Besar Kepala Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Apa Makna Kata Ungkapan Besar Kepala Dalam Bahasa Indonesia?

0 40

Sikalem – Kalau kamu termasuk orang yang besar kepala, jangan harap banyak orang yang akan menyukai kamu, karena besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia termasuk karakter buruk seseorang.

Bukan menakut-nakuti, tapi memang sebuah kenyataan, orang yang besar kepala biasanya tidak akan disukai oleh orang lain, dan tentu mereka akan mengucilkan orang yang besar kepala.

Hal tersebut dikarenakan ia adalah orang yang karakternya buruk, dan apa sebenarnya makna besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia?

Besar Kepala Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Besar Kepala Artinya Dalam Bahasa Indonesia
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Besar kepala menurut Bahasa Indonesia artinya orang yang sukar di nasihati, orang yang sombong, bengal dan juga orang yang keras kepala. Atau dalam bahasa gaulnya orang yang egois, dia mau menang sendiri.

Hal tersebu tentu saja sangat jelas tidak akan disukai oleh orang-orang, dia akan menjadi diri sendiri yang tidak akan pernah di dekati oleh orang lain.

Karena dia orangnya mau menang sendiri, ini itu terserah dia sendiri, dan besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia yang paling membuat orang tidak akan diresapi oleh orang lain karena dia orangnya sombong.

Jelas banget, itu terjadi lantaran dia tidak akan mendengarkan apa nasihat dari orang lain, maka dari itu jangan sesekali kamu menjadi orang yang besar kepala.

Ungkapan besar kepala merujuk pada karakter seseorang yang juga sama halnya dengan kepala batu, ungkapan tersebut masih sama dengan orang yang susah di beri tahu.

Di Kehidupan sehari-hari, biasanya orang yang seperti itu masih banyak saja, dan bahkan mereka akan memahari orang yang memberi tahunya tentang hal yang baik.

Makanya, mereka sering melakukan kesalahan karena tidak mendengarkan apa yang orang lain katakan.

Baca juga : 3 Makna Ungkapan Jatuh Hati dan Contohnya

Contoh Orang yang Besar Kepala

Contoh Orang yang Besar Kepala
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Seperti kita ketahui diatas bahwa besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia merupakan karakter buruk seseorang, dan mungkin dalam kehidupan sehari-hari kamu sudah sering menemukannya.

Atau mungkin kamu sendiri yang besar kepala, mau menang sendiri, dan tidak mau mendengarkan apa kata orang lain.

Iya sih memang itu bagus, ini kehidupan kita, namun apakah yakin kamu akan menjadi lebih baik kalau kamu orangnya egois?

Contohnya, sebut saja si Andi, dia mau sekolah di sekolah yang sangat terkenal dan mahal, namun dia tidak peduli semahal apapun bayaran sekolahnya.

Orang tuanya menasihati dirinya bahwa Andi tidak perlu sekolah mahal, cukup di sekolah-sekolah yang sederhana dan tidak perlu memakan banyak biaya.

Akan tetapi, Andi tidak mau mendengar apa yang dikatakan si orang tuanya itu, dan Andi memaksanya untuk sekolah di sekolah tersebut.

Dan apa yang terjadi? Kita tidak akan tahu yang terjadi selanjutnya seperti apa, apakah sesuai harapan atau tidak? Namun si Andi orangnya besar kepala.

Baca juga : Arti Ungkapan Bintang Lapangan, Orang Hebat?

Akibat Dari Karakter Besar Kepala

Akibat Dari Karakter Besar Kepala
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Setelah si Andi sekolah, hingga akhirnya di tengah-tengah pendidikannya dia harus membayar dengan jumlah yang fantastis, namun orang tuanya tidak mampu untuk membayar dengan jumlah tersebut.

Si Andi pun tidak mau tahu harus bisa membayarnya, sampai pada akhirnya, orang tua harus meminjam uang dengan jumlah yang sangat besar.

Akhirnya, orang tua Andi banyak utang untuk biaya sekolahnya tersebut, namun pada akhirnya Andi malah di keluarkan dari sekolah karena orang tuanya tidak mampu lagi membayar sekolahnya pada pembayaran berikutnya.

Nah apa yang didapatkan? Tentu saja si Andi sangat rugi, sudahmah durhaka karena memaksa sama orang tuanya, orang tuanya banyak utang, sekolahnya berhenti, coba kalau di sekolah sederhana, mungkin semuanya berjalan dengan lancar.

Jadi contoh itu berdasarkan besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia, namun meskipun contoh yang diberikan kurang lengkap, itu sudah mewakili pada pembahasan tersebut.

Dan kamu seharusnya sudah bisa memahami akan karakter tersebut yang jelas-jelas sangat merugikan diri sendiri, bukan hanya orang lain yang rugi.

Baca juga : 2 Arti Peribahasa Cepat Kaki Ringan Tangan

Hindari Karakter Besar Kepala

Hindari Karakter Besar Kepala
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Kalau kamu enggak mau dikucilkan, enggak mau rugi, dan enggak mau bermasalah secara terus menerus, hindari sikap seperti ini, dengarkan saja jika ada orang yang menasihati kamu, jangan sombong dan jangan angkuh.

Jadilah pribadi yang baik dan sosok manusia yang selalu di sukai oleh banyak orang, percayalah jika ini kamu alami, maka kehidupan kamu akan jauh lebih baik dan jauh lebih berharga lagi.

Pada dasarnya, sikap buruk akan membuat orang terjerumus pada kehidupan yang buruk, dan sikap baik akan menjerumuskan orang pada kehidupan yang lebih baik dan bahagia.

Oke mungkin pembahasan dan penjelasan terkait besar kepala artinya dalam bahasa Indonesia ini dirasa cukup untuk kamu yang sekarang ini butuh informasinya, akhir kata semoga artikel diatas bermanfaat ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.