Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Mudah dan Tepat

8 Likes comments off

Stem gitar sendiri adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan sebelum bermain gitar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pengaturan senar dan nada supaya bisa menghasilkan nada yang benar. Jika dulunya harus manual, kini cara menyetem gitar dengan aplikasi bisa jadi solusi praktis bagi para pemilik gitar. Pasalnya, cara ini akan jauh lebih praktis dan bisa menghemat waktu supaya gitar Anda bisa memiliki bunyi yang sesuai. 

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Mudah di HP

cara menyetem gitar dengan aplikasi
sumber gambar: how2shout.com

Bagi sebagian orang  tentu saja bermain musik adalah kegiatan yang menyenangkan. Maka tidak jarang banyak orang belajar musik dan berusaha untuk menguasainya. Salah satu alat musik yang banyak dipilih untuk dipelajari adalah gitar. 

Namun sebelum mulai belajar bermain gitar pastikan untuk mengenali nada dengan cara menyetem gitar terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara menyetem gitar dengan aplikasi secara mudah, yang dapat Anda lakukan:

1. Guitar Tuna

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Guitar Tuna. Perlu Anda ketahui bahwa apk ini cukup populer di kalangan pemain gitar pemula. Salah satu alasannya karena tampilannya yang simple dan mudah digunakan dalam menyetem gitar.

Selain itu aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur tambahan dan cukup profesional. Beberapa fitur yang dimaksud adalah mini games, metronom, chord gitar dan masih banyak lagi lainnya. sedangkan untuk cara menyetem gitar dengan aplikasi Guitar Tuna itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan ambil gitar Anda dan bukalah aplikasi Guitar Tuna
  • Selanjutnya pastikan apk sudah berada pada pilihan menu “Tuner”
  • Selanjutnya Anda bisa mulai untuk memetik satu senar tanpa melakukan penekanan kunci apapun. Mulailah secara urut dari senar 1 atau pada bagian bawah dan paling tips.
  • Setelah itu pasti Guitar Tuna akan mengenali dan mendeteksi beberapa senar lain yang dipetik.
  • Setelah itu untuk dapat melakukan stem gitar maka kamu dapat terus memetik senar gitar, sampai nada tersebut berhasil menyentuh posisi garis tengah dari jarak “Standard Tuning” secara pas. 
  • Ketika muncul teks “Too low” maka nada yang dihasilkan terlalu rendah. Jadi Anda dapat menaikkan nada dengan cara memutar tuas di kepala gitar agar senar kencang.
  • Sedangkan jika ada notifikasi “Too high” maka nada terlalu tinggi, Anda dapat menurunkannya dengan mengendurkan senar.
  • Sedangkan jika stem gitar sudah berhasil dilakukan akan muncul tanda “ceklis berwarna hijau”.

Baca Juga: Aplikasi untuk Android Root Terbaru yang Wajib Dicoba

2. Guitar Tuner Ultimate

Aplikasi untuk menyetem gitar selanjutnya adalah Ultimate guitar tuner, yang dapat menyediakan berbagai opsi jenis penyeteman. Beberapa jenis gitar dapat di stem menggunakan aplikasi ini. beberapa diantaranya adalah gitar akustik, listrik maupun alat musik dengan senar lainnya.

Sedangkan cara pemakaiannya cukup praktis agar Anda dapat melakukan analisa terhadap sinyal senar. Lalu untuk kelebihannya sendiri adalah fitur tuningnya lengkap sehingga membuat Anda semakin bersemangat belajar gitar. Berikut ini adalah langkah-langkah stemnya:

  • Silahkan install aplikasinya terlebih dahulu dan buka aplikasi setelah terpasang
  • Selanjutnya lakukan set up dasar seperti memilih jenis gitar, tingkatan kepiawaian bermain gitar dan genre favorit
  • Setelah itu masuk pada pilihan tool dan klik “Brain Tuner”
  • Lanjutkan dengan klik setting di bagian kanan atas dan pilih “Loop sound”
  • Anda dapat mulai menyetem dengan memetik senar dari nomor 1 sampai 6. Selanjutnya aplikasi akan memunculkan suara yang sesuai, Anda dapat menyamakan sampai suara di hp dan gitar mengeluarkan suara sama. 
  • Ketika dirasa resonansi sudah pas, maka stem selesai dilakukan.

