puisi

Kesimpulan

Jadi faktanya, jenis puisi rakyat itu ada banyak, sedangkan ada beberapa juga yang tidak termasuk. Seperti halnya diatas sudah admin dapatkan dengan dirangkum dari sumber-sumber yang sudah admin baca berkali-kali untuk meyakinkan dan membenarkan bahwa itu memang jawabannya.

Jadi, yang tidak termasuk puisi rakyat itu ada dua ya untuk saat ini, mungkin masih banyak lagi, namun admin rasa cukup itu saja untuk menjawab pertanyaan kamu soal ujian Bahasa Indonesia.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.