Cara Upload Aplikasi ke Playstore Tercepat dan Mudah

13 Likes comments off

Sekarang ini aplikasi tambahan untuk pengguna smartphone menjadi salah satu peluang besar bagi pelaku bisnis. Aplikasi untuk Android yang dapat dinikmati melalui Google Play Store menjadi cara tersendiri untuk menghasilkan pundi-pundi. Bagi yang ingin mencobanya, di sini dijelaskan secara singkat cara mengupload aplikasi ke Playstore terutama untuk pemula.

Cara Mengupload Aplikasi ke PlayStore

cara mengupload aplikasi ke playstore
sumber gambar: antevenio.com

Pemula yang ingin mengunggah atau mengupload aplikasi buatan sendiri ke Google PlayStore, harus melalui 8 step mudah terlebih dahulu. Jadi untuk bisa memiliki aplikasi yang dapat masuk ke Playstore, ada step yang dimulai dari pembuatan aplikasi hingga proses uploadnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Daftar Akun Developer

Langkah paling utama yang harus dilakukan untuk bisa mengunggah aplikasi ke Playstore adalah dengan membuat akun developer terlebih dahulu. Akun ini sangat penting untuk bisa membuat pengembang dengan mudah dan cepat mengunggah aplikasi ke Playstore. Cara membuat akun developer yaitu:

  • Silahkan masuk dengan akun google yang aktif
  • Setelah berhasil masuk klik centang dan terima perjanjian sebagai developer yang muncul di layar 
  • Jika sudah, lakukan pembayaran seperti yang diminta. Pembayaran tersebut adalah biaya pendaftaran sebagai developer dalam bentuk dolar, nilainya yaitu 25 dolar.
  • Setelah proses pembayaran silahkan masukkan semua data sesuai yang diminta dengan lengkap dan benar

Jika semua tahap di atas sudah diselesaikan dan tidak ada kendala, maka akun developer sudah berhasil dibuat. Berikutnya adalah membuat akun wallet. 

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Screenshot untuk HP yang Mudah

2. Akun Wallet Google

Jika sudah selesai membuat akun developer, langkah yang perlu diselesaikan berikutnya adalah membuat akun wallet Google. Akun wallet ini harus dimiliki oleh developer untuk bisa menerima pembayaran. Fee yang masuk pada akun wallet Google tersebut adalah hasil dari adanya pengguna yang mengunduh aplikasi yang berhasil diunggah ke Playstore. 

Semua bentuk pembayaran terkait dengan aplikasi yang masuk ke Google Playstore harus melalui akun wallet tersebut. Untuk yang belum tahu caranya bisa melakukan beberapa stepnya berikut ini:

  • Pertama, silahkan masuk pada akun developer yang sudah berhasil dibuat
  • Pilih menu dan klik pada opsi Laporan
  • Nanti akan muncul opsi lagi silahkan pilih Laporan Keuangan
  • Lanjutkan dengan memilih menu Siapkan Akun Google Wallet
  • Pilih lagi pada menu Tambahkan detail bisnis
  • Lalu klik Kirim
  • Tunggu beberapa saat, akun Google Wallet nanti secara otomatis disambungkan dengan akun developer yang dipakai untuk membuat akun Wallet tadi

Cukup mudah bukan? Jika dompet digital sudah ada dan tertaut dengan akun developer, maka nanti pembayaran akan diterima dengan mudah serta bisa dicairkan kapanpun dibutuhkan. Pastikan untuk mengikuti langkah demi langkah tadi dengan teliti dan sampai selesai. 

3. Unggah Aplikasi ke Playstore

Jika akun developer dan wallet Google sudah terbuat dan saling tertaut, maka selanjutnya mengetahui seperti apa cara upload aplikasi ke Google Playstore. Tak jarang pelaku bisnis atau developer pemula yang takut untuk mengunggah aplikasi buatannya ke Google Playstore, padahal hal tersebut tidak sulit bahkan termasuk mudah, seperti berikut:

  • Langkah pertama, silahkan buka Google Playstore
  • Dari menu silahkan klik opsi Semua Aplikasi
  • Selanjutnya, tentukan bahasa yang akan digunakan dengan memiliki Bahasa Default dari menu dropdown
  • Tambahkan judul aplikasi yang akan diupload, pastikan tidak sampai melebihi 30 karakter

Di sini, pengguna mempunyai dua pilihan untuk melanjutkan proses pengunggahan aplikasi ke Playstore atau sebaliknya. Selain itu pengguna juga harus memilih mengupload APK atau menyiapkan Cantuman Store.

