Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Pada Android

8 Likes comments off

Beberapa pengguna android pasti pernah tidak sengaja menghapus aplikasi tertentu. Untuk mengembalikannya, biasanya banyak pengguna android yang mengunduh kembali aplikasi tersebut lewat Google Play Store. Padahal, cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android sebenarnya tidak harus dilakukan dengan mengunduh aplikasi itu lagi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi yang telah terhapus. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Pada Android dengan Google Play Store

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android
sumber gambar: candid.technology

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android adalah dengan memanfaatkan Google Play Store. Namun, bukan berarti Anda harus mengunduh kembali aplikasi tersebut menggunakan Google Play. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Aplikasi Google Play Store

Langkah pertama untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus adalah dengan membuka sumber download aplikasi tersebut. Tentu saja, sumber download resmi untuk aplikasi di smartphone android adalah Google Play Store. Untuk itu, silahkan buka Google Play Store terlebih dahulu.

Baca Juga: Aplikasi Like FB Banyak Terbaik yang Terbukti Berhasil

2. Buka Menu Pengaturan di Google Play Store

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android berikutnya adalah membuka menu “Settings” atau “Pengaturan” di Google Play Store. Saat membuka Google Play, pada bagian utama terdapat ikon berbentuk titik tiga. 

Biasanya, ikon titik tiga tersebut berada di sebelah kanan kolom pencarian. Klik ikon titik tiga tersebut untuk menampilkan beberapa pilihan menu. Setelah mengklik ikon titik tiga, kemudian akan muncul beberapa menu, seperti notification, wishlist, subscription, account, settings, dll.

3. Pilih Menu “My Apps & Games”

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ikon titik tiga akan menampilkan beberapa menu yang bisa dipilih oleh pengguna. Untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, silahkan pilih menu “My Apps & Games”. Menu ini berkaitan dengan pengaturan akun serta profil di Google Play Store.

4. Buka Menu “Library”

Setelah memilih menu “My Apps & Game”, Anda akan dibawa pada halaman yang berisi tiga sub menu. Ketiga sub menu tersebut adalah “updates” berisi aplikasi yang memiliki update terbaru, “installed” berisi aplikasi yang terpasang di handphone, dan “Library” berisi aplikasi yang sedang dipasang dan pernah terpasang di ponsel.

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android adalah dengan membuka menu “Library” karena menu ini berisi aplikasi-aplikasi yang pernah terinstal pada HP android pengguna. Termasuk aplikasi yang sudah dihapus atau tidak sengaja terhapus oleh pengguna android.

5. Pilih Aplikasi yang Akan Diinstal Ulang

Jika sudah masuk ke menu “Library”, akan muncul daftar aplikasi yang terpasang dan pernah terpasang di smartphone tersebut. Untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, Anda hanya perlu melakukan instal ulang aplikasi melalui fitur “Library” tersebut.

Pada sebelah nama aplikasi, terdapat tombol bertuliskan “Install”. Ini artinya, Anda tidak perlu mendownload aplikasi itu lagi jika sudah terhapus. Hal yang perlu dilakukan adalah instal ulang aplikasi. Caranya adalah dengan klik tombol “Install” di sebelah kanan aplikasi yang terhapus.

6. Tunggu Proses Install Ulang Sampai Selesai

Setelah klik tombol install, Anda hanya perlu menunggu selama beberapa detik saja sampai proses install ulang aplikasi selesai dilakukan. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi atau pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut telah berhasil terinstal kembali di smartphone android milikmu.

Itulah cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android yang bisa Anda lakukan tanpa perlu download lagi. Sangat simpel dan mudah dilakukan bukan? Langkah ini juga tidak akan memakan waktu banyak, sehingga aplikasi yang Anda butuhkan bisa cepat digunakan lagi.

Baca Juga: Cara Memasukan Aplikasi ke Playstore Terbukti Berhasil

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Menu Pengaturan

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tidak hanya bisa dilakukan menggunakan Google Play Store saja. Anda juga bisa memanfaatkan menu Setting atau Pengaturan yang sudah ada di semua HP android secara otomatis. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Buka menu “Setting” di smartphone android.
  • Kunjungi menu “Cloud” dan “Account”.
  • Muncul beberapa pilihan menu untuk masuk ke halaman pencadangan dan pemulihan.
  • Pada halaman baru, silahkan pilih “Pulihkan”.
  • Klik tanda panah ke arah kanan untuk mencari daftar aplikasi yang terhapus.
  • Klik nama aplikasi yang ingin Anda kembalikan.
  • Berikan persetujuan untuk menginstal ulang aplikasi yang terhapus tersebut dengan cara klik “OK” pada halaman persetujuan.
  • Tunggu sampai proses pemulihan aplikasi yang terhapus selesai.

Setelah proses pemulihan aplikasi yang terhapus selesai dilakukan, nantinya akan muncul ceklis sebagai tanda aplikasi tersebut telah terinstal kembali di smartphone android. Sekarang, aplikasi sudah terinstal dan Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut kembali sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Aplikasi Penyadap SMS Tanpa Instal di HP Target Terbaik

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Google Play Store dan menu pengaturan, cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah Backup dan Restore.

Aplikasi Backup berguna untuk menyimpan cadangan aplikasi yang Anda pilih, sedangkan Restore berguna untuk memulai ulang berbagai jenis aplikasi yang telah Anda pilih juga. Dengan melakukan backup dan restore aplikasi, maka Anda tidak perlu khawatir kehilangan aplikasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi Backup dan Restore untuk mengembalikan aplikasi yang hilang? Tentu saja, caranya sangat mudah. Pertama, Anda tentu harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu dengan mengunduhnya di Play Store. Ikuti langkah-langkah selengkapnya  berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Play Store di smartphone.
  • Silahkan tulis keyword aplikasi “Backup and Restore” di kolom pencarian.
  • Buka aplikasi Backup and Restore yang muncul di daftar aplikasi.
  • Klik tombol “Instal” pada halaman aplikasi tersebut.
  • Pastikan aplikasi sudah terinstal pada smartphone.
  • Klik menu “Setting”, kemudian masuk ke menu “File Manager”.
  • Silahkan pilih “Zerone”, lalu buka aplikasi Backup and Restore”.
  • Tandai beberapa aplikasi penting yang ingin Anda backup.

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus pada android yang bisa Anda coba. Silahkan pilih salah satu cara yang Anda anggap paling mudah dan bisa berhasil jika dilakukan. Dengan adanya cara ini, maka Anda tidak perlu takut kehilangan aplikasi.

5/5 - (84 votes)

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News