Cara Download Aplikasi Screenshot untuk HP yang Mudah

10 Likes comments off

Memberikan informasi melalui screenshot sudah menjadi hal yang lazim saat ini. Hanya saja kadang ada bagian yang harus terpotong karena keterbatasan layar. Bagaimana cara mengatasinya? Silahkan download aplikasi screenshot untuk HP yang telah banyak tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut akan membantu kita lebih mudah mengambil capture atau screenshot dari HP.

Kebanyakan HP menggunakan tombol power dan volume yang ditekan bersamaan untuk mengambil screenshot. Namun perlu diketahui, tombol power cukup rawan dengan kerusakan apalagi kalau terlalu sering ditekan. Oleh sebab itu, sebaiknya memang menggunakan aplikasi screenshot saja kalau ingin mengambil tangkapan layar.

Download Aplikasi Screenshot untuk HP

download aplikasi screenshot untuk hp
sumber gambar: djawanews.com

Menggunakan aplikasi dari pihak ketiga adalah solusi tepat bagi mereka yang kerap mengambil gambar tangkapan layar tetapi tidak ingin merusak tombol power. Aplikasi screenshot dari pihak ketiga yang ada di Play Store, tidak membutuhkan penekanan pada tombol power untuk mengambil capture dari HP.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi screenshot untuk HP yang bisa dicoba.

1. Screenshot Capture

Screenshot capture merupakan aplikasi di Android gratis yang bisa digunakan kapan saja untuk mengambil tangkapan layar. Tampilan capture seperti apapun yang diinginkan dapat dilakukan lebih mudah dengan aplikasi yang satu ini.

Bahkan untuk memudahkan pengguna, tangkapan layar dapat diambil hanya dengan menggoyangkan HP saja. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu mampu mengambil tangkapan layar halaman situs secara utuh. Hasilnya, gambar yang jernih dan sangat jelas.

2. Easy Screenshot

Berikutnya ada Easy Screenshot yang bisa digunakan pada berbagai macam perangkat, seperti Android, tablet maupun iPhone. Cara untuk menggunakan aplikasi ini juga tergolong mudah, tidak perlu lagi harus menekan tombol power dan volume.

Tinggal klik pada menu “Start” yang ada pada aplikasi maka dengan sendirinya HP akan mengambil tangkapan layar. Meskipun cara penggunaannya termasuk sederhana tetapi fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini cukup lengkap. Pengguna tidak hanya bisa mengambil screenshot saja, tetapi juga dapat mengeditnya, seperti memotong gambar, menambahkan teks dan sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Musik Android Offline Terbaik Wajib Diinstal 

3. Screenshot Touch

Aplikasi screenshot yang tidak kalah mudah dalam penggunaannya adalah Screenshot Touch. Tinggal masuk ke menu aplikasi, klik “Start capture monitoring service” dan HP otomatis melakukan screenshot. Setelah itu hasil capture dapat langsung dibagikan ke akun media sosial, misalnya FB, IG, Twitter dan lain-lain. 

Cara membagikan hasil tangkapan layar ke media sosial juga gampang saja. Klik pada menu “Bagikan” dan tangkapan layar sudah akan terposting ke media sosial.

4. Screenshot Pro

Bisa dibilang bahwa aplikasi untuk screenshot dari HP yang satu ini cara kerjanya lebih sederhana daripada yang lainnya. Dengan aplikasi Screenshot Pro, kita tidak perlu bersusah payah untuk mengambil tangkapan layar HP, cukup pakai tombol volume saja. Kalau tidak ingin memakai tombol volume, masih ada cara lain yaitu dengan memanfaatkan pintasan layar yang ada. 

Screenshot Pro menekankan pada fungsi, sehingga hanya fitur-fitur inti dan dasar saja yang disediakan. Artinya, hanyalah fitur-fitur yang kebanyakan memang digunakan orang untuk mengambil tangkapan layar. Fitur-fitur inti dan penting yang dimaksud diantaranya yaitu fitur pemotong gambar, pensil untuk menambahkan teks atau tulisan dan mozaik.

