Cara Menanam Anggur yang Benar dan Mudah

0 8

Saat ini, admin kalem akan berbagi pengetahuan bagaimana cara menanam anggur yang benar dan sangat mudah dilakukan. Ini untuk memberitahu kamu saat ingin menanam anggur, dan tentu menambah banyak pengetahuan.

Namun tentu saja, sebelum ke pembahasan utama, kita akan menjelaskan lebih terperinci dan lebih detail lagi tentang anggur yang merupakan buah-buahan paling disukai pecinta buah.

Apa itu Anggur?

Apa itu Anggur?
Anggur

Anggur merupakan buah-buahan perdu yang merambat, anggur termasuk kedalam keluarga Vitaceae. Anggur biasa dimakan secara langsung atau dibuatkan jus anggur bahkan minyak anggur.

Namun, tak banyak orang tahu bagaimana cara menanam anggur yang baik dan benar, sedangkan anggur kaya akan kandungan dan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Anggur memiliki rasa yang khas, lezat dan membuat orang ingin lagi mengunyahnya, selain manfaatnya yang luar biasa, rasanya pun salah satu hal yang membuat harga anggur sangat tinggi dipasaran.

Cara Menanam Anggur Paling Mudah

Admin kalem tidak terlalu banyak memberikan ulasan tentang anggur, namun admin fokus terhadap budidaya anggur yang tentu saja admin disini akan berbagi seputar penanaman anggur yang baik dan mudah sekali dilakukan.

Bagaimana tips-tips dan caranya? Mari kita simak ulasan admin berikut ini agar kamu lebih mudah dalam penanaman buah anggur.

Cara Menanam Anggur Paling Mudah
Bibit Anggur

1. Pilih Lokasi yang Pas

Lokasi yang pas untuk menanam anggur tidak sembarangan, karena anggur tidak seperti buah-buah yang lain. Apalagi anggur bertumbuh dengan baik pada lokasi dengan dataran rendah.

Anggur juga akan tumbuh baik ketika musim kemarau panjang, sekitar 4- 7 bulan, sehingga perlu kamu perhatikan lokasi yang akan digunakan untuk mulai menanam anggur.

Lokasi yang baik juga memiliki 800 mm hujan per tahun, dan hindari tempat dengan angin kencang, karena ini buruk untuk anggur yang nantinya sudah mulai menumbuh.

Silakan cek tempat yang baik untuk menanam anggur berikut ini.

  • Kadar pH sekitar 6,5 – 7,0
  • Suhu siang wajib berada pada 31 derajat celcius dan 23 derajat celcius di malam hari
  • Memiliki kelembapan udara 75-85 persen
  • Anggur tidak tahan dengan genangan air

2. Olah Tanah Dengan Sempurna

Setelah kalian menemukan lokasi yang pas sesuai dengan yang admin tulis diatas cara menanam anggur yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mengolah tanah secara sempurna.

Silakan lakukan penggemburan tanah terlebih dahulu secara manual dengan menggunakan cangkul milik kamu. Ini dilakukan untuk membersihkan rumput liar dan gulma di lokasi.

Lalu buat gundukan tanah pada lokasi tersebut dengan ketinggian 50 cm, beri jarak antara gundukan tanah agar nanti genangan air hujan tidak tergenang di lahan anggur tersebut.

Kemudian setelah membuat gundukan tanah, kamu dapat mendiamkannya dulu selama kurang lebih 2 minggu agar terkena sinar matahari. Nah setelah dua minggu, kamu langsung bisa menanam bibit anggur yang sudah di semaikan sebelumnya.

3. Cara Menanam Anggur

Untuk memulai menanam, bibit anggur harus berumur sekitar 2 bulan dari awal dilakukan penyemaian. Jika belum berumur dua bulan, jangan dulu ditanam ya, tunggu aja dulu.

Ciri-ciri yang sudah siap ditanam memiliki 2-3 helai daun dan memiliki akar yang sudah kuat. Lalu, bagaimana cara menyemai bibit anggur?.

Untuk menyemainya, bisa menggunakan pot maupun polybag, siapkan tanah dan pupuk lalu campur secara merata. Pindahkan bibit kedalam pot atau polybag yang sudah dimasukan campuran tanah dan pupuk.

Siram secara teratur pagi dan sore, nah selama 2 bulan jangan lupa untuk selalu menyiramnya ya agar bibit tumbuh dan tidak mati.

4. Cara Merawat Anggur

Setelah kita bahas dimulai dari persiapan lahan hingga proses penanaman, kini waktunya kita merawat anggur. Tentu ini perlu dilakukan karena anggur butuh perawatan hingga berbuah.

Kamu harus melakukan pembersihan lahan dari gulma, rumput liar dan hama lainnya. Selain itu juga melakukan pemupukan mulai umur 0-1 tahun.

Gunakan pupuk urea sebanyak 10 gram selama 10 hari setelah anggur berumur 3 bulan. Lalu setelah umur 6 bulan, beri sebanyak 15 gram selama 15 hari, dan beri 50 gram pada saat anggur berumur 1 tahun.

Lakukan juga penyiraman secara teratur mulai dari awal, ingat ya jangan sampai air tergenang di lahan kebun anggur tersebut. Nah, terus lakukan penyiraman jangan sampai dilepaskan ya, apalagi kalau musim kemarau.

Oya untuk pupuk 1 tahun keatas bisa menggunakan pupuk kandang sebanyak 5 kaleng dan beri pupuk TSR sebanayk 80 gram.

Nah kira-kira itulah cara menanam anggur yang baik dan mudah dilakukan. Dapatkan informasi seputar budidaya anggur di anggurindonesia.com kamu bisa lebih gampang mendapatkan info seputar anggur.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.