Cara Download Aplikasi Cek KTP Online Terbukti Berhasil

9 Likes comments off
download aplikasi cek ktp

Download aplikasi cek KTP menjadi salah satu pilihan layanan terbaik yang bisa digunakan dalam mengetahui keaslian dari KTP Anda. KTP merupakan Kartu Tanda Penduduk, yang menunjukkan identitas dari warga negara Indonesia secara asli dan legal.

Namun saat ini terdapat banyak sekali penyalahgunaan KTP sehingga banyak bermunculan KTP palsu di masyarakat. Hal tersebut tentu berdampak buruk bagi Anda pribadi, sehingga untuk terhindar dari hal tersebut Anda bisa melihat informasi di bawah ini.

Daftar Aplikasi Cek KTP Online Mudah untuk Masyarakat

download aplikasi cek ktp
sumber gambar: gsmtrik.com

Informasi pada KTP memuat data diri dan informasi penting, yang dimiliki oleh warga negara. Hal tersebut berupa informasi NIK, tanggal lahir, nama lengkap, agama, alamat, status pernikahan, golongan darah, tanda tangan dan lainnya. Sehingga ketika informasi terkait identitas tersebut dipalsukan tentu akan berdampak buruk pada kegiatan yang sedang Anda lakukan. 

Bisa jadi hal ini bisa menimbulkan efek dampak panjang seperti pengenaan sanksi sebab dianggap melakukan pemalsuan dokumen sah negara. Oleh sebab itu pastikan untuk melakukan pengecekan keasliannya dengan download aplikasi cek KTP secara online berikut ini:

1. CEK NIK KTP Online

Aplikasi pertama yang bisa digunakan oleh masyarakat dalam mengetahui keaslian data pada KTP adalah Cek NIK KTP online. Apk ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android. 

Disini para pengguna  bisa mendapatkan informasi secara lengkap dari jenis kelamin, nama lengkap dan informasi lainnya dari tiap orang. Sedangkan tampilannya sangat simple sehingga sangat user friendly untuk digunakan. cara downloadnya juga sangat mudah sesuai dengan instruksi pada pembahasan di bawah.

Baca Juga: Aplikasi Kasir dengan Excel Terbaru yang Mudah Digunakan

2. Cek KTP

Aplikasi kedua merupakan apk dengan nama Cek KTP, yang bisa diunduh secara gratis pada google play  store. Apk ini dapat digunakan untuk melihat informasi lengkap seputar data kependudukan pada KTP berdasarkan NIK. Sedangkan terdapat kemudahan lainnya untuk mengetahui informasi tersebut, yaitu dengan copy paste informasi agar isa melakukan akses secara cepat.

Sedangkan untuk kelebihan lainnya adalah data yang sudah diakses bisa disimpan pada base data apk tersebut. hal ini digunakan untuk memudahkan pengguna ketika ingin melakukan akses terhadap informasi tersebut dikemudian hari. Sehingga tidak perlu mencarinya lagi namun Anda hanya perlu membuka apk dan mendapatkan informasi secara lengkap.

3. DataKu

Pada poin ketiga terdapat aplikasi dengan nama DataKu. Apk ini dapat digunakan untuk mengecek keaslian data dari KTP dan mendapatkan informasi lengkap terkait hal tersebut. namun bukan hanya data pada KTP saja, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian data dari NPWP.

NPWP sendiri merupakan nomor pokok wajib pajak, yang berperan penting dalam proses pembayaran pajak. Datanya diperlukan oleh semua wajib pajak sehingga akan bermasalah jika data tersebut terbukti palsu. Hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan dan unggulan dari apk DataKu tersebut.

Pelayanannya cukup lengkap untuk dinikmati setiap orang. Bukan hanya pengecekan kedua dokumen diatas, namun terdapat beberapa fitur unggulan lainnya. disini pengguna bisa melihat generasi kelahiran, zodiak dan opsi penyimpanan KTP setelah dilakukan pengecekan secara online.

