Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Berikut Ini Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Dengan Artinya

0

Sikalem – Kita memang dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu saat hendak melakukan sesuatu maupun setelahnya, pun dengan belajar kamu dapat membaca doa sebelum belajar dan sesudah belajar berikut ini ya.

Dan pada saat yang sama, kamu seharusnya bisa membaca doa sesuai dengn yang kamu bisa, agar kamu dilancarkan dan dimudahkan dalam kegiatan belajar kamu.

Oke langsung saja, silakan cek dibawah ini doa sebelum dan sesudah belajar untuk kamu.

Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar

Biasanya, sebelum dan setelah belajar itu kita membaca doa, dan untuk doa sebelum belajar itu dibaca pada saat kamu akan melakukan kegiatan belajar di sekolah.

Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar
Doa, Foto : Istimewa

Baca juga : Doa Niat Bayar Hutang Puasa Ramadhan (Qhada)

Doa Sebelum Belajar

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Latin : Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latin : Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Sahabat kalem, bagi yang yang butuh doa sebelum belajar dan sesudah belajar, kamu dapat membaca dia diatas ya, tentu saja itu akan membuat kamu tenang saat melakukan kegiatan belajar di sekolah kamu.

Hal yang harus kamu ingat yaitu baca bismillah sebelum melakukan apapun dan baca alhamdulillah sesudah melakukan apapun, jadi bismillah dan alhamdulilah saja sebenarnya sudah cukup.

Akan tetapi itu tentu tidak lengkap, maka baca secara keseluruhan, baca bismilah sebelum doa, dan baca alhamdulillah setelah doa terakhir.

Baca juga : 4+ Doa Mencari Jodoh Dalam Islam

Kesimpulan

Dan apakah kamu sudah bisa membaca dan memahaminya sahabat kalem? Iya itu saja sudah cukup kok enggak usah bingung mau baca doa apa, bahkan dengan bismillah saja sudah mewakili semuanya ya.

Akhir kata, itulah doa sebelum belajar dan sesudah belajar khusus untuk kamu yang mau tenang dan nyaman pada saat belajar serta diberi kemudahan oleh sang kuasa.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.