Buku yang Menerangkan Makna Kata-kata Disebut?

Buku yang Menerangkan Makna Kata-kata Disebut Apa? Yuk Cari tahu Jawabannya

0 77

Sikalem – Sebuah pertanyaan muncul yang mempertanyakan buku yang menerangkan makna kata-kata disebut apa? Namun ternyata pertanyaan yang menyatakan tersebut bisa kamu pahami dengan apa yang akan dijelaskan disini.

Dimana, untuk mencari makna dan definisi kata, kita harus mencarinya dalam sebuah buku, baik buku yang langsung dicetak maupun secara online yang masih sama-sama membahasas sebuah makna kata-kata.

Buku yang Menerangkan Makna Kata-kata

Buku yang Menerangkan Makna Kata-kata
Sampul Buku Ilustrasi Kamus

Pembahasan : Buku yang menerangkan makna kata-kata disebut sebagai KAMUS, fungsi kamu adalah memudahkan kita dalam memahami sebuah makna dari setiap kosakata atau kalimat yang tidak kita pahami.

Menurut informasi, kata kamus berasal dari bahasa Arab, yaitu Qamus dengan bentuk jamak Qawamis. Maka ini merupakan suatu yang harus kamu pahami, bukan hanya mengetahui bahasa saja.

Setiap pembahasan yang dijelaskan disini tentunya menerjemahkan secara lengkap apa yang tidak kamu ketahui, banyak sudah dibahas disini seputar kosakata dan maknanya atau disebut arti kata.

Makna yang tidak kita pahami dapat kita cari dalam sebuah kamus. Adapula yang menerjemahkan bahasa asing kedalam bahasa Indonesia yang juga sama-sama kamus.

Baca juga : 4 Arti Kata Ngehe Menurut Kamus Bahasa Gaul

Buku Kamus

Ada dua hal yang dapat kamu maknai dari sebuah kamus, dimana yang satunya adalah membahas sebuah kata atau kalimat yang tidak kamu pahami, dan yang kedua adalah menerjemahkan dari bahasa asing kedalam bahasa sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan, buku yang menerangkan makna kata-kata disebut kamus, maka harap kamu pahami kamus sendiri bisa ditemukan secara online dan langsung didalam berbentuk buku cetak.

Dua jenis yang dimaksud itu sama-sama menerangkan kata, namun yang menjadi pembeda adalah caranya.

Misalnya, Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menerangkan makna setiap kata. Contoh Reservasi, maka akan dijelaskan dalam kamus bahasa Indonesia secara lengkap.

Sedangkan yang kedua misalnya terjemaah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, contohnya Ghosting yang berarti berbayang. Paham maksud yang dijelaskan?

Buku Kamus
Ilustrasi Buku Kamus yang Menerangkan Makna Kata-kata

Fungsi dan Tujuan Kamus

Fungsi kamus sendiri sudah sedikit saya singgung diatas bahwa fungsinya adalah untuk memudahkan kita mencari makna disetiap kata, seperti yang tertulis diatas ya.

Tujuannya pun sama, yaitu untuk membuat kita paham tentang sebuah kata yang kita temukan, namun tidak kita pahami, maka kita akan mencarinya di kamus untuk mengetahui arti dan maknanya.

Dalam kamus tentunya kamu dapat menemukan banyak sekali pembahasan dari satu kata yang kamu cari artinya, maka itu akan membuat kamu tahu, oh ternyata arti kata ini adalah ini.

Sebagai bahan pertimbangan, sekarang ini banyak sekali kamus yang membahas definisi kata secara online, maka kamu pun akan mudah menemukan makna yang tidak dapat kamu pahami.

Sejarah Kamus

Singkat sejarah, seperti buku yang menerangkan makna kata-kata disebut kamus, yaitu disusun oleh dua orang yaitu Smuel Johnson (1709-1784), dan Noah Webster (1758 – 1843).

Singkat sejarah bahwa Johnson adalah ahli bahasa inggris untuk mengetahui lebih lanjut, silakan kamu cari tahu informasinya tentang kedua orang yang berperan dalam sejarah berdirinya kamus ya.

Barangkali yang dapat saya sampaikan sudah bisa kamu pahami, dengan harapan kamu sudah tahu yang lebih mendalam bahwa kamus bisa kamu gunakan untuk mencari sebuah makna dari suatu kata-kata atau kalimat yang tidak dapat kamu pahami.

Sudah bisa kamu cerna dengan semestinya? Kalau memang sudah, silakan kamu share kepada teman-teman kamu yang juga butuh informasi tersebut, guna berbagi ilmu itu sangat penting.

Baca juga : Kamus Bahasa Gaul Warganet Jaman Now

Kesimpulan

Kamus bisa kita dapatkan di toko buku sudah sejak lama ada, sedangkan dijaman yang serba mudah ini tentu saja tidak perlu pergi ke toko buku, cukup buka Google saja sudah bisa mencari makna kata, seperti banyak juga dibahas oleh Sikalem.

Silakan kamu cek postingan lama Sikalem untuk menemukan definisi setiap kata yang sulit diterjemaahkan.

Akhir kata, itulah pembahasan yang dapat saya jelaskan kali ini, bahwa buku yang menerangkan makna kata-kata disebut kamus, semoga artikel dan informasi ini bermanfaat ya sahabat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.