Cara Membuat Nasi Uduk di Rice Cooker Dengan Mudah

0 0

Siapa yang ingin tahu cara membuat nasi uduk di rice cooker? Kalau kamu salah satunya, sangat beruntung jika menemukan artikel ini karena akan dijelaskan secara singkat namun jelas.

Nasi uduk adalah makanan sarapan pagi paling difavoritkan masyarakat Indonesia, cara membuat nasi uduk di rice cooker juga tidak perlu membutuhkan keahlian khusus.

Itu karena proses membuatnya tidak ribet, asalkan kamu siap dan mau membuatnya melalui tutorial admin kalem yang akan segera diberikan kepada kamu ini.

Cara Membuat Nasi Uduk di Rice Cooker

Sebenarnya ada banyak video di youtube yang membahas cara membuat nasi uduk, namun karena mungkin kamu ingin lebih simpel dalam tutorialnya, maka kebetulan sekali kalau ketemu artikel ini.

Mari kita langsung ke TKP bagaimana.

1. Pilih Jenis Beras yang Pas

Pertama-tama kita mulai dengan memilih jenis beras yang pas agar nanti tidak gagal ketika kamu memasak nasi uduk dengan rice cooker. Pemilihan beras yang salah malah akan membuat kamu gagal.

Kamu dapat mencari beras-beras yang bagus untuk membuat nasi uduk, ada banyak di toko online yang menjualnya, sangat disayangkan jika pemilihan jenis beras tidak kamu perhatikan.

Boleh menggunakan butiran yang agak bulat maupun yang agak panjang, yang penting berasnya tidak mudah menempel dan tidak mudah basi. Lalu kalau bisa gunakan beras yang pulen alias empuk.

3. Gunakan Santan Lebih Banyak

Cara membuat nasi uduk di rice cooker sebaiknya menggunakan santan lebih banyak. Jika tradisonal atau cara biasa, umumnya menggunakan santan agak sedikit, tapi di rice cooker lebih baik tambahkan jumlahnya.

Jika kamu menggunakan santan yang bertekstur kental, nasi uduk akan sangat gurih, namun sayangnya nasi yang digunakannya kurang mekar, mungkin ini akan membuat teksturnya agak gimana gitu.

Dan sebaliknya, jika menggunakan santan yang lebih cair, maka nasi uduk tidak begitu gurih, tapi teksturnya kental. Cara memilihnya kamu dapat memperhatikan penggunaan lauk saat membuatnya.

Jika lauk hanya telur dadar rawis, direkomendasikan menggunakan santan yang kental dan kalau lauknya beragam alias banyak, coba gunakan santan yang lebih cair.

3. Wajib Memperhatikan Rice Cooker

Saat kamu memasak nasi wuduk dengan rice cooker, mencampurkan beras dengan santan, coba perhatikan penggunaannya, ada baiknya saat sudah matang, jangan langsung dibuka rice cookernya.

Alangkah baiknya agar menunggu hingga uap yang dihasilkan hilang terlebih dahulu. Itu karena jika uap yang menyebar keluar, maka nasi akan mudah kering, tentu tekstur dan rasanya pun agak buruk.

Kalau sudah hilang, silakan buka, kemudian aduk secara perlahan agar lebih kental. Lalu tutup lagi, diamkan selama maksimal 10 menit hingga nasi benar-benar matang.

Baca Juga : Ini 8 Cara Meminum Green Coffee yang Sehat

Bahan dan Resep Nasi Uduk di Rice Cooker

Cara membuat nasi uduk yang admin tulis diatas memang kurang lengkap jika admin tidak memberikan resepnya atau bahan-bahan yang akan digunakan.

Maka, kamu dapat mencari dan mempersiapkan bahan-bahan berikut ini sebelum memasaknya.

Beras500 gram
Air500 ml
Santan Instan200 ml
Garam1/2 sendok teh
Lengkuas2 cm dan memarkan
Daun Salam3 lembar
Serai3 tangkai dan memarkan

Kamu sudah mempersiapkan bahan-bahan tersebut, kini waktunya ke tahap berikutnya yaitu mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan, cara membuat nasi uduk dengan rice cooker adalah :

  • Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan
  • Masukkan kedalam rice cooker
  • Diamkan hingga matang
  • Jika rice cooker sudah memberikan abal-abal, biasanya akan mulai matang
  • Buka dan perhatikan poin nomor 3 pada tips di atas
  • Terakhir sajikan

Semudah itukah? Ya kalau hanya membaca tips ini, tapi kalau dipraktekan kayanya akan mengalami kesulitan, maka kamu dapat memperhatikan video berikut yang admin dapatkan dari channel YouTube Dapur Dina, jangan lupa subscribe agar lebih mudah mendapatkan update seputar masakan.

Video dari Channel YouTube Dapur Dina

Baca Juga : Bahaya dan Manfaat Kulit Ayam yang Perlu Diketahui

Oke sahabat kalem, mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai cara membuat nasi uduk di rice cooker, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat, jangan lupa share ke temen kamu ya.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.