Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi

14 Likes comments off

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk membuat mood yang buruk menjadi lebih baik. Baik musik dari band lokal atau mancanegara cocok untuk dijadikan teman melakukan aktivitas. Agar bisa mengikuti musik yang didengar, perlu tahu cara menampilkan lirik lagu di Android tanpa aplikasi. 

Salah satu cara yang dapat dicoba untuk bisa menampilkan lirik lagu di Android tanpa aplikasi, adalah dengan mencari lirik secara daring. Namun cara ini tentu akan sedikit ribet, dimana harus memainkan dulu musik yang ingin didengar baru membuka browser dan mencari info lirik lagu terkait. 

Tentu akan lebih praktis dan nyaman jika ketika mendengarkan sebuah lagu atau musik, liriknya bisa otomatis keluar ketika lagu dimainkan. Biasanya untuk bisa menampilkan lirik lagu tersebut pengguna smartphone Android perlu memakai pemutar lagi legal atau berbayar. Sayangnya lebih banyak yang memakai pemutar lagu gratis sehingga lirik tidak secara otomatis keluar. 

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi 

cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi
sumber gambar: warunginter.net

Jika memutuskan untuk menggunakan YouTube agar bisa mendengarkan lagu sekaligus membaca lirik, hal ini kurang disarankan karena membutuhkan memori dan kuota yang cukup besar. Memang cara ini lebih mudah dilakukan, namun format video membutuhkan paket data yang lebih besar daripada mp3 atau lagu. 

Untuk itu, lebih baik coba mencari tahu cara menampilkan lirik lagu pada HP Android tanpa menggunakan aplikasi. Selain praktis, mendengarkan lagu langsung dengan liriknya akan lebih seru dan lebih menyenangkan. Berikut ini ada ulasan singkat dan jelas tentang hal tersebut:

1. Download Lagu yang Ingin Diputar

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk bisa mendengarkan musik sekaligus membaca liriknya adalah dengan mengunduh terlebih dahulu lagunya. Setelah itu download juga liriknya. Caranya adalah dengan memanfaatkan mesin pencari. 

Cara lain adalah dengan meminta kepada teman file lagu yang formatnya Mp3 lalu menyimpan atau memasukkan pada perangkat yang dimiliki. File dengan format MP3 artinya file tersebut adalah lagu yang harus dibuka atau dimainkan dengan pemutar musik, tidak bisa dibuka dengan aplikasi lain. 

Baca Juga: Daftar Nama Aplikasi yang Membutuhkan Root, Apa Saja?

2. Website Syair.info

Jika lagu sudah disimpan pada perangkat atau HP yang dimiliki, selanjutnya silahkan buka browser dan buka situs syair.info. Website Syair Info menjadi salah satu situs yang bisa digunakan untuk mendownload lirik lagu secara gratis dan tidak membutuhkan kuota data yang besar. Caranya adalah dengan memasukkan judul lagu dan artis yang lirik lagunya dicari pada kolom pencarian di situs tersebut.

Jika sudah menggunakan kolom pencari, nanti akan terlihat di layar beberapa pilihan lirik dari lagu yang akan didengar. Silahkan memilih atau mengambil salah satu lirik yang tersedia. Jika tidak ingin melakukan review semua file, bisa langsung memilih lirik yang urutannya paling atas. Biasanya lirik yang ada di urutan pertama merupakan lirik paling tepat dan telah di rating dan diunduh berkali-kali.

Situs ini memiliki file lirik yang tergolong paling lengkap dibandingkan dengan situs yang serupa. Tak hanya itu, file lirik di sini ukurannya sangat kecil dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Jadi meski Anda mengunduh dan menyimpan banyak file lirik dari situs ini, ruang penyimpanan atau memori akan tetap aman dan HP juga tidak akan mudah lag.

3. Satukan dengan File Lagu

Di sini Anda sudah memiliki dua file penting, pertama file lagu yang ingin didengarkan dalam format MP3, lalu ada juga file lirik dengan format .lrc. Gabungkan kedua file tadi untuk menghindari lirik terhapus atau hilang. 

Cara ini juga yang nanti bisa membuat sistem pada gawai bisa menampilkan lirik lagu saat musiknya tersebut dimainkan. Namun masih perlu satu cara lagi untuk bisa membantu sistem membaca file yaitu menyamakan nama kedua file tersebut. 

4. Rename File

Step selanjutnya silahkan mengubah nama file lirik yang sudah berhasil di download agar serupa dengan file lagunya. Tujuan dari mengubah nama file ini untuk membuat sistem bisa membaca lirik tersebut secara bersamaan dengan file lagu yang sedang diputar.

Jadi setelah menjadikan satu file lagu dan lirik, pastikan untuk merubah nama file lirik sama persis dengan file lagu. Nanti yang membedakan adalah format filenya saja. Hal ini yang membantu sistem untuk membaca dan menampilkan lirik pada smartphone Android. 

Baca Juga: Daftar Nama Aplikasi yang Membutuhkan Root, Apa Saja?

5. Putar Lagunya

Berikutnya, silahkan memutar lagu yang ingin didengarkan dengan membukanya melalui pemutar lagu yang ada pada smartphone. Sebaiknya gunakan aplikasi pemutar lagu bawaan ketika mendengarkan lagu terkait. 

BACA JUGA:  Aplikasi Pembuat Musik Android yang Hasilnya Keren Abis

Nanti pada tampilan awal akan terlihat cover album dari lagu terkait. Silahkan geser ke sebuah kiri atau kanan supaya Anda bisa membaca liriknya. Jika lirik muncul ketika lagu diputar, artinya langkah yang dilakukan sudah benar dan smartphone yang digunakan memang support dengan hal ini.

Meski sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, namun ternyata smartphone tidak mendukung hal tersebut, lirik lagu tetap tidak akan muncul meski lagu sudah diputar. Biasanya cara ini sudah bisa dinikmati pada smartphone keluaran terbaru.

Kesimpulan 

Itulah cara menampilkan lirik lagu di android tanpa aplikasi yang bisa Anda simak. Melihat penjelasan singkat di atas, lirik lagu bisa ditampilkan bersamaan dengan lagu yang diputar apabila smartphone memang mendukung hal tersebut. Namun tenang saja, bagi yang tidak bisa cobalah untuk menggunakan pemutar lagu berbayar atau legal. Pasti secara otomatis lirik dari lagu yang sedang diputar akan muncul. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Terbaru untuk Pemula

Mungkin banyak yang bertanya, apakah cara di atas tidak menghabiskan memori atau ruang penyimpanan karena harus mengunduh file lirik? Jawabnya tidak, hal ini karena file yang diunduh dari situs terkait tidak besar. Maksimal ukuran dari file lirik tadi adalah 80KB. Jadi meski diunduh berulang kali atau banyak lirik yang didownload dan tersimpan dalam memori HP maka itu tidak akan memberikan pengaruh pada ruang penyimpanan. 

Mendengarkan lagu yang dibarengi dengan liriknya tentu memiliki kesan tersendiri. Bagi yang suka menyanyi dan karaoke hal ini tentu sangat menyenangkan. Semoga bermanfaat dan selamat mncoba berbagai aplikasi tersebut!

5/5 - (1 vote)

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News