Cara Download Aplikasi Absensi Karyawan Excel di Internet

14 Likes comments off
download aplikasi absensi karyawan excel

Salah satu aspek penting dalam manajemen karyawan adalah membuat data kehadiran seluruh karyawan di perusahaan. Untuk mempermudah pelacakan kehadiran karyawan, HR bisa memanfaatkan Excel atau Google Spreadsheet di internet. Data kehadiran karyawan tersebut bisa didownload dan diprint menjadi bentuk hardfile. Lalu, bagaimana cara download aplikasi absensi karyawan excel di internet?

Cara Download Aplikasi Absensi Karyawan Excel di Internet

download aplikasi absensi karyawan excel
sumber gambar: techcommunity.microsoft.com

Mengelola karyawan secara tepat merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu kesuksesan perusahaan. Aspek penting dari manajemen karyawan yang wajib diperhatikan adalah kehadiran. Data kehadiran sangat penting untuk mengurangi ketidakhadiran serta menunjukkan seberapa tinggi produktivitas setiap karyawan. Jika manajemen kehadiran buruk, maka bisa mengakibatkan hilangnya produktivitas bisnis.

Cara paling mudah untuk membuat data kehadiran karyawan adalah menggunakan excel atau spreadsheet di internet. Cara ini bisa membantu HR untuk lebih mudah melihat data para karyawan yang datang ke kantor serta meninggalkan kantor.

Metode pembuatan absensi karyawan seperti ini paling cocok untuk perusahaan kecil dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak. Ada beberapa kelebihan menggunakan excel untuk absensi karyawan. Kelebihan tersebut antara lain mudah digunakan, hemat biaya, dan scalable.

Data absensi karyawan di excel bisa disimpan dalam bentuk softfile maupun diprint menjadi hardfile. Untuk menyimpan file absensi karyawan tersebut, Anda harus download file dokumen tersebut terlebih dahulu. Cara download aplikasi absensi karyawan excel di internet adalah sebagai berikut:

  • Buka spreadsheet di Google Chrome atau browser lainnya.
  • Klik kanan pada folder atau file yang ingin didownload.
  • Pilih opsi ‘Download’ untuk mulai mengunduhnya.
  • Pilih jenis file yang ingin Anda unduh.
  • Tunggu beberapa saat sampai perangkat Anda selesai mendownload.
  • File data absensi karyawan excel selesai di download dan tersimpan pada perangkat.

Baca Juga: Download Aplikasi Kalender Hijriah? Ini Daftar Aplikasinya

7 Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Excel di Internet 

Inilah beberapa aplikasi yang bisa membantu membuat contoh absensi karyawan bulanan excel:

1. TimeTrex

Salah satu aplikasi absensi karyawan di internet yang bisa Anda gunakan adalah TimeTrex. Aplikasi absensi karyawan ini dapat digunakan melalui berbagai perangkat, seperti laptop, PC, dan tablet, dan smartphone. Tampilan interface yang sederhana juga membuat TimeTrex mudah digunakan.

Aplikasi ini memiliki sejumlah keunggulan, sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda coba.  Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak ada jumlah batasan karyawan. Sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki karyawan dengan jumlah ratusan sampai ribuan.

TimeTrex juga dibekali dengan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari fitur pencatatan lembur, pembayaran pajak, lembur, hingga jadwal masuk karyawan secara shift. Fitur yang tersedia akan mempermudah kerja tim HR dalam mengelola absensi karyawan di perusahaan.

2. KaryaOne

KaryaOne merupakan aplikasi absensi karyawan yang sangat fleksibel. Pasalnya, aplikasi ini dapat digunakan melalui berbagai macam perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, dan PC. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan untuk mempermudah data absensi karyawan.

Fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah multi shift. Fitur yang satu ini akan membantu Anda untuk menentukan jadwal shift karyawan yang tepat. Tampilan interface pada aplikasi ini juga sangat ringan. Ada juga tutorial cara menggunakan aplikasi, sehingga semakin mudah digunakan.

