Fungsi Tema Dalam Menulis Puisi

Fungsi Tema Dalam Menulis Puisi Adalah?

0

Bisa dikatakan, puisi ataupun sajak tidak akan sempurna tanpa tema yang dibahas, lalu sebenarnya apa fungsi tema dalam menulis puisi?

Dan, dalam sebuah pertanyaan, mungkin bahasa Indonesia, kamu diberikan soal “fungsi tema dalam penulisan puisi adalah?. Tentu kamu harus menjawab dengan tepat.

Sehinga, admin pun menyadari hal itu, minimnya pembahasan akan sangat sulit untuk dicerna dan dipahami, karena tak hanya untuk menjawab soal ujian semata.

Pengertian Tema

Tema adalah gagasan utama atau pokok dalam sebuah penulisan suat hal, atau lebih singkatnya tema merupakan topik apa yang kita bahas dalam tulisan tersebut.

Contohnya sebuah buku yang ditulis, misalnya buku Novel, itu harus ada tema yang akan dibahas untuk menyempurnakan bacaan novel tersebut.

Kalau gak ada tema, mungkin tidak akan sempurna, dan bisa jadi suatu catatan atau tulisan tidak akan pernah nyambung.

Sama halnya dengan sebuah puisi, kita harus membuat tema terlebih dahulu, kira-kira apa sih tema yang akan kita bahas dalam puisi tersebut?

Baca juga : Pengertian Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Fungsi Tema Dalam Menulis Puisi

Seperti pengertian tema yang merupakan gagasan atau topik utama, fungsi tema dalam menulis puisi adalah untuk memberi gambaran pada puisi yang akan ditulis, serta memudahkan kita dalam menulis puisi agar hasilnya sempurna.

Jika temanya menarik, puisi akan mendapatkan nilai plus, begitupun dengan sebaliknya.

Puisi yang ditulis nantinya akan mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar, ketika temanya sudah ditentukan. Tanpa adanya tema, sulit rasanya untuk memberi gambara terkait puisi tersebut.

Seperti mungkin contoh, kamu harus membuat puisi tentang perjuangan, nah tema yang akan kita bahas ini adalah perjuangan.

Maka, dengan ini para pendengar puisi nantinya akan melihat gambaran-gambaran yang sempurna dari sebuah puisi bertemakan perjuangan tersebut.

Maka demikian, tema dalam penulisan puisi sangat penting agar puisi berjalan dengan sempurna, karena kalau tidak ada tema, puisi yang kita tulis dan kita baca tidak akan menarik perhatian.

Baca juga : Pengertian Ide Pokok Bacaan Serta Fungsi Ide Pokok Bacaan

Kesimpulan

Simpulnya, tema pada puisi adalah kunci utama yang akan kita bahas, seperti yang admin bahas ini tema artikelnya atau topik artikelnya adalah fungsi atau manfaat puisi.

Sudah kamu paham bukan? Maka kamu dapat menjawa soal ujian dengan maksimal, admin yakin kamu akan mendapatkan jawaban yang benar berdasarkan yang sudah admin sampaikan.

Demikian fungsi tema dalam menulis puisi adalah gambaran utama yang dihasilkan oleh penulis, hingga akhirnya mudah dimengerti oleh pendengar serta mendapatkan nilai lebih.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.