5. Screen Master

Kalau ingin mengambil tangkapan layar yang hasilnya sangat memuaskan, cobalah unduh dan gunakan Screen Master. Hanya saja memang aplikasi ini tidak gratis alias pengguna harus membayar. Namun sekalipun berbayar, nyatanya aplikasi Screen Master ini digunakan oleh lebih dari 5 juta orang.

Aplikasi Screen Master lebih direkomendasikan untuk dijalankan pada perangkat yang telah di root. Memang bisa digunakan pada gadget yang tidak di root namun hasilnya mungkin tidak begitu optimal. 

Aplikasi yang mampu meraih rating 4,7 di Play Store ini disebut-sebut memiliki keunggulan yang tidak dipunyai aplikasi sejenis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menempelkan gambar lain di atas hasil tangkapan layarnya. Penasaran? Langsung saja download aplikasinya.

Baca Juga: Aplikasi Android Mengganti Wajah Orang Lain yang Canggih

6. Screenshot by Icondice

Cara download aplikasi screenshot untuk HP pada dasarnya sangat mudah, hanya tinggal pilih aplikasinya lalu instal di perangkat dan gunakan. Salah satunya adalah aplikasi Screenshot yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Icondice. Mengoperasikan aplikasi Screenshot ini bukanlah pekerjaan yang sulit, tanpa harus menekan tombol power. 

Kalau ingin mengambil tangkapan layar, tinggal tekan saja pada icon yang berada di samping sebelah kanan hingga beberapa detik. Kalau sudah, maka otomatis tangkapan layar akan tersimpan dalam galeri HP. Mudah dan praktis bukan? 

Tetapi ada satu hal penting yang harus dicatat kalau ingin mendownload dan menggunakan aplikasi ini. Screenshot by Icondice adalah aplikasi screenshot untuk HP yang hanya bisa digunakan pada perangkat yang telah di root.

7. Screenshot Ultimate 

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama Screenshot Ultimate. Sama halnya dengan aplikasi Screen Master, pengguna juga harus membayar kalau ingin menggunakannya. Aplikasi ini kompatibel dan support pada perangkat apapun, baik smartphone ataupun tablet Android. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Screenshot Ultimate dapat dioperasikan pada perangkat yang telah di root ataupun yang belum. 

Namun, hasil yang optimal akan didapatkan dari perangkat yang sudah di root. Aplikasi ini menawarkan keunggulan yang tidak main-main, yaitu tersedianya 16 macam metode yang berbeda untuk mengambil tangkapan layar. Sebagaimana aplikasi berbayar pada umumnya, Screenshot Ultimate juga menyediakan fitur yang sangat lengkap dan beragam. Pengguna bisa melakukan editing pada hasil tangkapan layar dan memilih format penyimpanannya, apakah PNG atau JPEG.

Baca Juga: Aplikasi Edit Lagu DJ Android Terbaik yang Mudah Digunakan

8. Tangkapan Layar Mudah

Namanya saja sudah mengesankan kemudahan dalam mengambil tangkapan layar. Aplikasi ini menyediakan beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengambil screenshot. Beberapa cara pengambilan tangkapan layar pada aplikasi ini misalnya dengan menggoyang-goyangkan HP, menekan icon, menekan tombol power dan sebagainya.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga tidak memerlukan perangkat dengan spek mumpuni. Smartphone dengan OS Android minimal versi 4.0 (KitKat) saja sudah mendukung. Aplikasi yang mudah dan sederhana ini juga dapat dijalankan pada perangkat yang sudah di root maupun yang belum. 

Itulah tadi cara download aplikasi screenshot untuk HP dan beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan. Dengan aplikasi dari pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar (screenshot), maka kita tidak lagi harus terlalu sering menekan tombol power yang bisa menyebabkannya menjadi lebih mudah rusak.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News