Jengkoleun

5 Cara Mengobati Sakit Jengkolan Dengan Mudah

Halo guys, bagi sahabat kalem yang bingung bagaimana sih cara mengobati sakit jengkolan dengan mudah dan ampuh? Disini admin kalem punya solusinya. Sekaligus kita akan membahas apa itu penyakit jengkolan.

Pernah kamu mendengar istilah jengkolan atau jengkoleun? Jika belum pernah kita akan tahu jawabannya, sedangkan jika kamu sering mendengarnya dan bahkan kamu sendiri sering mengalaminya, sehingga kamu perlu obat jengkolan yang benar-benar ampuh.

Apa itu Jengkolan?

jengkolan adalah
Mengenal penyakit jengkoleun

Jengkolan atau jengkoleun merupakan sebuah penyakit yang disebabkan dari makanan jengkol dengan beberapa gejala yang ditimbulkan terutama terhadap saluran kencing. Jengkol memang mengandung banyak khasiat tapi juga memiliki gangguan yang dinamakan jengkoleun.

Di kampung saya disebut sebagai jengkoleun jika memakan kebanyakan jengkol tua karena jengkol yang sudah tua memiliki wisa yang dapat menyebabkan saluran kencing bermasalah.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini tidak main-main, akibatnya saluran kencing yang terasa sangat nyeri hingga susah mengeluarkan air kencing. Begitupula dengan sakit perut yang akan di rasakan penderitanya.

Jangan sembarangan makan jengkol karena penyakit yang diakibatkan sangat mempengaruhi aktivitas yang akan kita jalani. Saya benar-benar tidak menyarankan memakan jengkol dengan keadaan melebihi 5 biji.

Gejala ini akan dirasakan setelah beberapa jam kita memakan jengkol yang sudah tua, sedangkan sakit perut, sakit pinggang dan keluar darah pada saat kita kencing, hingga kesulitan berjalan. Itulah gejala yang terjadi setelah kita terserang penyakit jengkolan.

Memang enak, bau yang khas yang dihasilkan dari jengkol, mengandung sejuta manfaat tapi juga akan terasa meyakitkan ketika kita mendapati masalah dari penyakit serius yang satu ini.

Jengkoleun Menyerang Semua Umur

Apalagi anak kecil sangat tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi jengkol walaupun hanya satu biji saja. Orang dewasa juga ketika melebihi batas konsumsi jengkol, penyakit ini akan menyerang secara cepat.

Jengkoleun biasa menyerang pria yang tak ada batas umurnya, namun juga bisa menyerang wanita. Tapi saya jarang mendengar ada wanita yang terserang penyakit ini. Namun ada beberapa wanita yang mengalaminya.

Jadi, jangan pernah main-main dengan jengkol, walaupun katanya rasanya enak dan khas, manfaat yang banyak, namun kamu tetap memperhatikan seberapa banyak memakan jengkol, jika tidak ada kamu akan mengalami penyakit serius.

Banyak teman saya yang mengalami ini, bahkan mereka kesulitan untuk berjalan, bahkan saudara saya pernah menjadi korban dari penyakit jengkoleun hampir 3 hari dia tidak dapat beraktivitas.

Asam Jengkolat Pada Jengkol Tua

Inilah yang menyebabkan menyerangnya penyakit jengkoleun. Diakibatkan dari asam jengkolat atau dalam bahasa kampung seperti di saya disebut sebagai Wisa. Di kampung saya saja jengkol memang mudah di dapatkan, dijual dengan harga yang sangat mahal.

Asam jengkolat ketika kita konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sakit yang tak akan ketulungan. Mungkin jika kamu pernah mengalaminya, sudah tak asing lagi bagaimana rasanya terserang jengkoleun.

Itulah kenapa kita tidak boleh melebihi 5-7 biji makan jengkol karena sangat berbahaya, apalagi keluar darah pada saat kita kencing merupakan hal yang sangat serius, bahkan perlu di menem-menem.

5 Cara Mengobati Jengkolan

Cara mengobati jengkoleun
Cara mengobati jengkoleun

Lantas, bagaimana cara mengobati jengkolan? Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, seperti menggunakan obat yang mudah di dapatkan yaitu menggunakan es atau pil KB, itu adalah cara yang sangat ampuh.

Silahkan simak di bawah ini untuk pengobatan penyakit yang di akibatkan dari jengkol yang terlalu banyak dikonsumsi oleh penderitanya.

1. Es Batu

Mengobati jengkoleun bisa dilakukan dengan menggunakan ES batu, caranya tinggal masukan satu buah es batu berukuran jumbo ke mangkuk atau wadah yang muat, biarkan hingga mencair, boleh di tambahkan air, lalu minum sebanyak-banyaknya.

Hal ini nanti kamu akan merasakan terus ingin kencing, hingga beberapa kali kencing, lama-lama nanti asam jengkolat atau wisa tersebut akan hilang seketika karena keluar dengan air kencing, dan akhirnya jengkoleun pun sembuh seketika.

2. Pil KB

Apakah bisa menggunakan pil KB? Ya jelas sangat bisa, bahkan saya pernah mengalami sekali terserang jengkoleun akibat dari habis makan jengkol saya main bola dan terserang.

Makan jengkol berlari-lari akan membuat kita terserang penyakit ini. Untuk mengatasinya bisa menggunakan Pil KB, minum satu saja nanti kamu akan sembuh setelah meminum obat tersebut dan tidur.

3. Lemon

Kemudian kamu juga bisa menyembuhkan jengkolan dengan lemon yang di campur dengan air kelapa. Kedua bahan alami ini adalah minuman segar yang dapat memperkuat tubuh.

Minuman tersebut juga dapat menghasilkan urine bersih hingga asam jengkolat itu nantinya akan keluar ketika kamu kencing, dan terus kencing hingga pada akhirnya saluran kencing terbebas dari masalah ini.

4. Seledri

Kamu tahu seledri? Ya tanaman yang biasanya digunakan untuk pewangi makanan bakso atau mie ini juga ternyata bisa digunakan untuk mengatasi penyakit jengkolan yang di alami loh sahabat kalem.

Seledri memiliki kandungan antioksidan, vitmin dan mineral yang dapat membersihkan saluran urine. Maka dari itu, gunakan benih seledri agar kamu dapat menghilangkan rasa yang nyeri akibat jengkoleun.

5. Soda Kue

Kamu juga dapat menggunakan soda kue untuk menghilangkan nyeri akibat jengkoleun. Masih dari pembersihan saluran urine karena memang asam jengkolat ini sangat erat kaitannya dengan urine.

Soda kue mengandung antimikroba yang mampu membersihkan saluran urine, sehingga kamu dapat menggunakan soda kue dengan campuran air bersih dan minum hingga nanti masalah jengkoleun akan sembuh.

6. Minum Air yang Banyak

Yang lebih mudah adalah minum air yang banyak? Kenapa lihat lagi poin pertama di atas agar kamu terus ingin kencing dan mengeluarkan asam jengkolat yang menyebabkan nyeri tak ketulungan.

Dengan demikian, cara yang sangat mudah untuk mengatasi jengkolan adalah mengeluarkan air kencing hingga terus menerus sampai nanti asam jengkolat itu hilang dari saluran urine.

Nah itulah cara menyembuhkan jengkolan dengan mudah dan alami dapat kamu gunakan di rumah ketika kamu mengalami penyakit yang satu ini. Semoga sukses ya sahabat kalem.

Baca Juga :

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.