Cara Membuat Email Baru Menggunakan Hp dan PC

Bagaimana cara membuat email baru di hp atau komputer/PC? Mungkin kamu ingin memiliki email, namun sayang cara buat email sendiri kamu kebingungan bagaimana yang harus dilakukan. Tapi kamu jangan cemas, setelah membaca artikel ini, kamu akan tahu semuanya.

Sebenarnya, buat email baru itu sangat mudah, yang penting paham bahasa dan internet, soalnya buat email baru harus terhubung ke jaringan internet, baik itu komputer ataupun smartphone yang kamu miliki.

Lantas bagaimana cara membuat email baru menggunakan smartphone atau menggunakan PC? Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya.

2 Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara membuat email
Cara membuat email terbaru

Cara membuat email baru menggunakan hp di Gmail (Google Mail) sangat mudah, ada dua cara yang dapat kamu lakukan, kamu dapat menggunakan browser maupun menggunakan pengaturan langsung di perangkat yang kamu miliki, baik itu android ataupun IOS.

Jika kamu bingung caranya bagaimana, berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya.

Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef

Cara Membuat Email Baru Melalui Browser

Cara ini bisa kamu lakukan baik itu dengan smartphone atau dengan Komputer, karena kedua perangkat pasti mendukung browser untuk mengakses internet, nah melalui browser itulah kamu bisa membuatnya. Berikut ini langkah dan cara membuat email baru melalui web browser.

  • Buka URL di browser ww.gmail.com
  • Setelah terbuka, silahkan klik Buat Akun atau Create an Account
  • Lalu terbuka menu kolom, dimana kamu diminta untuk memasukan data
  • Setelah itu, silahkan isi kolom, Nama Depan, Nama Belakang, Nama Pengguna (Cth. namaku@gmail.com), isi Sandi/password
  • Kemudian klik Berikutnya
  • Kamu akan di arahkan ke kolom berikutnya
  • Silahkan isi Nomor Telepon, Email Pemulihan (Opsional), Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin
  • Klik Berikutnya, tunggu SMS verifikasi
  • Selesai kamu sudah memiliki email gamil

Mudah bukan? Jika kamu bingung, silahkan lihat gambar berikut ini agar lebih memahami lagi, cara ini bisa menggunakan Komputer mauapun HP yang penting ada Browser dan jaringan internet, gunakan browser Chrome atau Mozzila agar lebih mudah dan cepat.

Buat email di Gmail
Cara Membuat Email
Gmail
Membuat email

Buat Email Baru Menggunakan Hp

Cara membuat email baru menggunakan hp memang bisa dilakukan dengan cara pertama, akan tetapi ada yang lebih mudah lagi, kamu dapat melakukannya menggunakan Pengaturan di perangkat Android maupun IOS yang kamu miliki. Simak langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan/Setting
  • Silahkan cari menu Akun atau Account
  • Lalu cari menu Tambah Akun atau Add Akun
  • Cari icon atau menu Google
  • Disitu nanti ada pilihan, Sign In atau Masuk Create New Account Atau Buat Akun (tergantung bahasa pada perangkat)
  • Untuk membuat email, kamu dapat memilih Buat Akun atau Create New Akun
  • Isi nama sebagai nama email atau Username (jangan pakai gamil.com, karena nanti akan otomatis) kemudian Next/selanjutnya
  • Jika nama pengguna tidak dapat di gunakan, kamu bisa menambah angka ataupun menggunakan rekomendasi yang di berikan
  • Kemudian klik Selanjutnya
  • Isi kata sandi/Password minimal 8 angka
  • Kemudian kamu masuk ke menu berikutnya, silahkan klik Skip saja
  • Lalu muncul Privacy and Terms klik I Agree
  • Lalu kamu perlu konfirmasi username dan password, klik next
  • Kemudian masuk ke menu pembayaran langsung saja lewati dengan cara klik Tidak, terimakasih atau No, Thank’s
  • Selesai

Nah, jadi begitulah caranya, gimana, mudah bukan? Kamu sudah memiliki email dengan nama sesuai dengan username atau nama pengguna yang kamu masukan tadi, seperti contonhya Namakamu@gamil.com, kamu bisa masuk ke semua layanan Google, termasuk YouTube, Gmail, Hangouts, Play Store dan layanan-layanan lainnya.

Kamu juga bisa menerima dan berkirim surat melalui email menggunakan aplikasi Gmail atau menggunakan Gmail di browser. Jadi tidak sulit dong bagaimana cara membuat email baru? Jelas, seperti yang ulas di atas bahkan sangat mudah sekali.

Baca Juga : Cek Nomor Indosat

Manfaat Memiliki Email Gmail

Setelah selesai kita membahas cara membuat email baru, lantas, kenapa harus memiliki email? Sebenarnya ada banyak layanan yang bisa kamu gunakan, seperti Yahoo, Outlook, dan Yandex, tapi Gmail lebih direkomendasikan karena manfaatnya sangat banyak.

Seperti salah satunya adalah dapat mengakses ke semua produk Google, kita tidak perlu membuat akun lain di google, namun cukup dengan satu akun, kita dapat mengakses seperti Gmail, YouTube, Gdrives, Blogger, dan masih banyak lagi produk atau layanan Google.

Kemudian, Gmail juga sangat direkomendasikan karena dapat menyaring spam secara efektif, juga bisa digunakan secara offline menggunakan ekstensi Chrome yang bisa kamu install melalui aplikasi Chrome di Komputer/PC.

Jadi itulah kenapa saya disini merekomendasikan Gmail sebagai layanan email yang bisa kamu gunakan. Enggak ah, saya mau menggunakan layanan Yahoo, bisa juga tapi kamu tidak dapat mengakses produk Google, kamu hanya dapat mengakses Yahoo saja.

Jadi, selain bermanfaat untuk berkirim dan menerima surat, Gmail juga dapat mengakses seluruh layanan Google, sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas. Email penting, terutama bagi kalangan bisnis, jaman sekarang berkirim surat itu semakin mudah, ya salah satunya menggunakan Email.

Manfaat email
Manfaat memiliki email

Yang Bisa Dilakukan Email

Lantas apa saja yang dapat dilakukan Email selain berkirim dan menerima surat? Tentu saja kamu dapat menggunakannya untuk membuat akun-akun seperti facebook, twitter, juga dapat digunakan untuk mendaftar semua layanan.

Kenapa? Kita perlu memverifikasinya, apalagi kita diwajibkan memiliki email untuk keperluan bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa disini saya membahas bagaimana cara membuat email baru dengan mudah dan cepat.

Bagaimana jika tidak memiliki email? Boleh saja, tapi kamu tidak bisa mendaftar apa saja yang mewajibkan email, sehingga kamu perlu memiliki email sebagai salah satu kewajiban untuk pendataan dan pendaftaran.

Nah itulah cara buat email baru di Gmail baik itu menggunakan smartphone maupun menggunakan komputer, dengan cara di atas kamu sudah memiliki email yang dapat kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan.

Akhir kata, demikian artikel tentang cara membuat email baru, silahkan lakukan caranya sesuai dengan apa yang saja jelaskan di atas untuk membuat sebuah email untuk semua keperluan dan kebutuhan, baik itu secara bisnis ataupun keperluan pribadi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.