3. Pro MWM Guitar Tuner

Ketiga adalah aplikasi Pro MWM guitar tuner yang memiliki tingkatan kualitas tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Aplikasi ini mempunyai fitur cukup lengkap dan dapat diakses secara free oleh semua orang.

Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak membutuhkan kinerja dari aplikasi lainnya. Guitar pro ini mampu menghasilkan berbagai stem gitar dengan tampilan mudah dan bisa digunakan oleh pemain pemula. Cara menyetem gitar dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Silahkan untuk mendownload aplikasi tersebut lebih dahulu
  • Selanjutnya buka aplikasi dan mulai mainkan nada mulai dari senar 1 sampai 6 sesuai dengan urutannya. Pastikan untuk memulai dari urutan paling kecil sampai besar
  • Setelah itu pastikan nada yang dikeluarkan senar telah sesuai dengan nada di aplikasi
  • Ketika nada Anda sumbang atau kurang tepat maka aplikasi akan memberikan notifikasi sesuai dengan kekurangannya
  • Sedangkan jika nada sudah pas dan stem sudah tepat, maka Anda bisa langsung untuk memainkan gitar.

Baca Juga: Aplikasi Pemotong Lagu Android Terbaru Paling Canggih

4. DA Tuner

DA Tuner adalah salah satu pilihan aplikasi stem gitar terbaik karena memiliki tingkat akurasi tinggi. Meski demikian aplikasi ini cukup serba guna sehingga tidak hanya bisa digunakan pada gitar saja. Salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini dapat merubah jenis frekuensi dasar menjadi nada paling dekat.

Selain itu terdapat beberapa fungsi lain dari aplikasi ini, yaitu untuk menyetem berbagai alat musik lain seperti piano, cello, ukulele, bass, harpa, biola dan masih banyak lagi. lalu untuk cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  • Setelah aplikasi terinstal di hp Anda maka silahkan buka aplikasi
  • Percobaan pertama silahkan untuk memutar senar sampai aplikasi menunjukkan huruf E2. Pastikan untuk menggunakan pada tempat sepi
  • Pada pemakaian aplikasi ini mulailah dari senar nomor 6 ke bawah.
  • Pastikan juga sebelum melanjutkan penyetelan warna pada kode aplikasi berwarna hijau
  • Setelah semuanya selesai sampai senar pertama maka Anda dapat menggunakan itar untuk memainkan lagu-lagu favorit.

5. Beginners

Sesuai dengan namanya aplikasi ini secara khusus dirancang untuk bermain gitar secara mudah bagi semua orang. Melalui aplikasi ini Anda dapat mempunyai sensasi belajar berbeda. Hal tersebut tentunya karena standar nada tuning yang disediakan pada aplikasi ini hanya memakai kunci E. Sehingga ketika ingin menyetem gitar kamu perlu mengikuti nada pada aplikasi. 

Berikut ini adalah cara menyetem gitar menggunakan aplikasi Beginners, yaitu:

  • Bukalah aplikasi yang sebelumnya sudah Anda download di playstore. 
  • Setelah itu mainkan senar pada gitar dengan melihat pengaturannya terlebih dahulu. Pastikan senar 1 pengaturan nada E (paling tinggi, senar 2 nada B, senar tiga nada G, senar 4 nada D, senar 5 nada A dan senar 6 nada rendah
  • Setelah itu mainkan sambil melihat perintah dari aplikasi apakah nadanya sudah pas atau belum. Jika nada sudah pas maka indikator menunjukkan warna lampu hijau.

Baca Juga: Aplikasi Pemotong Lagu MP3 Terbaik yang Mudah Dicoba

Itulah tadi beberapa daftar aplikasi dan cara menyetem gitar menggunakan aplikasi yang dapat Anda ketahui. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi tersebut agar bisa bermain gitar dengan praktis dan mudah. Selamat mencoba! 

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News