12 Fungsi Tulang Betis Manusia, Apa Saja?

0 14

Kita akan mencari tahu apa saja fungsi tulang betis yang ada pada betis kita. Mungkin kita sudah tahu kalau tulang betis berfungsi sebagai penahan tubuh kita, tanpa adanya tulang, bagaimana kita bisa berdiri?.

Baik, admin sudah menemukan setidaknya ada 9 fungsi tulang betis kita yang sebenarnya tidak kita sadari. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus menjaga kesehatannya setelah tahu apa saja fungsinya.

Fungsi Tulang Betis

Fungsi Tulang Betis
Gambar/rumus.co.id

Fungsi utama tulang betis sebagai pelindung kaki, menopang tubuh, pelekat lutut, pendukung tulang kering hingga membantu kita agar bisa berdiri. Namun tidak hanya itu saja ternyata, ada banyak sekali fungsi tulang besi yang sudah admin rangkum, berikut daftarnya.

Baca Juga : 7 Fungsi dan Manfaat Sabun Dosting Untuk Wajah, Amankah?

1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Betis kita hanya memiliki dua, yaitu kiri dan kanan, keduanya memiliki tulang yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Dengan adanya tulang betis, keseimbangan tubuh akan tetap terjaga dan tidak goyah.

2. Mengatur Gerak Tubuh Saat Berjalan

Selain menjaga keseimbangannya, kedua tulang betis dapat mengatur gerak tubuh ketika kita sedang berjalan. Ya benar sekali, gerak tubuh akan diatur keseimbangannya pada saat kita melakukan perjalanan.

3. Menopang Berat Tubuh

Mungkin tubuh kita sangat berat, bayangkan kalau tidak ada tulang betis? Bagaimana kita bisa beraktivitas? Sehingga fungsi tulang tubuh berperan dalam penopang berat tubuh manusia.

4. Mendukung Tulang Kering

Tulang kering memang berkaitan erat dengan tulang betis, sehingga dia akan didukung oleh tulang betis. Jika tidak, kemungkinan besar akan terjadi masalah jika tanpa adanya tulang betis.

5. Mendukung Oto Kaki

Selain itu, tulang betis juga mendukung seluruh otot yang ada di bagian bawah kaki. Ya, dia memiliki peran penting dalam permasalahan tersebut.

6. Melindungi Kaki

Tidak akan bisa melakukan aktivitas tanpa adanya tulang betis. Kaki yang ada pada tubuh kita akan dilindungi oleh tulang betis, apalagi pada saat terjadinya benturan, dia memiliki peran yang sangat penting.

7. Menggerakkan Lutut

Lutut yang berdekatan dengan tulang betis ternyata dibantu juga pergerakannya dengan tulang tersebut. Mungkin kita akan kesusahan menggerakkan lutut jika tidak ada tulang betis.

8. Menstabilkan Kaki Bawah

Kaki bawah pada tubuh kita tidak akan stabil jika tidak ada tulang betis. Itu berarti dia memiliki peran yang sangat penting dalam penstabilan kaki kita, baik itu saat berjalan maupun saat duduk atau tidur.

9. Melekatkan Lutut

Fungsi tulang betis pun berperan dalam pelekatan bagian lutut. Selain dapat menggerakkan, lutut juga akan dilekatkan oleh adanya tulang betis.

10. Melekatkan Tulang Pergelangan Kaki

Selain melekatkan lutut, tulang pergelangan kaki pun akan kesulitan berfungsi jika tidak dibantu pelekatannya dengan tulang betis, jadi itu akan sangat berpengaruh terhadap gerak kaki.

11. Menyimpan Garam Mineral

Garam mineral dalam tubuh ternyata memiliki hubungan erat dengan tulang betis. Seperti fungsinya yang ternyata dapat menyimpan garam mineral didalam tubuh kita.

12. Tempat Pembentukan Sel Darah Merah

Mungkin kita tidak menyadari kalau sel darah merah dibagian kaki atau betis dibentuk dan ditempatkan pada tulang betis. Ya itu merupakan fungsi tulang betis yang paling penting dalam tubuh kita.

Mungkin itulah manfaat yang sudah admin rangkum dalam pembahasan kali ini. Namun admin tidak sampai disini saja, kita juga akan mengetahui anatomi tulang betis agar kamu lebih banyak mendapatkan wawasan.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Anatomi Tulang Betis

Anatomi Tulang Betis
Gambar/id.quora.com

Tulang betis terletak pada tempurung lutut dan diantara tulang pergelangan kaki. Tulang betis juga bisa disebut sebagai Fibula yang strukturnya panjang hingga batas pergelangan kaki.

Ada tonjolan tulang terhadap struktur tulang betis yang disebut dengan Lateral Malleolus. Tempatnya berada di luar sandi pergelangan kaki sehingga akan mudah dirasakan.

Jadi, itulah yang dapat admin sampaikan mengenai fungsi tulang betis yang memang tidak banyak orang mengetahuinya, setelah kamu membaca artikel ini, akhirnya kamu tahu juga fungsinya.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.