Cara Mudah Hitung Ongkos Kirim Dengan Buku Warung

By Buku Warung

0

Sikalem – Sistem jual beli secara online mengharuskan kita mengirimkan barang kepada pelanggan. Mengirimkan barang perlu mengeluarkan biaya atau biasa disebut ongkos kirim. Berikut ini cara menghitung ongkos kirim yang perlu ditaguhkan kepada pelanggan.

Tentukan berat barang

Berat barang merupakan faktor penentu pertama yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan biaya pengiriman. Berat barang ini bisa diukur dengan dua cara yaitu berat aktual dan berat dimensi. Berat aktual adalah berat paket yang dibulatkan ke kilogram berikutnya. Misalnya barang Anda ketika ditimbang memiliki berat 2,8 kg maka akan dihitung 3 kg. Berat dimensi adalah ukuran kepadatan pengiriman. Cara menghitungnya yaitu mengalikan panjang, lebar, dan tinggi ukuran paket kemudian dibulatkan hingga cm terdekat. Anda bisa menentukan biaya pengiriman dengan mempertimbangkan berat aktual serta berat dimensi paket barang yang akan dikirim. Pastikan pengukuran berat ini aktual dan akurat sehingga pembeli tidak merasa dicurangi.

Baca juga: Ini Arti COD Dalam Jualan Online

Perhitungkan biaya tambahan

Biaya tambahan yang diperlukan selama proses pengemasan barang juga menjadi faktor yang mempengaruhi penentuan biaya pengiriman. Apa yang dimaksud biaya tambahan? Biasanya, jenis bahan yang digunakan untuk pengemasan barang turut berpengaruh menambahkan biaya tambahan. Misalnya, Anda menjual lukisan dan pengirimannya harus menggunakan kayu, tentunya hal tersebut membutuhkan biaya tambahan. Berikan penjelasan tentang biaya tambahan ini sehingga pembeli tidak bingung serta dapat memahami biaya pengiriman yang bertambah daripada biasanya. Selain itu, dengan menghitung biaya tambahan ini, Anda telah meminimalisir kerugiaan karena biaya kirim yang terlalu kecil.

Pilihan metode pengiriman

Faktor lain yang menjadi penentu biaya pengiriman adalah metode yang digunakan. Terdapat empat metode yang bisa dipilih yaitu melalui darat, laut, udara, dan atarmoda. Pengiriman melalui darat biasanya merupakan bentuk yang paling murah. Pengiriman via laut biayanya lebih mahal dibandingkan darat dan biasanya digunakan untuk pengiriman internasional serta ke daerah pedalaman. Pengiriman lewat udara merupakan yang paling mahal karena secara waktu tempuh juga paling cepat dibandingkan yang lainnya.

Pengiriman via udara ini menggunakan pesawat kargo dan pesawat penumpang bagian kompartemen bagasi. Yang terakhir yaitu pengiriman antarmoda. Pengiriman ini menggabungkan beberapa metode pengiriman dan mengacu pada kontainer khusus yang bisa ditransfer secara efisien antara kapal, kereta api, dan truk.

Jika susah mengetahui ketiga hal di atas maka kita bisa langsung mengirimkannya. Jika ingin menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, maka yang perlu dilakukan hanya mengetahui berat barang yang akan dikirim saja. Selanjutya hanya perlu cek tarif jne per kilogramnya lalu kalikan dengan berat pengiriman.

Anda bisa mengecek tarif ongkir berbagai ekspedisi melalui aplikasi Buku Warung. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi atau website buku warung. Kemudian masukan berat barang, kota asal, kota tujuan, dan ekspedisi yan akan digunakan.

Selain itu aplikasi Buku Warung juga merupakan aplikasi laporan keuangan yang akan mempermudah pelaku usaha dalam membuat laporan keuangan. Anda bisa mencatat berbagai macam transaksi keuangan sehingga bisa bekerja secara efisien dan praktis. Segera download dan gunakan Buku Warung untuk kegiatan usaha Anda.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.