Cara Menginstal Aplikasi Android Terbaru untuk Pemula

7 Likes comments off

Untuk pengguna perangkat Android khususnya smartphone, cara menginstal aplikasi android terbaru harus diketahui dengan baik. Pasalnya proses pemasangan aplikasi sendiri ke dalam perangkat Android yang dimiliki tidaklah susah. Hanya saja dalam menginstal sebuah aplikasi tersebut nanti ada dua kemungkinan. 

Agar bisa memasangkan aplikasi kemungkinan pertama yang harus dihadapi adalah menggunakan jaringan internet selama prosesnya. Tentunya hal tersebut sudah bukan sesuatu yang baru atau menjadi cara yang paling umum terjadi. 

Sementara untuk kemungkinan kedua adalah, pengguna yang telah memiliki file installer aplikasi Android dengan ekstensi apk. File yang bisa disimpan dalam perangkat apa saja baik smartphone, PC atau laptop. Lalu bagaimana cara atau langkah menginstal aplikasi tersebut? 

Dari Smartphone yang Dimiliki

cara menginstal aplikasi android
sumber gambar: hwp.com.tr

Untuk pengguna smartphone Android yang ingin menginstal aplikasi sendiri, meski masih pemula bisa mencoba cara yang akan dijelaskan setelah ini. Tahapan atau prosesnya cukup cepat dan tidak ribet. Siapa saja yang memiliki smartphone Android dapat mencobanya di rumah. 

Langkah yang pertama agar bisa memasang atau menginstal aplikasi pada smartphone Android adalah dengan mengunjungi aktifkan Play Store dulu. Aplikasi ini sudah pasti ada di smartphone Android, jadi tinggal mencarinya lalu menjalankannya. 

Setelah itu pengguna cukup memilih aplikasi Android yang diinginkan. Carangan scrolling ke bawah atau mengetuk menu Apps, Games, atau Books. Nanti akan terlihat di layar smartphone rekomendasi aplikasi yang sedang viral atau populer. Jika aplikasi yang diinginkan tidak ada, langsung saja masukkan kata kunci pada kolom pencari di bagian atas. 

Setelah aplikasi yang dibutuhkan muncul langsung saja klik pada aplikasinya itu. Nanti akan terlihat menu untuk menyetujui syarat serta ketentuan yang berlaku. Silahkan pilih opsi Accept atau Menerima. Tunggu sampai prosesnya selesai, biasanya waktu menginstal aplikasi tergantung dari ukurannya. Semakin besar maka semakin lama. 

Selain itu jaringan atau sinyal internet juga menentukan cepat atau tidaknya proses menginstal sebuah aplikasi. Setelah selesai diinstal, langsung saja pilih menu Open untuk menjalankan aplikasi yang berhasil diinstal tersebut. 

Baca Juga: Aplikasi Perekam Suara di Laptop Jernih dan Super Mulus

Melalui Browser di Desktop Laptop

Bagi yang ingin menginstal aplikasi android menggunakan browser karena perangkat yang dipakai adalah laptop, maka caranya cukup sederhana. Tidak memakan waktu lama untuk bisa memasang sebuah aplikasi android di laptop. 

Pertama, silahkan buka browser yang biasa digunakan. Saran saja, lebih baik gunakan Google Chrome untuk melakukan proses ini. Namun untuk yang menggunakan Mozilla Firefox juga tidak masalah. Jalankan aplikasinya dengan meng-klik dua kali pada ikon browser tersebut. 

Lalu cari laman Google Play Store dengan mengetiknya di kolom pencari yang tersedia. Setelah PlayStore terbuka, user harus login terlebih dahulu. Masukkan username dan password akun Google yang aktif. 

Langkah selanjutnya, sama seperti ketika menginstal aplikasi android menggunakan smartphone. Pada browser laptop ini bisa mencari serta menginstal aplikasi yang dibutuhkan. Ketikkan dulu nama aplikasi pada kolom pencarian Play Store lalu buka aplikasi yang dipilih. Setelah itu langsung pilih instal atau unduh. 

Setelahnya user akan diberi pilihan ingin menginstal dimana aplikasinya. Langkah berikutnya tinggal menunggu proses instal selesai. Aplikasi android pun otomatis terpasang di laptop dan dapat langsung digunakan. 

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Attendance Management Terbaik

Instal Manual dengan File Apk

Cara menginstal aplikasi android berikutnya adalah dengan manual. Ini dapat dilakukan di semua perangkat. Baik itu smartphone, laptop, atau PC. File dengan ekstensi apk ini memiliki ukuran yang sangat ringan atau kecil, jadi tidak memakan tempat yang banyak pada perangkat. 

Biasanya untuk mendapatkan aplikasi android dengan ekstensi tersebut, pengguna perlu mengunduhnya dari situs resmi atau melalui Google dengan bantuan browser. Bisa juga pengguna mendapatkan apk tersebut dari seorang teman yang memang sudah menyimpan file tersebut di perangkatnya. 

File aplikasi android dengan ekstensi apk ini juga mudah sekali untuk ditransfer atau dipindahkan. Pengguna yang ingin menginstalnya di smartphone namun filenya ada pada PC, maka cukup dengan memindahkannya ke SD Card smartphone atau dengan cara menghubungkan smartphone ke PC lalu meng-copy dan paste file aplikasi tadi.

 Jika file aplikasi sudah dipindahkan ke smartphone, proses penginstalannya bisa langsung dilakukan. Cara ini dapat dikatakan sebagai cara manual untuk menginstal sebuah aplikasi android di HP. Mengingat filenya merupakan ekstensi apk, maka ketika akan melakukan penginstalan akan muncul permintaan izin pemasangan aplikasi terkait. 

Tak perlu takut dan ragu untuk memberikan akses pada smartphone untuk melakukan pemasangan aplikasi tadi. Hal ini sangat wajar karena memang sumber file apk tadi tidak dikenal oleh pengaturan pada sistem Android di smartphone yang dipakai. 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk bisa memasang aplikasi melalui file apk di smartphone Android:

  • Pertama silahkan jalankan menu settings atau pengaturan yang ada di smartphone Android
  • Cari menu atau opsi Safety & Privacy lalu langsung ketuk menu tersebut
  • Izinkan instalasi dari aplikasi yang sumbernya tadi tidak diketahui dengan cara menekan opsi ON atau beri Ceklis pada Unknown Sources
  • Selanjutnya buka file apk yang tadi sudah diambil atau dipindahkan dari PC atau Laptop. (Bagi yang ingin mengunduh file apk melalui smartphone juga bisa dilakukan dengan cara membuka browser dan memasukkan alamat situs download file apk yang kredibel. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah aplikasi yang ingin diinstal tadi kompatibel dengan HP Android yang digunakan ) 
  • Ketika user membuka file aplikasi dengan ekstensi apk, nanti akan muncul pop up, langsung saja klik tombol Continue Installing. 
  • Nanti akan muncul lagi pilihan tombol, silakan ketuk yang Install untuk memulai proses instalasi aplikasi
  • Sama halnya dengan cara menginstal aplikasi melalui Google Play Store, tunggu sampai proses selesai dan aplikasi terpasang pada perangkat Android 
  • Setelah itu, klik atau ketuk tombol Done
  • Kembali pada menu Home di smartphone dan coba buka aplikasi yang baru saja dipasang
  • Pilih menu I AAgree

Baca Juga: Aplikasi untuk Online Shop Terbaik, Aman dan Terpercaya

Nah, itu dia beberapa cara menginstal aplikasi android terbaru yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Semua pengguna Android bisa melakukan pemasangan aplikasi sendiri dengan berbagai cara di atas sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News