Fungsi Fakta Dalam Berita Adalah Sebagai Berikut

Fungsi Fakta Dalam Berita Adalah Sebagai Apa? Ini Fungsinya

0

SikalemFungsi fakta dalam berita adalah sebagai apa? Apakah tanpa fakta berita dapat berjalan dengan baik? Disini kita akan tahu apa fungsinya fakta dalam sebuah berita yang membuat kamu bertanya.

Disisi lain banyak orang yang tidak bisa membedakan mana fakta dan mana opini dan bahkan hoaks, sehingga fungsi fakta dalam berita adalah terdepan dalam pembuatan sebuah berita.

Berita tidak boleh dibuat sembarangan, harus dengan menyematkan kalimat-kalimat yang berfungsi sebagai bahan dalam isinya, seperti penambahan 5W+1H.

Apa itu Fakta Dalam Berita?

Fakta harus dimuat dalam sebuah berita, hal ini tentunya akan membuat berita benar-benar seperti pada kejadian, yang tertulis adalah apa yang sesuai dengan kejadian.

Kamu musti tahu banget fungsi fakta dalam berita adalah sebagai apa, maka disini nanti akan dijelaskan.

Langsung saja kamu lihat dibawah ini merupakan kunci jawaban dari fungsi fakta dalam sebuah berita yang tertulis, yang terdengar, maupun dalam bentuk apapun medianya.

Fungsi Fakta Dalam Berita

Fungsi fakta dalam berita adalah untuk menguatkan kebenaran informasi dalam berita, hal tersebut karena fakta sendiri artinya kebenaran, maka dengan fakta berita yang dimuat benar-benar sesuai dengan kejadian.

Dalam hal pembuatan berita, fakta sangat penting untuk dijelaskan, tidak boleh tidak dengan fakta, kecuali kalau berita yang dimuat adalah opini semata.

Fakta Dalam Berita
Fakta Dalam Berita, Foto : Istimewa

Baca juga : 2 Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi

Baca juga : 15 Kegunaan Berita Bagi Pelajar, Semakin Pintar

Namun jika misalnya kamu menulis dan membeberkan berta tentang terjadinya gempa hebat di salah satu daerah, maka kamu buat berita seperti kejadian tersebut sesuai dengan fakta atau kebenaran.

Tidak boleh memuat berita melebih-lebihkan dan atau mengurangi dari apa kejadian yang sebenarnya.

Guna membuat orang meyakini kejadian tersebut bahwa benar adanya, kalau tidak seperti dengan kejadian, kamu sangat berdosa, karena telah menipu orang banyak yang melihat atau membaca berita yang telah kamu buat.

Struktur Fakta Dalam Berita

Kamu sebaiknya tidak semena-mena dalam menerbitkan berita yang sudah kamu dapat, kalau sudah kamu rangkum, simak kembali apakah berita sudah sesuai dengan fakta atau belum?

Kalau belum sesuai, jangan kamu terbitkan, biar orang yang membacanya nyaman dan tidak terjadi hal-hal buruk, kalau tidak sesuai dengan fakta berarti kamu telah memberikan berita hoaks kepada orang lain.

Akibat dari hoaks yang menyebar, mungkin orang-orang akan terdiam dan akan melakukan sesuatu-sesuatu yang buruk akibat berita yang kamu muat tidak sesuai dengan fakta.

Struktur fakta disaat kamu menerbitkan sebuah berita itu sangat penting, tak hanya kaidah-kaidah bahasa yang baik, tapi juga harus menerbitkan sebuah berita sesuai dengan kejadian yang sebenarnya, tidak boleh di lebihkan dan kurangi.

Sahabat kalem, jadi jawabannya sudah kita dapatkan bahwa fungsi fakta dalam berita adalah sesuai dengan yang dijelaskan diatas, jadi jangan pernah membuat berita tidak sesuai dengan fakta, kecuali kalau kamu bikin opini.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.