Doa Niat Bayar Hutang Puasa Ramadhan (Qhada)

Yang Tahun Kemarin Masih Punya Hutang Puasa, Yuk Segera di Bayar DengN Niat Berikut Ini

0 3

Sikalem – Ramadhan sebentar lagi, tinggal menghitung beberapa hari lagi kita sudah memasuki bulan wajib untuk umat muslim menjalankan ibadah puasa, namun apakah kamu masih berhutang puasa di tahun lalu? Yuk segera lunasi dengan doa niat bayar hutang puasa ramadhan yang akan di jelaskan disini.

Kewajiban seorang muslim (orang yang beragama Islam), dalam menjalankan ibadah itu wajib Qhada atau di tambal kalau ibadah sebelumnya masih kurang lengkap, tak hanya puasa ramadhan saja, melainkan shalat fardhu pun harus di Qhada.

Hal ini untuk menghapus dosa yang kita lalaikan, karena tidak menjalankan ibadah yang diwajibkan itu hukumnya haram.

Kiyai yang pernah saya dengar ceramahnya ketika pengajian di kampung berkata “Fardhu adalah wajib, yang artinya jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala, namun jika tidak di laksanakan maka akan mendapatkan dosa besar”.

Berbeda dengan sunnah, kalau sunnah dilaksanakan maka kita akan mendapatkan pahala, namun jika tidak dilaksanakan kita tidak akan mendapatkan pahala dan juga tidak akan mendapatkan dosa.

Sedangkan, ramadhan adalah bulan wajib yang harus kita laksanakan puasanya, maka jika sebelumnya ada yang bocor, silakan Qhada dengan doa dibawah ini.

Doa Niat Bayar Hutang Puasa Ramadhan

Doa Niat Bayar Hutang Puasa Ramadhan
Niat Puasa, Foto : Istimewa

Niat : Nawaitu shauma ghadin an qhada’i fadhi syahri ramadhani lillahi ta’ala. Ucapakan dalam hati : Aku berniat untuk meng-qhada puasa ramadhan besok hari karena Allah ta’ala.

Jadi sahabat kalem mengucapkan doa niat tersebut dengan artinya juga yang dapat diucapkan dalam hati agar puasanya lancar dan ramadhan tahun lalu di lengkapi.

Maka, ketika puasa tahun lalu yang bocor sudah kita lengkapi, kita tidak perlu khawatir, itu berarti sudah full 1 bulan. Tapi ingat, ada syaratnya loh kalau kamu mau manambal atau qhada puasa ramadhan.

Baca juga :

Syarat Qhada Puasa Ramadhan

Pada doa niat bayar hutang puasa ramadhan yang sudah di sebutkan, dibawah tertulis bahwa ada syarat yang harus kamu perhatikan, lantas apa saja syarat tersebut?

Kiyai juga mengatakan, jika puasa ramadhan “dengan sengaja” atau tanpa ada halangan, kita tidak melaksanakan puasa ramadhan, maka tidak bisa di Qhada.

Namun, jika ada halangan, misalnya sakit, untuk wanita sedang haid, itu bisa di Qhada. Maka, jika puasanya dengan sengaja tidak kamu laksanakan pada ramadhan sebelumnya, meskipun di tambal atau di Qhada itu tidak bisa.

Namun mungkin berbeda dengan pendapat yang lainnya, kamu boleh bertanya kepada kiyai agar dapat memahami ini dengan benar, karena saya sendiri sering mendengar para kiyai ada yang berbeda pendapat.

Qhada Tidak Berlaku Untuk Mualaf

Salah satu yang ingin saya ceritakan juga ketika kemarin saya menghadiri acar pengajian di kampung, kiayi juga mengatakan bahwa mualaf tidak harus meng-qhada kewajibannya selama masih non-muslim.

Artinya, seorang mualaf tidak harus meng-qhada atau menambal puasa, shalat, dan kewajiban lainnya yang tidak ia laksanakan ketika sebelum menjadi mualaf atau masih menjadi non-muslim.

Itu tidak apa-apa karena sebelumnya dia non muslim. Kecuali orang muslim seluruhnya wajib mengqhada mewajibannya.

Tapi, kalau sudah menjadi mualaf, artinya sudah beragama Islam dan menjadi seorang muslim, semua kewajiban seorang muslim harus dilaksanakan, maka jika tidak ada yang terlaksana, maka harus di Qhada ya, ingat ini berlaku kalau sudah menjadi muslim.

Nah, kamu bisa membaca doa niat bayar hutang puasa ramadhan jika ingin menambal atau mengqodho puasa yang di bulan tahun sebelumnya tidak kamu laksanakan ya sahabat kalem.

Kesimpulan

Jadi, seorang muslim wajib mengqodho puasa, shalat, zakat, dan kewajibannya sebagai seorang muslim. Jika tidak di qhada, maka dosa akan kewajibannya tidak akan terhapus.

Demikian doa niat bayar hutang puasa ramadhan yang dapat disampaikan saat ini, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat, dan semoga lancar apa yang akan kamu laksanakan ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.