Cara Mengunci Aplikasi Xiaomi yang Benar untuk Pemula

11 Likes comments off

Xiaomi adalah salah satu brand gadget yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sebagaimana perangkat Android lainnya, HP Xiaomi juga digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store. Demi keamanan data Anda , ada baiknya Anda  tahu cara mengunci aplikasi Xiaomi. Tidak perlu waktu lama, cukup 1 menit saja Anda  sudah bisa mengunci aplikasi di HP.

Bagi sebagian orang, aplikasi di HP bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi juga sebagai alat untuk menunjang pekerjaan. Oleh sebab itu, kadangkala memang aplikasi tersebut sifatnya privat karena mungkin terdapat data-data rahasia didalamnya. Kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi. 

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi dengan Aplikasi Bawaan

cara mengunci aplikasi xiaomi
sumber gambar: allaboutxiaomi.com

Bagi Anda  yang merasa kurang aman jika aplikasi pada HP Xiaomi tidak terkunci, kini tidak perlu kuatir lagi. Ada cara mudah yang dapat Anda  lakukan untuk mengunci semua aplikasi pada Xiaomi tersebut. Pengembang Xiaomi telah melengkapi sistem keamanan pada perangkat mereka demi kenyamanan penggunanya.

Sistem keamanan yang telah disematkan pada semua perangkat merek Xiaomi ada beberapa macam, seperti fingerprint, keamanan pola, sandi hingga face unlock. Namun meskipun begitu, kadang-kadang masih ada saja pengguna Xiaomi yang merasa perlu adanya kunci tambahan untuk aplikasi yang mereka unduh di HP.

Perlu Anda  ketahui, sebenarnya Xiaomi telah menyertakan sistem keamanan untuk aplikasi tanpa harus menggunakan software dari pihak ketiga. Pada sistem MIUI Xiaomi telah ditanamkan aplikasi bawaan untuk mengunci aplikasi-aplikasi yang sudah Anda  instal di HP. 

Adapun cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi dengan sistem bawaannya adalah sebagai berikut:

1. Masuk Menu Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus Anda  lakukan kalau ingin bisa mengunci aplikasi di Xiaomi adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan”. Setelah masuk ke “Pengaturan”, Anda  scroll layar hingga menemukan menu “Kunci Aplikasi”, lalu klik pada menu tersebut.

2. Pilih Nama Aplikasi yang Akan Dikunci

Setelah langkah nomor 1 selesai dilakukan, Anda  akan diarahkan pada menu untuk memilih nama-nama aplikasi yang ingin dikunci. Selanjutnya, Anda  akan melihat tampilan menu pada layar dan cari “Kunci Aplikasi. 

Baca Juga: Aplikasi Prediksi Wajah Anak Terbaik yang Wajib Dicoba

3. Opsi Kata Sandi

Langkah terakhir adalah dengan membuat sandi pada HP Xiaomi. Jika Anda  belum memakai kata sandi pada HP Xiaomi tersebut maka harus dibuat dulu. Buat kata sandi untuk smartphone Xiaomi Anda  supaya bisa mengunci aplikasi.

Kalau Anda  menggunakan PIN pada Xiaomi, gunakan sidik jari untuk bisa membuka aplikasi pengunci. Tahapan penguncian aplikasi sudah selesai dilakukan, Anda  bisa mencobanya dengan membuka aplikasi yang telah dikunci.

Keuntungan menggunakan aplikasi bawaan untuk mengunci aplikasi di HP Xiaomi yaitu keamanannya lebih terjamin. Selain itu, menggunakan aplikasi bawaan jauh lebih ringan daripada aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di Play Store.

Saat mengatur penguncian dengan aplikasi bawaan tersebut, Anda  juga akan diberikan opsi face unlock. Kalau ingin menggunakan face unlock untuk bisa membuka aplikasi, Anda  tinggal ikuti instruksi yang diberikan saja. 

