Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Terbaru untuk Pemula

12 Likes comments off

Tidak punya kendaraan pribadi? Bingung mau pergi naik apa? Jangan bingung! Sekarang, mau pergi ke mana saja bisa lebih mudah dengan transportasi online, seperti Gojek. Apalagi, cara menggunakan aplikasi Gojek sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.

Gojek  menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda yang ingin bepergian. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang bisa dinikmati oleh pengguna. Fitur yang paling populer adalah GoRide, GoCar, dan GoFood. Baru pertama kali pakai Gojek? Yuk, simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek untuk Pesan Layanan Transportasi

cara menggunakan aplikasi Gojek
sumber gambar: villa-bali.com

Sebagai pemula, beberapa pengguna baru aplikasi Gojek mungkin masih belum tahu bagaimana cara pesan layanan di aplikasi transportasi online tersebut. Tenang saja, karena cara menggunakan aplikasi Gojek sangat mudah. Yuk, ikuti tutorial berikut ini agar bisa menggunakan aplikasi Gojek:

1. Download Aplikasi Gojek 

Untuk bisa menggunakan aplikasi Gojek, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store terlebih dahulu. Pastikan aplikasi Gojek yang diunduh adalah Gojek yang dibuat oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Musik Android yang Hasilnya Keren Abis

2. Lakukan Registrasi/Pendaftaran

Setelah download dan install aplikasi Gojek di smartphone, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran. Caranya dengan memasukan nomor telepon dan nama pengguna pada kolom yang tersedia. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa login menggunakan akun Facebook. 

3. Lakukan Verifikasi Akun

Jika sudah melakukan registrasi, pengguna baru diminta untuk melakukan verifikasi akun. Sistem akan mengirimkan kode verifikasi secara otomatis ke nomor ponsel yang telah Anda daftarkan. Lakukan verifikasi dengan menuliskan kode angka yang dikirim lewat SMS pada kolom yang tersedia.

4. Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

Setelah akun terverifikasi, kini pengguna baru sudah bisa memesan layanan di Gojek. Cara memesan Gojek yaitu dengan memilih jenis layanan yang Anda butuhkan. Pada halaman utama aplikasi, ada beberapa pilihan gambar dan nama layanan Gojek yang tersedia. 

Pilih GoRide jika ingin menggunakan layanan transportasi dengan kendaraan motor. Sementara itu, jika Anda membutuhkan layanan transportasi berupa mobil, maka pilih GoCar. Klik gambar motor atau mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Masukkan Alamat Tujuan

Setelah memilih layanan, cara menggunakan aplikasi Gojek selanjutnya adalah menentukan destinasi tujuan. Tuliskan alamat yang ingin Anda tuju pada kolom ‘Search for a destination’. Pastikan alamat tujuan tersebut sudah benar dan sesuai dengan yang ingin Anda kunjungi.

6. Tentukan Lokasi Penjemputan

Setelah memasukkan destinasi yang ingin dituju, selanjutnya adalah menentukan lokasi penjemputan. Pengguna bisa memasukkan alamat penjemputan dengan cara manual, yaitu dengan menuliskan alamat secara langsung pada kolom yang tersedia. Selain itu, bisa juga menentukan alamat penjemputan secara otomatis melalui peta yang terkonfirmasi pada aplikasi.

7. Pilih Metode Pembayaran

Cara memesan Gojek berikutnya adalah memilih jenis atau metode pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang tersedia di Gojek, yaitu pembayaran via Gopay, LinkAja, kartu kredit/debit, dan menggunakan uang tunai. Pilih salah satu metode pembayaran tersebut sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dari Awal untuk Pemula

8. Klik ‘Pesan GoRide/GoJek’

Setelah memilih metode pembayaran, langsung saja lakukan pemesanan layanan dengan cara klik ‘Pesan GoJek’ atau ‘Pesan GoRide’ sesuai layanan yang dipilih. Tunggu beberapa saat sampai sistem mencari dan menemukan driver untuk pesanan Anda.

