5 Akibat dan Dampak Revolusi Bumi Bagi Manusia

Kamu mungkin belum tahu bahwa dampak revolusi bumi bagi kehidupan manusia sering kita alami setiap saat, mulai dari pagi hari, siang, sore hingga malam, namun sayangnya dampak tersebut tidak kita sadari.

Seperti dalam pelajaran IPA kelas 9 (Ilmu Pengetahuan Alam), dalam pelajaran tersebut dijelaskan pula dampak revolusi bumi bagi kehidupan manusia yang sesungguhnya.

Namun mungkin ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kamu, sehingga kamu harus mencari tahu sendiri dari dampak atau akibat terjadinya revolusi bumi yang kita hadapi.

Mengingat akan hal tersebut, admin kalem juga sadar bahwa berbagi pengetahuan itu sangat penting, seperti halnya tujuan admin disini berbagi dan membagi pengetahuan yang admin miliki guna menjawab pertanyaan kamu.

Pengertian Revolusi Bumi

Pengertian Revolusi Bumi
Pengertian Revolusi Bumi

Sebelum admin membahas dampak revolusi bumi, sebaiknya kita ketahui dulu pengertian revolusi bumi, admin rasa masih banyak orang yang belum mengenal apa itu revolusi bumi?.

Revolusi bumi merupakan pergerakan atau peredaran bumi mengelilingi matahari. Adapun terjadinya pergerakan tersebut diakibatkan dari gaya gravitasi bumi dan gravitasi matahari saling menarik.

Katanya, berdasarkan pelajaran IPA, bumi membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari untuk satu kali mengelilingi matahari. Pada saat berevolusi, bumi pun bergerak dalam kemiringan membentuk sudut 23,50 derajat.

Nah, dari adanya revolusi bumi yang terjadi itu, ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari dampak tersebut. Kita sebenarnya merasakan hal itu, namun kita tidak menyadari bahwa itu adalah dampak dan manfaat terjadinya revolusi bumi.

Baca Juga : 9 Ular Cobra Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

5 Dampak Revolusi Bumi

5 Dampak Revolusi Bumi
5 Dampak Revolusi Bumi

Jadi, ada 5 dampak revolusi bumi yang kita hadapi setiap detik kehidupan kita, sedangkan dampak itu sendiri hampir setiap saat kita alami, meskipun kita tidak tahu bahwa itu merupakan manfaat dari revolusi bumi.

Berdasarkan yang telah admin dapatkan, berikut ini dampak revolusi bumi yang bermanfaat bagi manusia dalam kehidupannya, diantaranya.

1. Perbedaan Waktu Siang dan Malam

Perbedaan Waktu Siang dan Malam
Perbedaan Waktu Siang dan Malam

Salah satu akibat, manfaat atau dampak dari revolusi bumi yang sering kita hadapi adalah terjadinya perbedaan lama antara siang dan malam hari. Ini setiap hari kita rasakan, dan tanpa kita sadari bahwa hal itu adalah akibat dari revolusi.

Memang, siang dan malam terjadi dikarenakan rotasi bumi, akan tetapi revolusi bumi sangat berpengaruh terhadap waktu lamanya siang dan malam yang kita rasakan saat ini.

Waktu lamanya siang dan malam itu sendiri terjadi diakibatkan oleh kombinasi rotasi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap ekliptika. Sekarang kita tahu bahwa siang dan malam adalah dampak dari revolusi bumi.

2. Terjadinya Perubahan Musim

Terjadinya Perubahan Musim
Terjadinya Perubahan Musim

Kita tahu ada 4 musim yang terjadi di dunia ini, seperti musim gugur, musim semi, musim panas dan dingin. Ke empat musim itu diakibatkan oleh dampak revolusi bumi.

Dari ke 4 musim yang disebutkan, di Indonesia sendiri hanya ada dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Kita sering menghadapi fase dimana musim hujan berganti ke musim kemarau dan sebaliknya.

Apa yang kita dapatkan dari perubahan musim? Jika musim tidak berubah, saat satu daerah mengalami satu musim yang kepanjangan, maka hal itu akan sangat menyulitkan, jadi bisa kita simpulkan bahwa terjadinya revolusi bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia saat ini.

3. Perhitungan Kalender Masehi

Perhitungan Kalender Masehi
Perhitungan Kalender Masehi

Kalender masehi atau bisa disebut dengan tahun Nasional, mulai dari bulan Januari hingga Desember, selama 12 bulan adalah satu tahun, ini pun merupakan salah satu dampak revolusi dari bumi.

Perhitungan kalender masehi sendiri dari satu kali revolusi bumi selama 365,25 hari. Batas penanggalan nasional adalah 180 derajat, hal ini terjadi berdasarkan bujur barat dan timur.

Jika bujur timur 180 derajat adalah tanggal 15, maka bujur barat 180 derajat masih tanggal 14. Masih kita berfikir bahwa kita tidak menyadari akan hal ini?.

4. Gerak Semu Tahunan Matahari

Gerak Semu Tahunan Matahari
Gerak Semu Tahunan Matahari

Ketika revolusi bumi mengelilingi matahari, maka akan menyebabkan timbulnya gerak semu tahunan matahari. Dimana, gerak semu ini secara umum posisi matahari berubah ditempat yang sama.

Gerak semu ini adalah pergerakan matahari ke arah bumi bagian utara. Kejadian ini biasanya terjadi antara tanggal 22 Desember – 21 Juni setiap tahunnya.

Kemudian pergerakan itu berubah dari utara ke selatan pada tanggal 21 Juni – 21 Desember. Jadi ada 2 pergerakan yang terjadi dan itu dinamakan gerak semu tahunan matahari.

5. Rasi Bintang Berubah Letak

Rasi Bintang Berubah Letak
Rasi Bintang Berubah Letak

Letak rasi bintang selalu berubah, tanpa kita sadari ternyata itu adalah dampak revolusi bumi yang terjadi. Kita kenal dengan sebutan zodiak yang merupakan ramalan nasib seseorang berdasarkan tanggal lahir.

Jika bumi bergerak dan mengelilingi matahari, posisi rasi bintang pun terlihat seolah ia berubah. Kita sebagai pengamat melihat susunan rasi bintang yang berbeda.

Dari adanya rasi bintang yang selalu berubah letak, mungkin kamu tidak menyadari kalau ternyata ini adalah salah satu dampak yang terjadi akibat terjadinya revolusi bumi.

Baca Juga : 10 Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

Jadi sekarang kamu sudah tahu dampaknya? Dan itupun bisa dikatakan sebagai manfaat dari adanya revolusi bumi. Dan akhir kata, itulah 5 dampak revolusi bumi bagi kehidupan manusia, semoga dapat membantu dan membuat kamu lebih tahu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.