Jika tertarik dengan fitur yang tersedia, segera download aplikasi absensi karyawan excel ini secara gratis di Google Play Store. Nikmati berbagai fitur canggih yang akan mempermudah pekerjaan Anda dalam manajemen karyawan.

Baca Juga: Cara 2 Aplikasi BBM Dalam 1 Android yang Terbukti Berhasil

3. Time Clock Wizard

Aplikasi absensi karyawan buatan developer Amerika Serikat ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Berbagai fitur yang tersedia siap membantu meningkatkan kinerja karyawan sekaligus meningkatkan kedisiplinan. Ada fitur untuk mengganti jam kerja serta mengatur jadwal semua karyawan.

Selain itu, Time Clock Wizard juga akan mempermudah HR untuk menyajikan laporan gaji pokok dan biaya overtime seluruh karyawan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di Google Play Store. Namun, ada beberapa fitur yang berbayar.

4. Time Clock MTS

Jika Anda sedang mencari aplikasi absensi karyawan bulanan yang cocok untuk bisnis, cobalah aplikasi Time Clock MTS. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis. Jika merasa cocok dengan fitur yang tersedia, Anda bisa melanjutkannya ke versi berbayar agar bisa menikmati fitur yang lebih lengkap.

Time Clock MTS dibekali dengan sejumlah fitur untuk mengatur jadwal masuk karyawan. Termasuk jadwal karyawan yang mengajukan cuti. Absensi bisa dilakukan dengan sidik jari maupun menggunakan kamera webcam. Selain itu, masih banyak fitur bermanfaat lainnya pada aplikasi ini.

5. CKZ Time Clock

Awalnya, CKZ Time Clock merupakan aplikasi time tracking saja. Saat ini, aplikasi tersebut juga dapat digunakan sebagai aplikasi absensi karyawan. Pasalnya, aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur yang menunjang untuk manajemen kehadiran karyawan di sebuah perusahaan.

Fitur yang tersedia diantaranya adalah laporan penggajian, penyimpanan data kehadiran karyawan, monitoring karyawan secara real time, dan beberapa fitur canggih lainnya. Anda bisa download aplikasi absensi karyawan excel ini secara gratis dan menikmati semua fitur yang tersedia.

6. AbsenKu

Rekomendasi aplikasi absensi karyawan yang bisa Anda coba berikutnya adalah AbsenKu. Aplikasi absensi gratis ini merupakan hasil karya anak bangsa. AbsenKu hadir sebagai aplikasi absensi dengan tampilan yang ringan serta sederhana, sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Selain itu, AbsenKu juga dibekali dengan berbagai macam fitur menarik untuk mempermudah pencatatan kehadiran karyawan. Salah satu fitur menarik pada aplikasi ini adalah birthday reminder. Fitur ini memungkinkan Anda dapat mengetahui kapan hari ulang tahun setiap karyawan.

Dengan adanya fitur ini, maka hari ulang tahun setiap karyawan bisa dijadikan sebagai moment untuk memberikan reward. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui waktu libur serta cuti.

Baca Juga: Kenali Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Fiturnya

7. Sleekr

Sleekr merupakan salah satu aplikasi absensi karyawan di internet yang paling populer. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur yang akan membuat pencatatan serta absensi karyawan jadi semakin mudah. Termasuk untuk membuat pola shifting yang adil bagi semua karyawan.

Selain itu, Sleekr juga menghadirkan fitur canggih lainnya yang sangat bermanfaat untuk HR. Salah satunya adalah fitur untuk perhitungan PPh 21 yang ditanggung oleh karyawan. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Segera download aplikasi absensi karyawan ini di Play Store!

Nah, itu dia penjelasan tentang bagaimana cara download aplikasi absensi karyawan excel di internet. Sangat mudah bukan? Ada banyak aplikasi absensi karyawan yang tersedia dan dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Gunakan aplikasi tersebut agar pembuatan data absensi lebih simpel.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News