Cara Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Jika saat ini kamu sedang menemukan pekerjaan di internet dan harus melamarnya lewat email, maka admin kalem akan membagikan bagaimana cara melamar kerja via email yang baik dan benar.

Admin sadar, ada banyak sekali orang-orang yang belum tahu bagaimana cara melamar kerja via email, padahal kebanyakan perusahaan yang membuka lowongan secara online, mereka meminta pelamar untuk mengirimkan surat lamarannya melalui email.

Tentu salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah isi surat di dalam email dan file-file penting yang merupakan dokumen khusus untuk melamar sebuah pekerjaan.

Sebaiknya, jika kamu belum tahu apa saja syarat-syarat melamar pekerjaan, silakan baca artikel admin yang sebelumnya tentang persyaratan melamar kerja.

Baik, jika kamu sudah tahu apa saja dokumen yang dibutuhkan, atau jika masih belum tahu, admin akan ngasih tahu juga disini agar lebih lengkap dan kamu tentunya lebih paham.

Cara Melamar Kerja Via Email

Cara melamar kerja via email sebenarnya sangat mudah, dokumen-dokumennya pun sama saja seperti saat melamar langsung ke sebuah perusahaan.

Yang menjadi pembeda, hanya dari sisi media yang digunakan, hal utama adalah memiliki email, melengkapi dokumen, mulai menulis lamaran melalui email secara langsung.

Cara melamar kerja via eamil
Cara melamar kerja via email

Persiapan Melamar Kerja

Jadi, sebelum melamar kerja via email, sebaiknya kamu lengkapi dulu dokumen-dokumen yang penting, dimana dokumen ini sebagai panutan agar kamu dapat melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Berikut dokumen yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan lamaran atau mengirimkan surat lamaran melalui email.

  • Siapkan surat lamaran kerja
  • Buat juga CV (Curriculum Vitae) yang menarik
  • Scan ijazah terakhir (bukan foto kopi)
  • Scan KTP (bukan foto kopi)
  • Siapkan pas photo dengan ukuran yang ditetapkan perusahaan
  • Scan sertifikat lain (jika diperlukan)

Sudah disiapkan semuanya, pastikan isi file tidak terlalu besar karena nanti prosesnya lama, mungkin pihak perusahaan juga akan kesulitan ketika mengunduh lampirannya.

Cara Melamar Kerja Via Email

Oke sekarang kamu sudah mempersiapkan semua hal-hal yang paling penting dalam melakukan lamaran pekerjaan. Kita akan langsung menuju cara melamar kerja via email yang baik dan benar.

Pastikan kamu sudah memiliki email dengan nama asli kamu, jika belum punya dan tidak tahu cara membuatnya, silakan baca cara membuat email baru.

Kamu bisa melakukannya melalui komputer, laptop maupun smartphone. Silakan buka aplikasi gmail atau di web melalui alamat gmail.com dengan akun yang akan kamu gunakan untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan.

Sudah dibuka aplikasi gmailnya? Mari kita langsung ke tahap-tahap pelamaran agar kamu dapat diterima di perusahaan yang akan kamu lamar sesai dengan posisi yang kamu butuhkan.

Cara melamar kerja
Melamar kerja lewat email

1. Buat Subjek

Cara melamar kerja via email sebenarnya sama saja ketika kamu mengirim email ke seseorang, hanya saja isi didalam emailnya yang berbeda.

Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena bukan main-main, kamu membutuhkan pekerjaan untuk kebutuhan sehari-hari atau melangsungkan hidup.

Ketika kamu sudah membuat Gmail atau pun layanan email lainnya seperti Yahoo. Buat lah email baru, isi tujuan email yaitu email perusahaan yang kamu terima ketika mendapatkan surat lamaran kerja.

Jika sudah, sekarang tinggal isi subjek, biasanya subjek yang diperlukan sesuai dengan posisi yang kamu butuhkan, misalnya Administrasi – Muhammad Ikhsan, silahkan kamu tulis surat email dengan istilah tersebut, atau yang lainnya.

2. Isi Surat

Selanjutnya kamu tinggal mengisi isi email dengan surat lamaran kerja, gunakan bahasa yang baik sesuai EYD, kata-kata yang sopan dan santun agar kamu dapat diterima.

