Download Aplikasi Kalender Hijriah? Ini Daftar Aplikasinya

14 Likes comments off
download aplikasi kalender hijriah

Pada masa sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi, termasuk kalender hijriah. Anda dapat langsung download aplikasi kalender hijriah untuk Android yang ada di PlayStore. Anda tidak perlu lagi repot mencari dan membeli kalender fisik, cukup dengan buka HP saja semua tanggal hijriah yang ingin Anda lihat sudah tersedia.

Sebagaimana aplikasi lainnya, aplikasi kalender hijriah juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Kalender hijriah sangat diperlukan oleh umat muslim untuk mengetahui hari-hari besar agama Islam dalam satu tahun. Anda bisa melihat tanggal hijriyah hari ini 2021 misalnya dan ada peringatan keagamaan apa.

Rekomendasi Aplikasi Kalender Hijriyah di Android

download aplikasi kalender hijriah
sumber gambar: rancahpost.com

Jumlah aplikasi kalender hijriyah di PlayStore sudah cukup banyak, jadi Anda dapat memilih mana yang mempunyai fitur yang dibutuhkan. Apalagi kebanyakan aplikasi tersebut bisa diunduh dan digunakan secara gratis oleh pengguna Android. Nah, inilah rekomendasi kalender hijriyah di Android yang dapat Anda download dan gunakan.

1. Kalender Hijriyah – Islam

Kalender Hijriyah – Islam menjadi aplikasi kalender hijriyah yang populer dan banyak direkomendasikan. Aplikasi ini tidak hanya menampilkan penanggalan hijriyah saja tapi juga terdapat konversi tanggal masehi. Selain itu, tentu saja berbagai fitur didalamnya yang memudahkan pengguna.

Salah satu fitur andalan pada aplikasi ini yaitu estimasi perayaan hari besar agama Islam, yang bisa disesuaikan dengan penentuan dari Kementerian Agama RI. Ada juga fitur lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu slide bulan sebelum dan sesudahnya.

Baca Juga: Cara 2 Aplikasi BBM Dalam 1 Android yang Terbukti Berhasil

2. Waktu Sholat dan Kalender Islam

Fitur utama pada aplikasi ini adalah kalender Hijriyah dan kalender Gregorian. Namun bukan hanya itu saja, aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur bagus lainnya, seperti Al Quran dan Hadist, fase bulan, cuaca, doa-doa harian, arah kiblat dan tentu saja waktu shalat.

Bagi Anda yang suka sekali bepergian atau traveling sangat cocok kalau download aplikasi kalender hijriah ini karena akan memudahkan Anda dalam melakukan ibadah. Seperti sudah sering dialami oleh banyak orang, seringkali kita bingung kemana arah kiblat untuk shalat ketika berada di tempat yang baru didatangi pertama kali. 

3. Kalender Hijriyah dan Jawa

Buat orang Jawa, ada 3 jenis penanggalan yang mereka gunakan, yaitu masehi, hijriyah dan jawa. Penanggalan jawa sering digunakan untuk menentukan kapan hari baik untuk melaksanakan suatu acara seperti pernikahan, peringatan 7 harian, 40 harian dan sebagainya. 

Sayangnya, penanggalan jawa meskipun juga dicantumkan pada kalender fisik namun angkanya sangat kecil sehingga menyulitkan orang untuk melihatnya. Nah, dengan kalender hijriyah dan jawa, Anda jadi lebih mudah melihat penanggalan jawa yang dikonversi juga dalam masehi. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan fitur untuk menghitung weton Anda, peringatan meninggalnya seseorang misalnya nyatus (100 hari), mendak (1 tahun), nyewu (1000 hari) dan sebagainya.

4. Kalender Hijriyah Offline

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi satu ini berfungsi untuk mengkonversi penanggalan masehi menjadi hijriyah. Ukurannya sangat kecil yaitu 1,6 MB saja sehingga mudah diunduh dan digunakan tanpa memakan banyak ruang pada HP. 

Fitur yang dapat ditemui pada aplikasi Kalender Hijriyah Offline cukup banyak, tidak sekecil ukurannya. Berbagai fitur menarik disematkan pada aplikasi ini diantaranya hari-hari besar Islam, doa-doa, swipe ke bulan tertentu, share ke media sosial dan sebagainya.

