Cara Download Aplikasi Attendance Management Terbaik

7 Likes comments off

Secara tidak langsung, bagaimana perusahaan mengelola karyawannya menjadi bagian dari kunci kemajuan. Perusahaan dengan SDM yang disiplin waktu tentu akan lebih mudah meraih kesuksesan. Oleh sebab itulah rasanya setiap perusahaan ataupun institusi perlu download aplikasi attendance management untuk memantau kedisiplinan kerja karyawan.

Gambaran sederhananya, bagaimana sebuah perusahaan bisa maju kalau karyawannya saja sering datang terlambat untuk bekerja. Sudah hampir bisa dipastikan apa yang menjadi target pekerjaan hari itu tidak akan tercapai. Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus, tanpa disadari perusahaan sedang menggali lubang kuburnya sendiri.

Apa Itu Aplikasi Attendance Management?

Mungkin banyak yang belum paham apa yang dimaksud aplikasi attendance management itu. Aplikasi attendance management adalah software yang dapat dipergunakan oleh perusahaan, kantor, organisasi dan lainnya untuk memantau jam kerja karyawan mereka.

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, perusahaan bisa melakukan absensi karyawan secara online. Aplikasi ini sangat tepat jika digunakan oleh bagian HRD untuk melacak kehadiran karyawan. Aplikasi attendance management memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi saat masuk dan pulang kerja, tanpa harus memakai mesin sidik jari (fingerprint).

Attendance management download memudahkan kerja HRD menjadi lebih efisien terutama mengenai absensi karyawan. Berkat aplikasi tersebut, HRD tidak perlu lagi menarik data absensi karyawan dari mesin fingerprint. Hebatnya lagi, aplikasi attendance management bisa langsung dihubungkan dengan fitur-fitur lainnya, contohnya fitur penggajian karyawan.

Absensi menjadi salah satu elemen dalam sistem penggajian (payroll) , sehingga ketika sudah terhubung melalui aplikasi attendance, proses perhitungannya menjadi lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu, data-data yang tersimpan dalam aplikasi attendance berfungsi sebagai komponen dan bahan pertimbangan HRD menilai kinerja karyawan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari software attendance management tersebut HRD bisa menyusun kebijakan maupun keputusan terkait hasil penilaian kinerja karyawan. Data tersebut bisa juga dijadikan sebagai salah satu acuan bagi HRD supaya dapat meningkatkan performa kerja karyawan.

Baca Juga: Aplikasi untuk Online Shop Terbaik, Aman dan Terpercaya

Download Aplikasi Attendance Management Terbaik

download aplikasi attendance management
sumber gambar: mekari.com

Perusahaan butuh sistem yang efisien dan efektif di tengah era persaingan sengit seperti saat ini. salah satu caranya adalah dengan download aplikasi attendance management. Satu aplikasi saja sudah bisa membantu perusahaan dalam menyelesaikan banyak hal, mulai dari absensi karyawan hingga purchasing time card.

Dengan menggunakan aplikasi attendance management, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan, mulai dari peningkatan disiplin karyawan hingga efisiensi. Lalu apa saja aplikasi attendance management terbaik yang bisa digunakan perusahaan, inilah beberapa diantaranya. 

1. Talenta by Mekari

Aplikasi ini berbasis mobile dan website serta sudah terintegrasi dengan sistem payroll. Data karyawan yang disajikan oleh aplikasi ini real time, lengkap dengan lokasi dan jamnya. HRD bisa memenuhi berbagai keperluan absensi karyawan dengan menggunakan Talenta by Mekari. Aplikasi ini dapat dipakai untuk memantau absensi karyawan, mengelola shift kerja serta perhitungan penggajian. 

2. TimeOff Management

Apa yang bisa diberikan oleh aplikasi TimeOff Management kepada perusahaan? Cukup banyak yang bisa dilakukan dengan aplikasi unggulan yang satu ini. Aplikasi management attendance ini dapat menjadi solusi absensi online karyawan perusahaan Anda.  Aplikasi ini bisa menyajikan cuti khusus karyawan dengan menampilkannya dalam bentuk kalender. 