Dalam penulisan ini sama saja seperti kamu membuat surat lamaran kerja di kertas. Jadi tulisannya harus singkat, jelas dan padat, tidak boleh bertele-tele.

Di dalam isi surat ini kamu harus menjelaskan semua yang kamu butuhkan, ya pokoknya sama saja seperti pada saat kamu membuat surat lamaran di kertas.

Jika kamu belum paham tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, silakan baca artikel cara membuat surat lamaran kerja disitu admin sudah menjelaskannya beserta contohnya.

3. Lampirkan Dokumen

Setelah kamu berhasil menulis surat lamaran pekerjaan melalui email, jangan langsung mengirimkan, lampirkan dulu dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang dilampirkan tidak boleh lebih dari 2 mb, silakan buat dokumen agar ukurannya tidak melebihi batas maksimal sesuai kebijakan yang ada.

Dalam lampiran ini, terkadang perusahaan memintanya agar dokumen di masukan dalam satu file, baik itu format PDF maupun ZIP, gunakan format sesuai yang diperlukan perusahaan.

Jadi, kalau perusahaan memintanya, misal harus dalam bentuk ZIP, silakan buat file ZIP, masukan semua dokumen yang telah disediakan, yakni CV, Pas Photo, Sertifikat (jika ada), scan Ijazah dan KTP.

Jika sudah terlampir, sekarang kamu tinggal mengirimnya, klik kirim dan tunggu email terkirim. Selesai dan berhasil, kamu sudah melamar kerja melalui email, mudah kan?.

Cuma itu saja? Ya hanya itu doang, mudah bukan? Jadi tidak ada kesulitan dalam melamar kerja via email, yang penting kamu sudah mempersiapkan semuanya yang dibutuhkan seperti yang telah ditulis di atas.

Contoh Melamar Kerja Via Email

Jika cara melamar kerja via email yang telah admin tulis masih sulit dipahami, sebaiknya kamu lihat contoh dibawah ini yang dapat dijadikan sebagai inspirasi.

Berikut contoh melamar kerja lewat email dalam gambar yang telah admin buat khusus untuk kamu.

Contoh melamar kerja lewat email
Contoh melamar kerja lewat email

Kira-kira itulah contoh bagaimana cara melamar kerja via email yang mudah-mudahan dapat membantu kamu. Sekarang kamu tinggal menunggu jawaban dari pihak perusahaan.

Jika gambar diatas tidak dapat pahami karena tidak terlihat sepenuhnya, kamu pun dapat melihatnya melalui tulisan langsung berikut ini.

Jakarta 17 Februari 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 6 Lembar

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan PT. Perusahaan Media
Di Jakarta

Dengan Hormat
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya terima dari situs loker2020,com, pada 17 Februari 2020 bahwa perusahaan Ibu/Bapak sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Staf Administrasi. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Ikhsan
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta 17 Maret 1991
Alamat                          : Jl. Simpang Tiga, RT 1 RW 2, Kelurahan Simpang                                                Empat, Kecamatan Simpang Lima, Jakarta
Hp                                 : 0877xxxxx

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan guna mengisi posisi yang dibutuhkan. Saya memiliki kesehatan yang baik, penampilan yang menarik, saya juga terbiasa mengoperasikan Microsoft Office, HTML, Desain Grafis. Memiliki pengalaman dibidang Desain Grafis.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen:

  1. CV (Daftar Riwayat Hidup)
  2. Scan KTP3. Scan Ijazah Terakhir
  3. Scan Pas Photo
  4. Scan Transkrip Nilai
  5. Scan Sertifikat Pendukung

Demikian surat elektronik lamaran kerja yang saya buat dengan sebenarnya. Saya berharap dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Sya

Tanda Tangan

Muhammad Ikhsan

Tunggu Balasan

Dan sekarang kamu sudah berhasil melamar pekerjaan di perusahaan melalui email, dan kamu tinggal menunggu jawabannya. Jika mereka menerima lamaran kamu, mereka akan membalasnya.

Tunggu saja beberapa hari sampai perusahaan membalas email kamu. Biasanya mereka akan langsung meminta kamu untuk interview ke kantor perusahaannya.

Akhir kata, demikian cara melamar kerja via email semoga dapat membantu dan semoga saja kamu bisa diterima bergabung bersama perusahaan yang kamu lamar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.