Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Masih Hidup dan yang Sudah Meninggal

0 186

Untuk kamu yang masih memiliki orang tua, atau orang tuanya yang masih hidup, berikut ini contoh perilaku berbuat kepada orang tua yang masih hidup.

Pun contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal agar kamu bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, meski mereka sudah tiada.

Namu bukan tanpa alasan, mungkin kamu bingung menjawab soal ujian, bagaimaan sih cara berbuat baik kepada orang tua? baik yang masih hidup, atau yang sudah meninggal.

Baca juga : Arti Mimpi Ayah Meninggal Tanda Diganggu Setan?

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Masih Hidup

Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup adalah mendoakan orang tua, patuh kepada orang tua, berbakti kepada orang tua, menyangi dan melindungi orang tua, dan kebaikan yang lainnya.

Tentu saja ini adalah kewajiban sebagai anak yang harus kita lakukan, karena tanpa orang tua, kita tidak akan pernah ada di dunia sampai saat ini.

Berbuat baik kepada orang tua tidak harus tentang harta, tetapi doa dan bakti kita kepadanya adalah perilaku yang wajib kita lakukan.

Kalau kamu islam, tentu saja ada doa yang khusus untuk anak soleh dan solehah kepada kedua orang tuanya, kamu dapat menemukannya melalui buku doa-doa yang sudah ada.

Maka, berbuat baik kepada orang bukan hanya kita memberinya uang, namun sikap menolong, mendoakan, berbakti, menuruti orang tua adalah perilaku yang istimewa sebagai anak soleh dan solehah.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal adalah mendoakannya agar ia diberikan ketenangan di alam sana yang sudah jauh dari hadapan kita sebagai anaknya.

Selain berdoa untuk orang tua agar ditempatkan di surga, kita juga wajib melaksanakan apa yang sudah di amanahkan oleh orang tua kita selama masih hidup.

Contohnya, ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi sarjana, maka kita harus berusaha agar itu bisa dilaksanakan.

Itu salah satu contoh yang baik, karena insa Allah akan membuat orang tua kita bahagia, berbaik hati kepada orang lain, serta bersedekah dan membantu orang lain demi amanah orang tua pun adalah perilaku baik.

Maka demikian, sebagai seorang anak yang harus berbakti kepada orang tua, tidak hanya ketika ia masih hidup, namun kita juga bisa berbakti kepadanya dengan malaksanakan amanah yang ia berikan kepada kita.

Namun tetap saja, kunci utama berbaik kepada orang tua adalah mendoakannya agar ditenangkan, dilapangkan, di berikan tempat yang indah oleh Allah SWT.

Baca juga : 13 Manfaat Dari Perilaku Amanah yang Bisa Kita Rasakan

Apakah sekarang kamu sudah bisa berperilaku baik kepada orang tuamu, baik yang masih hidup maupun dia yang sudah tiada?.

Demikian contoh perilaku berbuat kepada orang tua yang masih hidup dan orang tua yang sudah meninggal, semoga artikel jawaban soal ujian ini dapat membantu ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.