Melalui aplikasi tersebut, bagian HRD bisa lebih mudah mengatur cuti karyawan supaya tidak mengganggu operasional perusahaan. HRD  bisa membatasi berapa banyak hari yang bisa diambil karyawan untuk setiap jenis cuti tertentu, termasuk menetapkan hari besar dan hari non kerja dalam sistem aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi DP BBM Bergerak Terbaik yang Wajib Dicoba Pemula

3. My HR Toolkit

Download aplikasi attendance management yang terbaik salah satunya adalah My HR Toolkit. Cara penggunaannya sangat mudah dan interaktif, sehingga siapapun bisa mengoperasikannya. Aplikasi ini merupakan sebuah sistem informasi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyimpan data-data administrasi kepegawaian. Melalui satu aplikasi ini saja, HR sudah bisa mencatat ketidakhadiran karyawan. My HR Toolkit telah mencakup fungsi pelaporan serta pengelolaan hari libur karyawan. 

4. Smart Present Dcap

Ada lagi aplikasi attendance management yang tergolong bagus dalam membantu HRD memantau karyawannya. Keunggulan aplikasi ini adalah menggunakan pola wajah masing-masing karyawan atau validasi wajah. Dengan fitur ini sudah jelas bahwa tidak mungkin ada kecurangan absensi yang bisa dilakukan oleh karyawan.

Aplikasi unggulan ini dapat digunakan pada perangkat yang cukup beragam, yaitu Android maupun iOS. Untuk mendapatkannya juga mudah, tinggal download saja di PlayStore ataupun AppStore. Karyawan melakukan absensi di lokasi yang telah ditentukan melalui pengaturan sebelumnya.

Keuntungan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Attendance Management

Perusahaan yang benar-benar mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas pasti tidak akan ragu menggunakan attendance management. Alasannya adalah perusahaan yang telah memakai aplikasi attendance management bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut. 

1. Mudah Mengawasi Kerja Karyawan

Attendance management download membantu perusahaan supaya bisa lebih mudah mengawasi karyawan mereka. Dengan begitu kecurangan jam kerja seperti deskripsi di atas bisa dikurangi dan dihilangkan. Perusahaan jadi lebih mudah untuk mencapai target karena tidak ada lagi karyawan yang mencurangi jam kerja. Bahkan karyawan yang tidak sedang berada di kantor juga bisa dipantau karena sistem yang digunakan adalah online.

2. Sistem yang Terintegrasi

Attendance management memiliki sistem yang terintegrasi kepada beberapa fitur. Absensi karyawan diperlukan tidak hanya untuk memantau kedisiplinan tetapi juga menjadi data untuk payroll setiap bulan. Attendance management menghubungkan data absensi karyawan lengkap dengan cuti, lembur dan sebagainya, sehingga bagian finance lebih cepat dalam melakukan perhitungan gaji. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Pendeteksi Hantu Asli Terbaik Paling Akurat Digunakan

3. Mudah Implementasinya

Aplikasi attendance management ini sama sekali tidak rumit, justru sebaliknya. Aplikasi sangat mudah diimplementasikan, tidak perlu lagi mengerjakan secara manual karena semua data sudah tersimpan dalam cloud. Data yang sudah tersimpan dalam cloud dapat diakses kapan saja setiap saat dibutuhkan. Data karyawan yang melakukan absensi setiap hari otomatis akan terupdate dengan real time dalam waktu singkat dan diupload ke dalam cloud.

4. Akurasi Tinggi 

Aplikasi attendance management download mencatat setiap data yang masuk secara real time, lokasi serta waktu masuk (check in) dan keluar (chek out) karyawan. Mengapa? Karena aplikasi ini menggunakan GPS yang bisa melacak lokasi, clock (jam) dan tracking pada setiap perangkat yang digunakan. Dengan semua fitur tersebut, sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana tingkat akurasinya.

Segera download aplikasi attendance management sebagai langkah efisiensi dan meningkatkan efektivitas kerja SDM perusahaan Anda. Dengan aplikasi tersebut, semua data absensi karyawan dapat dilakukan dengan mudah, tanpa harus melakukan perhitungan secara manual dari mesin fingerprint. Aplikasi ini sangat berguna ketika karyawan harus melaksanakan WFH kembali.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News