4. Upload Kit Pakte Android

Cara mengupload aplikasi ke PlayStore selanjutnya adalah upload Kit Pakte Android. APK adalah singkatan dari Android Kit Package yang merupakan format file untuk OS Android yang menyimpan, mendistribusikan, hingga menginstal aplikasi pada perangkat Android itu sendiri. 

Format file APK ini dapat diupload atau diunggah dengan cara menyeret dan deploy ke dalam kotak atau bisa juga dengan menjelajah dan menavigasi. Seperti apa langkah-langkahnya?

  • Silahkan cari menu dan pilih opsi Manajemen Rilis 
  • Klik lagi pada opsi Rilis Aplikasi
  • Pilih lagi jenis rilis, untuk pengguna yang melakukan rilis pertama dari pengujian internal, pengujian tertutup atau terbuka, hingga rilis produksi silahkan klik dan pilih
  • Jika sudah klik pada menu Buat Rilis
  • Ikuti semua arahan yang muncul pada layar sampai selesai untuk mengunggah file aplikasi yang ada ke perangkat Android

Ketika pengguna ingin menguji aplikasi khususnya pada pengguna tertentu, maka pilih saja pengujian internal, pengujian tertutup, atau terbuka. Namun, bagi pengguna yang memang telah siap untuk mengenalkan aplikasi baru ke konsumen secara massal, silahkan pilih opsi rilis produksi. 

Baiknya sebelum mengunggah aplikasi ke Playstore, lakukan pengujian dulu secara menyeluruh kepada konsumen yang lebih kecil, agar nanti hasil akhir peluncuran sesuai harapan.

Baca Juga: Aplikasi Musik Android Offline Terbaik Wajib Diinstal 

5. Siapkan Listing Store

Cara mengupload aplikasi ke PlayStore selanjutnya adalah menyiapkan listing store. Langkah kelima ini memasuki tahap pengguna untuk mengisi informasi tentang aplikasi untuk bisa upload file aplikasi ke Google Playstore. Pengguna dapat menyelesaikan ini sekaligus atau menyimpannya dulu sebagai draf lalu menyelesaikannya lagi di lain hari. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tambahkan judul aplikasi maksimal minimal 50 karakter
  • Sertakan deskripsi singkat maksimal 80 karakter, lalu untuk deskripsi lengkapnya bisa sampai 4000 karakter
  • Masukkan screenshot, gambar, ikon, video, serta konten grafis lain tentang aplikasi yang akan diunggah
  • Masukkan juga translate dalam bahasa lain
  • Tambahkan kategori yang sesuai dengan aplikasi tadi
  • Tambahkan juga kontak mulai dari email, nomor telepon, serta situs milik sendiri
  • Masukkan juga tautan kebijakan dan privasi pada aplikasi yang akan diunggah
  • Tambahkan ratting

Bagian ini penting untuk diselesaikan dengan baik, agar nanti tampilan aplikasi pada Playstore bisa menarik perhatian konsumen. 

6. Memilih Harga

Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang akan diunggah menjadi berbayar atau gratis. Playstore memang memberikan opsi ini untuk memudahkan developer yang ingin mengganti status aplikasi yang diunggah. Jika sudah menentukan status aplikasi tadi, lanjutkan untuk mengisi Negara mana yang akan dijadikan sebagai tempat aplikasi tersebut didistribusikan. 

Baca Juga: Aplikasi Android Mengganti Wajah Orang Lain yang Canggih

7. Publikasikan

Jika semua langkah-langkah sebelumnya sudah dipastikan telah diselesaikan dengan baik dan benar, maka cara terakhir adalah mempublikasikan aplikasi yang diupload. Caranya mudah, langsung saja pilih opsi Publikasikan Aplikasi. Proses pun selesai. 

Nah, itu dia sedikit ulasan cara upload aplikasi ke Google Playstore yang mudah dan cepat, cocok dicoba untuk para pemula. Selamat mencoba ya!

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News