Base data yang dimiliki oleh apk ini berasal dari website resmi pemerintah, yaitu kpu.go.id. hal tersebut membuat informasi yang dihadirkan cukup lengkap dan akurat sehingga bisa dipertanggung jawabkan.

4. KTP Checker

KTP Checker menjadi salah satu layanan pengecekan KTP secara gratis untuk digunakan semua orang. Disini pengguna bisa mendapatkan data berupa kode pos, nama, tanggal lahir, alamat, jenis kelamin dan informasi lainnya secara lengkap. Disini pengguna bisa mendapatkannya secara mudah melalui Google Play Store. Selain itu akses unduh KTP juga bisa dilakukan dengan ukuran file cukup kecil sehingga tidak berpengaruh pada kinerja smartphone Anda.

Baca Juga: Aplikasi Pembukuan Toko Excel Terbaik dan Paling Lengkap

5. Aplikasi Pengecekan Resmi

Nomor lima terdapat aplikasi pengecekan KTP secara resmi, yang bisa diakses oleh masyarakat. aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui identitas pada KTP secara resmi. sebab aplikasi tersebut disediakan oleh layanan DUKCAPIL.

Namun salah satu kekurangannya adalah aplikasi tersebut tidak bisa diakses secara nasional. Sehingga Anda perlu download aplikasi DUKCAPIL sesuai dengan wilayah tempat domisili KTP Anda. Hal tersebut karena setiap daerah cenderung memiliki aplikasi DUKCAPIL nya sendiri. Sehingga akses yang bisa Anda dapatkan cukup terbatas.

Selain itu dapat dipastikan juga bahwa tampilan dan menunya berbeda antara aplikasi satu dengan lainnya. beberapa aplikasi DUKCAPIL beberapa daerah, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

  1. DUKCAPIL Ceria Mobile Padang Pariaman
  2. DUKCAPIL Banjarbaru Mobile
  3. Jenang DUKCAPIL
  4. DISDUKCAPIL Smart Bantul
  5. Dukcapi OPTMA Purbalingga
  6. Si D’nOK – Dukcapil Kota Semarang
  7. Disadmindukcapil Kota Surakarta
  8. Klampid Dispendukcapil Surabaya

Itulah tadi beberapa daftar aplikasi untuk digunakan dalam pengecekan informasi tentang KTP. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Note 3 Terbaik dan Terbaru yang Banyak Digunakan

Cara Download Aplikasi Cek KTP Terbaik untuk Digunakan

Setelah mengetahui beberapa informasi aplikasi pengecekan KTP diatas, maka selanjutnya Anda dapat memilih apk terbaik untuk digunakan. apk tersebut cukup aman digunakan dan pastikan memakainya dengan tujuan baik.

Sebagai informasi tambahan pastikan Anda mengetahui cara download aplikasi tersebut untuk memudahkan dalam hal pemakaiannya. Cara download aplikasi cek ktp juga sangatlah mudah, yaitu:

  • Silahkan masuk pada aplikasi Google play store
  • Lanjutkan dengan memasukkan nama apk tersebut pada kotak pencarian di bagian atas aplikasi
  • Setelah itu klik pada pilihan unduh
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil di pasang pada perangkat
  • Setelah itu buka apk yang terunduh tersebut dan berikan ijin akses
  • Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  • Terakhir silahkan untuk memasukkan nomor NIK 16 digit dari KTP untuk mengetahui informasi lengkapnya
  • Tunggu beberapa saat dan ketika datanya asli maka apk akan menampilkan informasi sama persis dengan data pada KTP yang Anda pegang

Itulah tadi penjelasan lengkap seputar download aplikasi cek KTP yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk menggunakan layanan tersebut secara baik dan pastikan menerapkan beberapa langkah diatas untuk melakukan pengunduhan.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News