Denotatif Adalah : Pengertian, Contoh dan Sinonim

Pengertian, Arti Kata, Contoh dan Sinonim Kata Denotatif Adalah

0 4

Sahabat kalem, mungkin kamu sedang bertanya-tanya, arti denotatif adalah adalah apa? Sedangkan ada juga persamaan atau sinonim dari istilah ini.

Bermaksud membahasnya, karena ada banyak yang tidak tahu terkait dengan pengertian, contoh, maupun arti denotatif adalah yang dimaksud itu apa?.

Maka, kamu tidak akan tahu jika tidak mencari tahunya, sehingga percaya atau tidak, kamu akan segera tahu apa yang sebelumnya tidak kamu ketahui setelah membaca artikel ini.

Denotatif

Pengertian Denotatif
Pengertian Denotatif

Denotatif adalalah sebuah kata yang maknanya konseptual (makna sebenarnya) yang dikandung kata secara objektif, contohnya saya makan Nasi. Sedangkan Konotatif adalah makna kiasan.

Nah, “makan” adalah suatu kata yang dikandung secara objektif atau disebut denotatif (ada makna yang sebenarnya).

Keduanya memiliki pengertian dan perbedaan masing-masing berdasarkan yang sudah admin jelaskan.

Sehingga, untuk lebih mendalam terkait dengan apa yang sedang kita bahas ini, tentu akan ada contoh yang menyertai pembahasan agar lebih mudah saat kamu memahaminya.

Baca juga : Provokasi Adalah : Pengertian Definisi, Arti Kata dan Contohnya

Contoh Denotatif Adalah

Contoh Denotatif Adalah
Contoh Denotatif

Seperti pada pengertian maupun arti yang sudah admin sebutkan, diatas admin sampaikan bahwa salah satu contoh kata denotatif adalah kata “Makan” yang bermakna objektif.

“Bapak saya makan sambal, yang akhirnya kepedesan”, jadi ada kenyataan dibalik istilah yang diungapkan tersebut.

Makan adalah kewajiban setiap orang agar bisa bertahan hidup, makan ini tak hanya sebuah kata melainkan bermakna seperti dikunyah atau pun di telan.

Seperti yang admin sudah admin telusuri dari beberapa sumber, salah satunya dari forum pendidikan, yaitu Brainly.

Disitu tertulis bahwa denotasi ini memiliki makna yang sangat objektif, kemudian admin telusuri lagi dari sumber yang lain yang menyatakan contohnya adalah makan.

Bukan makan secara fisik, akan tetapi sebuah kata saja, itu salah satu contoh yang admin berikan, dan berbeda dengan konotatif.

Sudah paham apa yang admin maksud diatas? Sebaiknya kita akan mulai mencari dan membahas sinonim atau persamaan kata dari istilah ini agar kamu bisa mendapatkan arti dari sinonimnya.

Baca juga : Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi

Sinonim Kata Denotatif

Sinonim Kata Denotatif
Sinonim Kata Denotatif

Setelah berhasil admin menelusuri sinonim atau persamaan kata denotatif, ternyata persamaannya adalah Konotatif.

Namun ada sedikit perbedaan dari keduanya. Arti denotatif sendiri adalah “makna yang sebenarnya”, sedangkan konotatif adalah “makna tambahan atau kiasan”, namun keduanya sama-sama makna.

Bagaimana, apakah dengan sinonim diatas sudah pas? Jadi memang, keduanya sama-sama berarti makna, namun perbedaannya hanya terdapat pada konseptual dan kiasan saja.

Sekarang ini memang banyak sekali kosakata dalam bahasa Indonesia yang memiliki makna kiasan serta makna sebenarnya, sehingga kamu pun perlu melengkapi itu.

Harapan admin kamu terus mencari tahu apa yang tidak kamu ketahui untuk menambah wawasan kebahasaan kamu meskipun sekolah sudah ada pelajarannya.

Karena, setelah kamu lulus, ada banyak sekali kosakata yang tidak bisa kamu artikan, apalagi dijaman sekarang banyaknya bahasa gaul.

Jika kamu sudah bisa memahami dari suatu kata, hadirnya istilah anyar tidak akan membuat kamu bingung, kamu cukup melihat kondisi saja sudah bisa memaknai kata tersebut.

Kita garis bawahi makna, dimana istilah itu disebut denotatif dan konotatif yang kita bahas sekarang ini ya sahabat kalem.

Jika yang admin sampaikan terlalu bertele-tele dan terbelit-belit, admin mohon maaf untuk hal tersebut, kamu cukup sedikit mengerti admin saja.

Baca juga : Arti Rendah Hati : Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Kesimpulan

Sahabat kalem, tidak ada batasan untuk mencari sebuah ilmu yang bermanfaat, jika ada internet, kenapa masih digunakan untuk bermain-main?.

Lebih baik manfaatkan internet secara bijak, seperti yang kamu lakukan saat ini adalah mencari suatu makna dan arti dari sebuah kata yang kamu dapati.

Meskipun tidak ada dalam mata pelajaran, tapi sedikit demi sedikit kamu akan paham suatu saat nanti, kenapa mesti memahami suatu kata.

Admin tidak bisa membahas itu, itu jadikan saja sebagai pekerjaan rumah bagi kamu, jika tidak mendengarkan admin, ya admin tidak bermasalah.

Intinya admin berharap kamu terus mencari ilmu, tidak harus banyak-banyak misalnya yang sudah admin katakan pada paragraf diatas.

Jadi sekarang sudah terjawad bahwa konotatif dan denotatif adalah makna, perbedaannya hanya ada pada makna sebenarnya dan makna tambahan saja.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.