Baca Juga: Kenali Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Fiturnya

5. Islamic Calendar (Hijri)

Agar tahu tanggal hijriyah hari ini 2021 dengan mudah Anda bisa mengunduh aplikasi Islamic Calendar (Hijri). Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini termasuk yang memiliki fitur cukup lengkap sebagai kalender hijriyah. Tidak hanya mengkonversi masehi ke hijriyah saja tetapi juga hal lainnya.

Aplikasi ini menyediakan juga fitur hafalan Al Quran, sehingga sangat membantu Anda yang memang sedang belajar untuk menjadi hafiz. Fitur unggulan lainnya yaitu kalkulator zakat, jadwal puasa, Asmaul Husna, arah kiblat, perhitungan tasbih dan lain sebagainya.

6. Hijri – Jam Islam Widget

Aplikasi ini menyediakan beberapa bahasa yang dapat Anda pilih, yaitu Indonesia, Malaysia, Hindi, Turki, Inggris dan lain-lain. Aplikasi ini sangat bisa diandalkan jika Anda ingin mengetahui tanggal hijriyah hari ini 2021. Anda akan memperoleh jawabannya dengan lengkap tanpa harus repot mencari tanggalan fisik.

Seperti namanya, aplikasi satu ini dapat ditambahkan widget pada layar utama HP Anda. Ukurannya juga termasuk kecil, hanya 1,9 MB saja sehingga tidak akan menghabiskan memori penyimpanan HP.

7. Kalender Hijriyah Pasaran

Mirip dengan Kalender Hijriah Jawa, aplikasi ini juga diperlukan oleh orang Jawa untuk membantu mereka menghitung penanggalan tertentu. Pasaran yang dimaksud pada nama aplikasi ini bukan memiliki pengertian murahan, tetapi pasaran dalam penanggalan jawa.

Pasaran dalam penanggalan jawa yaitu pon, wage, kliwon, legi dan pahing yang biasanya digunakan dalam perhitungan weton. Aplikasi kalender ini akan mengkonversi penanggalan dalam tahun hijriyah ke dalam penanggalan jawa dengan mudah.

8. Hijriyah Kalender Islam 2020

Banyak fitur istimewa yang bisa ditemui pada aplikasi Hijriyah Kalender Islam 2020 ini. Fitur utamanya memang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis yaitu konversi penanggalan masehi ke hijriyah. Akurasi perhitungan kalender melalui aplikasi ini termasuk akurat. 

Namun, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur lainnya yang sayang kalau dilewatkan. Contohnya, fitur untuk menghitung usia Anda menurut penanggalan hijriyah. Cara menggunakannya mudah saja, masukkan tanggal lahir masehi dan otomatis akan dikonversi dalam penanggalan hijriyah. 

Fitur lainnya yang tidak kalah bagus yaitu koreksi manual, berbagai pilihan bahasa (multilingual), widget pada layar utama, pergi ke tanggal-tanggal tertentu dan sebagainya. Hanya saja memang beberapa fitur pada aplikasi ini berbayar.

Baca Juga: Aplikasi Keren Setelah Root Android Terbaik dan Tercanggih

9. Kalender Hijriyah – Masehi

Aplikasi ini mengkonversi penanggalan hijriyah ke masehi dan sebaliknya. Dalam menentukan estimasi jatuhnya hari besar Islam, aplikasi ini bekerja menyesuaikan dengan perhitungan hisab. Fitur lainnya bisa Anda pakai untuk memperlancar ibadah, seperti dzikir, shalawat, Al Quran online, Asmaul Husna dan sebagainya.

Tidak usah menunggu lama lagi, langsung saja Anda download aplikasi kalender hijriah sesuai keinginan dan kebutuhan. Aplikasi-aplikasi tersebut telah tersedia di PlayStore dan dapat Anda gunakan pada perangkat Android untuk menunjang aktivitas keagamaan Anda maupun membantu menghitung hari-hari besar Islam. Manfaatkan fitur yang ada sebaik-baiknya untuk memudahkan aktivitas Anda.

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News