Dokuritsu Junbi Cosakai Adalah Nama Lain Dari BPUPKI

Tahukah Kamu, Dokuritsu Junbi Cosakai Nama Lain Dari Apa?

0

SikalemBPUPKI singkatan dari Badan Penyidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang dibentuk oleh pemerintahan kolonil Jepang, dokuritsu junbi cosakai adalah nama lain dari dari BPUPKI.

Dokuritsu junbi cosakai ini merupakan bahasa jepang dari BPUPKI, sebelumnya admin sudah membahas ini dengan lengkap.

BPUPKI yang dibuat oleh pemerintah kolonil Jepang pada 29 April 1945, yaitu sebagai rekayasa Jepang untuk mendapatkan dukungan rakyat bahwa Indonesia akan merdeka pada saat itu.

Rekayasa yang dilakukan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang dilakukan oleh Jepang, sehingga dibentuklah BPUPKI atau dalam bahasa Jepangnya disebut dengan Dokuritsu Junbi Cosakai.

BPUPKI sangat berakitan erat dengan hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus, sehingga menjelang hari kemerdekaan ini, BPUPKI sangat berperan penting dalam masa sejarah.

Kumakichi Harada adalah orang yang membentuk BPUPKI, dengan jumlah Anggota 60 orang Indonesia dan 7 orang Jepang jadi total ada 67 orang, sehingga BPUPKI dikenal hingga saat ini oleh masyarakat Indonesia yang paham akan sejarah.

Sekarang ini kita sudah tahu dokuritsu junbi cosakai adalah nama lain dari apa, sehingga sepertinya kamu harus mencari lebih dalam lagi tentang BPUPKI yang sangat penting dalam sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia.

Meskipun kita hanya sebagai masyarakat biasa, akan tetapi tetap saja dalam sejarah kemerdekaan ini kita diharuskan untuk mengetahuinya agar tahu betapa hebatnya Indonesia yang sudah dijajah oleh banyak negara, salah satunya Jepang dan Holland (Belanda).

Pertama kali dibentuk BPUPKI adalah tanggal 1 Maret 194, lalu dibubarkan lagi pada 7 Agustus 1945. Alasan dibubarkan pada saat itu dikarenakan tugas BPUPKI sudah selesai.

Dokuritsu junbi cosakai bertugas dalam menyusun dan membahas dasar negara, membahas reses dalam satu bulan, menampung saran-saran dan juga ada tugas lain selain hal tersebut.

Berdasarkan sejarah, BPUPKI yang sekarang ini kita kenal awalnya bertujuan dalam mengkaji, mendalami dan menyelidiki bentuk dasar yang cocok untuk kepentingan sistem pemerintahan Indonesia saat itu.

Apakah kamu sudah mengenal BPUKI sejak lama? Seperti kita ketahui bahwa dokuritsu junbi cosakai adalah nama lain dari BPUPKI, sehingga kamu harus lebih giat dalam membaca sejarah jika ingin banyak tahu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.