Doa Niat Padusan Puasa Ramadhan, dan Artinya

Berikut Doa Niat Mandi Padusan Puasa Ramadhan yang Dapat Kamu Gunakan

0 5.135

Sikalem – Muslim tentunya antusias dalam menyambut bulan ramadhan, semua orang selalu mengharapkannya karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, hingga untuk menyambutnya baca niat padusan puasa ramadhan untuk mensucikan diri.

Dalam menjalankan ibadah puasa diri kita harus bersih dan suci, baik dari pikiran, hati dan raga sehingga bisa menjalankannya dengan sempurna.

Setiap tahunnya, tentu ada hal unik setiap daerah dalam menyambut bulan ramadhan. Namun, kamu yang hendak mensucikan diri dengan mandi padusan, bisa membaca doa dibawah ini.

Niat Padusan Puasa Ramadhan

Niat Padusan : “Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla“: Artinya : “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Tentu saja mandi sebelum puasa sudah termasuk membersihkan diri agar bisa melaksanakan puasa dengan sempurna.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus keramas dan membersihkan seluruh tubuh agar benar-benar bersih dan suci, doa yang kamu ucapkan itu sangat penting sebelum mandi dimulai.

Niat Mandi Padusan
Niat Mandi Padusan

Hukum Mandi Padusan

Hukum mandi padusan adalah Sunnah, yang artinya boleh dilaksanakan maupun tidak dilaksanakan. Tetapi akan lebih baik jika dilaksanakan sebelum kamu menjalankan ibadah puasa.

Mandi padusan ini secara menyeluruh, dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut, jangan sampai ada yang ketinggalan.

Meskipun sunnah, namun jika kamu melaksanakannya akan sangat bermanfaat bagi kamu, salah satunya diri suci dan tentu saja kamu mendapatkan pahala.

Manfaat Mandi Padusan

Secara sederhana saja, karena kita sudah tahu doa niat padusan puasa ramadhan, tentu saja kita pun harus tahu apa manfaatnya.

Secara singkat, manfaat mandi padusan puasa ramadhan adalah agar kita suci dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, bukan hanya puasa saja tapi juga dengan ibadah yang lainnya.

Karena, salah satu syarat beribadah kepada Allah SWT kita harus suci, layaknya Shalat, dengan Wudhu artinya kita mensucikan diri, makanya harus melaksanakan wudhu, dan wudhu ini hukumnya wajib kalau mau shalat.

Baca juga : Doa Niat Bayar Hutang Puasa Ramadhan (Qhada)

Kesimpulan

Sahabat kalem, bagi kamu yang belum tahu tentang mandi padusan ini bisa juga disebut sebagai mandi wajib, namun lain makna tentunya karena ini untuk menyambut bulan suci ramadhan setiap tahunnya.

Nah, sahabat bisa membaca doa niat padusan puasa ramadhan ya, semoga saja puasanya lancar dengan sempurna tanpa ada kendala disetiap perjalanannya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.