Cacing Bernapas Menggunakan Organ Tubuh Ini

Cacing Bernapas Menggunakan Organ Tubuh Ini
Foto cacing tanah

Sikalem – Kita akan mengenali sistem dan cara pernafasan cacing, kemungkinan kamu benar-benar tidak tahu cacing bernapas menggunakan organ tubuh apa, namun tenang saja yang perlu kamu perhatikan adalah tulisan ini sampai akar.

Cacing

Cacing merupakan salah satu hewan yang sering kita temukan di dalam tanah, apalagi saat kita akan memancing ikan dengan umpan cacing, kita akan menggali tanah agar mendapatkan cacing.

Cacing sendiri memiliki tubuh yang berbentuk silinder panjang serta termasuk hewan invertebrata. Seperti yang sudah sering kita lihat itulah yang dimaksud dengan cacing.

Hewan yang tinggal didalam tanah ini pun ternyata memiliki beberapa jenis yang tentu saja harus kita ketahui jauh sebelumnya agar mendapatkan banyak wawasan.

Cacing
Foto cacing

Jika hewan lainnya seperti kambing mungkin bernafas menggunakan hidung, atau ikan menggunakan insang, lantas cacing bernapas menggunakan apa?

Nah sahabat kalem, pertanyaan ini akan kita jawab dan bahas dengan mengenal sistem pencernaan pada cacing, yang tentu saja ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami ya.

Baca juga: Hewan Tikus Celurut Membela Diri Dengan Cara Ini

Baca juga: Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan Sangat Berhubungan Dengan Ini

Sistem Pernafasan Cacing

Sistem pernafasan pada cacing tentunya berbeda dengan jenis hewan yang lainnya, apalagi jika dibedakan dengan manusia yang tentunya bagi manusia sangat sulit.

Namun tentu saja ini menjadi hal yang menarik dan unik karena sistem pernafasan pada cacing tidak memiliki organ khusus untuk bernafas.

Kalau kamu melihat bentuk cacing, bahkan yang terdapat hanya mulut pada bagian kepalanya.

Jadi memang bener tidak ada organ khusus untuk cacing bernafas. Lalu cacing bernapas menggunakan apa? Sementara tidak ada organ khusus yang membuat mereka bernafas?

Tubuh cacing
Tubuh cacing, foto: Istimewa

Cacing Bernapas Menggunakan

Karena cacing tidak memiliki organ khusus untuk bernafas seperti pada hewan yang lainnya, cacing bernapas menggunakan permukaan kulit, itulah kenapa cacing menyukai permukaan yang lembab.

Permukaan yang lembab membuat kulit cacing terjaga kelembapannya, sehingga mereka tetap bisa menjalankan aktivitas didalam tanah.

Benar sekali hewan ini memiliki keunikan tersendiri yang mana sistem pernafasan mereka tidak menggunakan organ khusus seperti hewan lainnya.

Namun, cacing yang hidup didalam tanah ini memanfaatkan dan menggunakan permukaan kulit untuk bernafas, tapi mereka tetap bisa menjalankan hidup dengan damai, keculai ada predator.

Tidak Ada Organ Lengkap Pada Cacing

Seperti pada jawaban diatas bahwa cacing bernapas menggunakan kulit atau permukaan kulit. Coba kamu perhatikan bentuk cacing, pada kepala mereka tidak ada organ yang lengkap.

Seperti misalnya kerbau memiliki telinga, kepala, hidung untuk bernafas, namun cacing tidak memiliki semuanya.

Tidak ada hidung, tidak ada mata, tidak ada telinga, yang ada hanya mulut saja, namun meski demikian cacing bisa menembus lorong yang gelap sekaligus.

Itu memang kehebatan mereka, yang tidak memiliki organ tubuh lengkap, tapi dapat hidup seperti hewan pada umumnya, namun ditempat yang berbeda tentunya.

Nah sahabat kalem, apakah penjelasan diatas sudah membuat kamu tahu jawabannya dengan sistem pernafasan cacing yang ternyata tidak biasa itu?

Unik dan menarik ketika kita dengar sistem pernafasannya, tak lain mereka bernafas tidak dengan organ tubuh khusus seperti hidung atau insang, namun menggunakan kulit.

Jadi kita sudah tahu cacing bernapas menggunakan apa? Oke jika sudah tahu, diharapkan kamu bisa mencerna apa yang sudah dijelaskan diatas dan dapat menjadi wawasan yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.