9. Tunggu Konfirmasi dari Driver

Cara menggunakan aplikasi Gojek selanjutnya yaitu hanya dengan menunggu konfirmasi dari pihak driver saja. Biasanya driver akan menghubungi customer via chat untuk mengkonfirmasi pesanan dan memastikan lokasi penjemputan customer secara lebih rinci. 

Jika tidak, customer juga bisa menghubungi driver terlebih dahulu lewat chat untuk memastikan apakah driver dapat menerima pesanan atau tidak. Apabila driver sudah memberikan konfirmasi, maka selanjutnya tinggal tunggu saja sampai driver datang menjemput.

10. Nikmati Layanan Transportasi dari Driver Gojek

Setelah driver sampai di lokasi penjemputan, pastikan terlebih dahulu bahwa driver tersebut menerima layanan dari akun Anda. Jika sudah benar, maka silahkan naik ke motor atau mobil driver Gojek untuk menikmati layanan pengantaran ke destinasi tujuan.

11. Lakukan Pembayaran Jika Sudah Sampai

Driver akan mengantar customer ke lokasi tujuan sesuai dengan alamat yang telah ditentukan pada aplikasi. Setelah sampai di alamat tersebut, jangan lupa untuk menyelesaikan pembayaran jika Anda memilih opsi metode pembayaran menggunakan uang tunai. 

Setelah selesai menggunakan layanan transportasi online dari Gojek, jangan lupa untuk memberikan rating atau penilaian kepada driver. Berikan rating bintang 5 kepada driver Gojek jika layanan yang diberikan sangat baik dan memuaskan.

Baca Juga: Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi? Ini Jawabannya

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek untuk Memesan Makanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Gojek menyediakan berbagai macam fitur dan layanan yang bisa dinikmati oleh pengguna. Termasuk layanan GoFood untuk pemesanan menu makanan secara online. GoFood tentunya menjadi solusi bagi Anda yang malas keluar rumah saat ingin makan makanan tertentu

Lalu, bagaimana cara memesan Gojek menggunakan fitur GoFood? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah download dan instal aplikasi Gojek di smartphone.
  • Pada halaman utama Gojek, pilih layanan ‘GoFood’ yang bergambar makanan.
  • Temukan aneka macam merchant GoFood melalui kolom pencarian yang tersedia. Pengguna juga bisa memilih merchant melalui shuffle card, banner, atau kategori lain yang muncul di halaman utama GoFood.
  • Pilih salah satu merchant yang Anda inginkan.
  • Pilih menu makanan atau minuman yang ingin dipesan.
  • Klik tombol ‘tambah’ pada menu makanan yang ingin dibeli.
  • Setelah memilih menu makanan, klik tombol warna hijau yang ada di bagian bawah halaman untuk checkout pesanan.
  • Teliti lagi menu makanan dan minuman yang dipilih. Pastikan pesanan sudah sesuai dengan keinginan. 
  • Pilih metode pembayaran, apakah mau menggunakan GoPay atau secara tunai.
  • Klik tombol ‘Pesan’ untuk konfirmasi pemesanan.
  • Sistem akan mencarikan driver untuk mengantarkan pesanan ke alamat customer.
  • Jika sudah mendapatkan driver, jangan lupa konfirmasi via chat untuk memastikan driver dapat menerima layanan.
  • Tunggu sampai driver Gojek datang mengantarkan pesanan makanan.
  • Lakukan pembayaran kepada driver Gojek jika menggunakan metode pembayaran tunai.
  • Ucapkan terimakasih dan berikan bintang 5 untuk driver yang sudah mengantar makanan ke alamat Anda.

Makanan akan segera disiapkan oleh restoran yang Anda pilih. Ini mungkin membutuhkan waktu selama beberapa menit tergantung banyaknya menu yang dipilih serta kondisi di restoran. Jika kondisi sedang ramai, tentu butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk menyiapkan makanan.

Itu dia penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi Gojek secara lengkap. Sekarang, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi Gojek dengan mengikuti tutorial di atas. Yuk, nikmati berbagai layanan aplikasi Gojek agar hidup lebih praktis. Segera download dan instal Gojek sekarang juga!

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News