Fungsi Lagu Pengiring Dalam Tari Adalah Berikut Ini

Lihat Dibawah Ini Fungsi Pengiring Dalam Tari

0

Sikalem – Banyak yang bertanya-tanya, fungsi lagu pengiring dalam tari adalah sebagai apa? Sedangkan setiap tari pasti diiringi dengan sebuah musik yang mana musiknya bisa berbentuk apa saja sesuai tema dalam tari yang dilakukan.

Disini hanya akan dijelaskan fungsi lagu pengiring dalam tari adalah apa saja, untuk kamu ketahui sebagai penunjang informasi dan kebutuhan serta untuk menjawab soal ujian.

Lagu Pengiring Dalam Tari

Lagu Pengiring Dalam Tari
Seni Tari, Foto : Istimewa

Sudah rahasia umum bahwa tari identik dengan musik, setiap dari yang diambil dari berbagai daerah pasti akan diiringi dengan musik-musik tertentu, namun apakah kamu tahu alasannya kenapa?

Tentu saja bukan tanpa alasan, karena ada berbagai fungsi lagu pengiring dalam tari yang juga menjadi kesan tersendiri ketika penonton melihat langsung tari yang dilakukan oleh para penari.

Sedangkan, tidak semua orang paham bahwa musik dalam tari itu sama sekali tidak ada fungsinya. Bahkan banyak orang-orang yang bertanya, kenapa kok setiap tari ada musiknya? Memangnya apa fungsinya?

Pertanyaan seperti itu sudah tidak asing lagi, pasti ada pertanyaan yang membuat kita harus mencari tahu alasannya.

Baca juga : Jenis Lagu yang Iramanya Dinyanyikan Dengan Penuh Semangat

Fungsi Lagu Pengiring Dalam Tari

Utamanya Fungsi lagu pengiring dalam tari adalah untuk memberikan tuntunan irama, tempo dan ketukan, disisi lain lagu juga berfungsi sebagai ilustrasi, pendukung suasana dan menguatkan ekspresi tari.

Namun faktanya, tak hanya itu saja, melainkan ada banyak sekali fungsi dari lagu yang dimasukkan kedalam seni tari, pantas saja tari identik dengan lagu yang diiramakan ya.

Fungsi Lagu Pengiring Dalam Tari
Fungsi Lagu Pengiring Dalam Tari, Foto : Istimewa

Musik Dalam Tari Berfungsi Sebagai Iringan Ritmis

Musik yang digunakan ketika orang-orang sedang menari ternyata menambah kesan sebagai iringan ritmis, meskipun kita tahu bahwa ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu.

Mendukung Suasana dan Ilustrasi

Dengan ditambahkannya musik, maka suasana akan lebih hingar, ilustrasi yang digunakan dalam tari tergambarkan ketika diiringi dengan musik, oleh karena itu pemilihan musik juga tidak sembarangan ya.

Agar Para Penari Lebih Memahami Tarian

Dalam menari tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan, sehingga fungsi lagu pengiring dalam tari adalah untuk membuat penari lebih memahami tarian-tarian dan gerakan-gerakan. Ini yang menjadi fungsi utama yang dijelaskan diatas ya, untuk tempo atau ketukan.

Musik Berfungsi Menguatkan Ekspresi Tari

Ekspresi tari sangat penting, bagaimana tarian akan menambah kesan yang baik kalau enggak ada ekspresi tertentu? Sedangkan musk dalam tari akan menguatkan ekspresi yang lebi baik dan lebih bagus lagi.

Mengkombinasikan Secara Harmonis

Kamu perlu tahu juga bahwa musik dalam tari ini dapat mengkombinasikan secara harmonis antara iringan ritmis dan ilustrasi.

Baca juga : Bernyanyi Dengan Satu Suara Disebut Unisono, Ini Pengertiannya

Sahabat kalem, mungkin kamu sekarang sudah paham dan sudah tahu ya apa saja fungsi dari musik itu sendiri sehingga identik dengan tarian apapun.

Seperti yang sering kamu lihat tarian-tarian tradisional identik dengan musik, maka dari itu ternyata ada fungsi khusus yang wajib kamu ketahui juga.

Dan itulah berbagai fungsi lagu pengiring dalam tari adalah apa yang sudah saya tuliskan diatas guna menambah pengetahuan kamu tentang seni, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.