Yang perlu Anda  catat, meskipun cara penguncian aplikasi di atas bisa digunakan pada semua perangkat Xiaomi, mungkin beda seri ada sedikit juga perbedaan instruksinya. Namun pada dasarnya, cara penguncian ini dapat diaplikasikan pada HP Xiaomi keluaran lama maupun baru. 

Baca Juga: Aplikasi Video Merubah Wajah Terbaik dan Terbaru Canggih

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi dengan Applock

Apakah Anda  merasa bahwa cara mengunci aplikasi Xiaomi dengan sistem bawaan seperti yang dijelaskan di atas cukup ribet? Kalau iya, tenang saja masih ada cara lainnya. Anda  yang malas melalui tahapan-tahapan seperti penjelasan di atas dapat menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang dapat diunduh di PlayStore.

Salah satunya adalah Applock, yang fungsinya kurang lebih sama dengan sistem bawaan untuk mengunci aplikasi Xiaomi sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Applock akan memberikan perlindungan data-data Anda  yang tersimpan dalam aplikasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anda  tinggal cari saja aplikasinya di PlayStore lalu unduh dan instal. Setelah itu lakukan login dan ikuti instruksi untuk mengunci aplikasi pada HP Xiaomi. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi Applock dari PlayStore dan instal
  2. Buka aplikasinya, lalu masukkan sandi yang ingin Anda  gunakan.
  3. Berikan izin pada Applock untuk membuka aplikasi saat diminta.
  4. Pilih nama aplikasi yang akan dikunci lalu masukkan kata sandi.

Mudah bukan caranya? Lebih simpel daripada menggunakan sistem bawaan dari Xiaomi.

Baca Juga: Aplikasi yang Sudah di Root Paling Keren dan Ajib Digunakan

Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Keluar Sendiri pada HP Xiaomi

Aplikasi yang kita instal di HP pastinya memiliki manfaat tertentu, namun sayangnya kadang tiba-tiba tanpa sebab jelas aplikasi keluar sendiri saat digunakan. Jika mengalami hal seperti ini siapapun tentunya akan merasa kesal, apalagi kalau sedang menggunakan aplikasi untuk sesuatu yang penting.

Force close atau aplikasi keluar sendiri adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna Android. Nah, bagaimana cara efektif untuk mengatasi force close aplikasi pada HP Xiaomi? Inilah beberapa diantaranya.

1. Restart HP Xiaomi

Cara pertama sangat mudah dilakukan yaitu dengan melakukan restart smartphone Xiaomi Anda . Force close mungkin saja disebabkan oleh service sistem pada aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan restart adalah cara untuk mengatasi hal tersebut.  Sepertinya sederhana, namun sebenarnya restart HP menjadi cara yang efektif untuk mengatasi error yang terjadi pada sistem, termasuk aplikasi yang diinstal.

2. Update Aplikasi 

Mengapa aplikasi bisa keluar sendiri? Mungkin karena Anda  belum melakukan pembaruan versi terbaru. Cara untuk mengatasinya tidak lain adalah dengan update aplikasi tersebut dengan versi yang terbaru melalui Play Store.

Pembaruan aplikasi bermanfaat untuk menambah fitur, perbaikan serta peningkatan performa dari aplikasi itu sendiri. Beberapa pengembang aplikasi memang mengharuskan penggunanya untuk selalu melakukan pembaruan dengan versi terbaru supaya tetap bisa dijalankan dan digunakan sebagaimana mestinya.

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengunci aplikasi Xiaomi yang dapat Anda  coba untuk menjaga keamanan data-data dari oknum tidak bertanggung jawab. Penguncian aplikasi dapat dilakukan dengan langsung mengaturnya melalui menu Pengaturan/ Setting di HP Xiaomi Anda.

Selain melalui menu Pengaturan, Anda  bisa juga memakai aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang ada di PlayStore, yaitu Applock. Silahkan Anda  pilih mana cara yang dianggap lebih mudah dan praktis untuk mengunci aplikasi pada Xiaomi Anda. 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News