Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

0 16

Cara membuat surat lamaran kerja seperti apa sih? Tentu saja, saat kamu ingin melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, bukan cuma CV dan Ijazah saja, namun kamu juga perlu menulis surat lamaran kerja untuk melengkapi dokumen penting.

Perlu kamu ketahui, membuat surat lamaran kerja jangan asal, tidak boleh sembarangan, karena surat lamaran itu sangat penting, jika asal-asalan ya akibatnya kamu tidak akan diterima walaupun prestasi kamu sangat baik.

Sehingga menulis surat lamaran kerja harus benar-benar seperti apa yang diwajibkan tertulis di dalam surat lamaran pekerjaan. Jika hal ini kamu lakukan, tentu saja kamu akan mudah diterima oleh sebuah perusahaan mana yang kamu lamar dan sesuai dengan jabatan yang kamu butuhkan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Kamu bisa menyimak langkah-langkah berikut untuk membuat surat lamaran kerja sesuai dengan kewajiban yang tertulis di dalam surat tersebut. Langkah-langkah ini memang sangat wajib di tulis agar pimpinan perusahaan benar-benar tahu kalau kamu sedang membutuhkan pekerjaan.

Cara menulis surat lamaran pekerjaan meliputi.

  • Tempat dan tanggal menulis surat.
  • Kepada Yth. Nama pimpinan dan perusahaan.
  • Dengan hormat/salam hormat.
  • Pembuka/pengantar.
  • Data diri (Nama, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, Umur, Pendidikan Terakhir, Nomor Telepon).
  • Pengalaman dan kemampuan.
  • Penutup surat
  • Lampiran (Pas foto, Foto copy Ijazah terakhir, foto copy KTP, daftar riwayat hidup (CV), dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat komputer.
  • Hormat saya.

Jadi itulah yang wajib kamu tulis pada saat membuat surat lamaran kerja, masih bingung tentang hal-hal di atas? Mari kita coba cara penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini agar kamu lebih memahami.

Cara membuat surat lamaran kerja terbaru dan terbaik
Surat lamaran kerja merdeka.com

Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Sebenarnya cara membuat surat lamaran kerja tidak terlalu rumit, namun mungkin kamu perlu inspirasi karena ada kesulitan pada saat kamu ingin membuatnya. Kamu juga bisa mendapatkannya pada contoh surat lamaran kerja di artikel sebelumnya.

Contoh dan cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar.

Banten, 15 November 2019

Kepada Yth.
Pimpinan Perusahaan PT. Sangu Goreng

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari iklan yang telah saya dapatkan, bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi supervisor, dengan hal tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Fahmi
Tempat dan Tanggal Lahir : Malingping, 16 Juli 1999
Umur : 20 Tahun
Pendidikan Terakhir : SMA
Alamat : Jl. Bla bla bla nomor 1, Kelurahan Bla bla bla, Malingping
Nomor Hp : 0858800xxxx

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan. Saya memiliki pengalaman kerja 2 tahun sebagai supervisor di salah satu perusahaan sebelumnya di Bayah. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melaimpirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy KTP
3. Foto copy Ijazah terakhir
4. Pas foto 3×4 terbaru
5. Sertifikat komputer

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, saya berharap bisa bergabung bersama perusahaan Bapak/Ibu, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya
TT
Muhammad Fahmi

Kira-kira contoh dan cara membuat surat lamaran kerja seperti itu, saya sangat berharap kamu bisa mendapatkan inspirasi dari apa yang sudah saya tulis ini, semoga saja ini membantu buat kamu yang ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menggunakan Apa?

Mungkin saja kamu merasa belum kelar dengan apa yang telah saya bahas di atas, kemudian kamu bertanya, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Dan menggunakan apa cara membuatnya? Maksud disini menggunakan tulisan tangan atau komputer.

Jadi membuat surat lamaran kerja bisa menggunakan komputer atau tulisan tangan, namun yang lebih baik adalah menggunakan tulisan tangan sendiri. Dengan menulis sendiri pihak perusahaan akan melihat bahwa kamu benar-benar membutuhkan pekerjaan.

Tak cuma itu saja, prestasi kamu akan langsung terlihat dari tulisan di kertas yang kamu buat untuk melamar kerja tadi, sehingga jangan heran kalau 7 dari 10 orang merekomendasikan tulisan tangan ketimbang komputer.

Lampiran Penting Untuk Mewakili Lamaran

Setelah kita tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Dan sekarang kita tinggal menulis, membuat dan melamarnya, tapi jangan terburu-buru karena kita perlu tahu apa saja lampiran penting untuk mewakili lamaran itu?.

Sehingga disini saya pun akan memberikannya agar kamu semakin dekat lagi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai kamu butuhkan dan di perusahaan yang kamu impikan. Simak apa saja lampiran penting yang wajib berikut ini.

  • CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup
  • KTP
  • Ijazah
  • Pas poto

Nah sebenarnya yang paling penting adalah poin-poin di atas terutama CV dan Ijazah terakhir serta KTP, karena itu merupakan satu identitas yang mewakili kamu agar bisa mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan yang kamu impikan.

Dan akhirnya kini kamu sudah bisa melamar kerja, akhir kata demikian informasi tentang cara membuat surat lamaran kerja semoga bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.