Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Akan Membeli iPhone Bekas

Mau Beli iPhone Bekas? Perhatikan Dulu Hal-hal Penting Berikut Ini

0

Sikalem – Meskipun iPhone dibanderol dengan harga yang luar biasa, sehingga tidak semua orang dapat menikmatinya kecuali iPhone bekas atau second yang sudah tidak lagi dipakai oleh pengguna sebelumnya.

Orang-orang yang paham akan teknologi iPhone tidak merasa dirugikan, selain karena kuantitas, tapi kualitas juga sangat oke, hal itulah yang membuat ponsel asal Amerika Serikat ini dijual mahal.

Pada awal peluncuran, iPhone selalu di banderol dengan harga lebih dari Rp. 10 juta, bahkan hingga Rp. 30 juta untuk harga baru.

Namun hal itu tidak membuat orang merasa rugi, faktanya, di Indonesia saja kalangan-kalangan mewah mampu memiliki flagship mewah besutan Apple ini.

Namun, bagi kalangan bawah, faktanya sulit untuk mendapatkan ponsel baru, tetapi ada hal yang membuat mereka dapat memilikinya dengan membeli iPhone seceond atau bekas.

Saat kamu akan membeli iPhone second, sebaiknya tidak boleh sembarangan, coba kamu perhatikan hal-hal berikut agar tidak kecewa dan tidak menyesal saat membelinya.

Harga iPhone Bekas

Harga iPhone Bekas
iPhone XR, Foto : Istimewa

iPhone bekas dijual dengan harga jauh lebih murah, 80% harga dari awal peluncuran turun, contonhya saja harga iPhone 8 plus yang awalnya dijual belasan juta, sekarang bisa didapatkan dengan harga cukup 3-5 jutaan saja.

Tapi, kalau kamu tertarik untuk membelinya, tidak boleh sembarangan, hal itu dikarenakan iPhone bekas memilki beberapa kemungkinan, yaitu:

  • Garansi Ex Internasional, yang artinya iPhone yang dijual di pasaran luar negeri, bukan dari Indonesia, harga yang ditawarkan jauh lebih murah, tapi ingat ponsel iPhone garansi ex internasional bukan garansi resmi di Indonesia.
  • Garansi Ex iBox, namun jarang orang-orang mendapatkan iphone dengan garansi Ex iBox, alias resmi yang dijual di pasaran Indonesia, karena harganya jauh lebih mahal.
  • iPhone refurbish atau disebut juga rekondisi merupakan iPhone yang ditarik kembali oleh Apple dari pelanggan, karena memiliki kerusakan pada part-partnya, sehingga Apple memperbaiki dan menjual kembali dengan harga lebih rendah.

Kemungkinan hal tersebut penting untuk kamu perhatikan, karena harga yang dijual tentunya lebih murah akan tetapi kita sudah pasti penasaran dengan kualitasnya yang dimungkinkan rendah juga.

Sehingga, pada saat kamu akan membeli iPhone bekas, kamu pastikan dulu bahwa iPhone tersebut masih Original atau sudah refurbish, biasanya terdapat pada kode M dan N pada serinya, lalu juga garansi pertanyakan apakah inter atau ibox.

Baca juga : 2 Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan Internet

Tips Membeli iPhone Bekas

Tips ini wajib kamu perhatikan, hal-hal penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli iPhone bekas sangat wajib kamu ketahui, hal tersebut nantinya agar kamu tidak menyesal karena kemungkinan akan ada hal yang menyebabkan kamu menyesalinya.

iPhone 12
iPhone 12, Foto : Istimewa
  • Pastikan Kamu Tahu Garansinya

Pada penjelasan diatas sudah saya katakan, ada dua kemungkinan garansi yaitu iBox dan Inter. Inter dijual lebih murah, namun iBox 2 kali lipat biasanya, karena memang itu garansi resmi Apple yang dijual di pasaran Indonesia.

Garansi inter juga enggak masalah kok, tapi kadang jaringannya tidak dapat digunakan, pastikan kamu mendapatkan garansi sinyal seumur hidup dari pihak penjualnya.

  • Perhatikan Kondisi Baterai

Selain garansi, kamu juga harus memperhatikan kondisi baterai pada iPhone bekas yang akan kamu beli. Carilah iPhone yang keseahtan baterainya diatas 85%, karena kalau dibawahnya kualitas baterai sudah jelek.

Artinya, baterai iPhone tidak bisa kamu gunakan dalam jangka panjang, kalau masih diatas 85% masih aman dan masih dapat digunakan dalam waktu yang lebih leluasa.

  • Pastikan 3tools Masih Hijau

Biasanya, iPhone yang partnya sudah diganti akan banyak masalah, salah satunya cepat panas. Seperti pada pergantian kamera yang sangat berpengaruh, jika kamera yang diganti itu dengan kamera KW atau OEM, maka iPhone sering panas.

Cara menemukannya apakah iPhone sudah diganti partnya atau belum? Dapat kamu lhat pada 3tools, disana akan dijelaskan mana saja yang sudah di ganti, jika masih hijau 100% berarti belum ada yang diganti. Kamu juga dapat melihat daftar nama-nama partnya, biasanya ada tuh mana saja yang sudah diganti.

  • Jangan Mengharapkan Kondisi Lebih Baik

Namanya bekas, sudah pasti pemakaian orang lain, bahkan bisa jadi iPhone sudah pernah diservis, sudah pernah jatuh, dan hal-hal lainnya. Sehingga kamu enggak perlu mengharap kualitasnya asli sesuai dengan spesifik iPhone itu sendiri.

Kalau kamu mau yang pasti-pasti, maka belilah iPhone yang masih baru. Tapi kadang yang bekas juga sangat bagus, asalkan kita pintar dalam memilih dan memilah iPhone itu sendiri.

  • Perhatikan Kamu Tahu Apa Itu SU dan FU

Lebih baik kamu pilih yang FU saja (Factory Unlock) karena kartu masih aman digunakan, sedangkan SU (Softwere Unlock) yang di buka menggunakan Softwere.

Sebelumnya di lock atau dikunci oleh pabrik, dan dibuka dengan cara jailbreak, jadi lebih aman FU ketimbang SU, kamu tanyakan kepada sellernya ya.

  • Perhatikan Kode Garansi iPhone

Dipasaran Indonesia, ada beberapa ponsel garansi Internasional, seperti dari Malaysia, Singapura, Eropa, dan masih banyak lagi. Maka, kamu perhatikan beberapa kode ini agar tahu dari negara mana asal iPhone yang kamu beli.

  1. LL/A = Amerika
  2. X/A = Australia
  3. ZP/A = Singapura dan Hongkong
  4. MY/A = Malaysia
  5. PA/A = Indonesia
  • Pastikan IME Aman

Tapi kadang mereka menjual iPhone hasil refurbish, padahal mereka mengatakan bahwa iPhone itu adalah garansi Internasional, makanya kamu harus pintar dan jeli saat ingin membelinya.

Kemudian pastikan bahwa IMEI aman dan masih dapat digunakan di Indonesia, karena IMEI sangat penting untuk menggunakan kartu.

  • iCloud Seharusnya Kosong

Kalau kamu membli iPhone dengan iCloud yang terkunci, jangan harap iPhone dapat kamu nikmati, pastikan iCloud dari iPhone yang akan kamu beli kosong dan aman. Sehingga kamu nanti berhasil memiliki iPhone yang aman dan nyaman.

Baca juga : Mulai September, Hp Samsung Ini Tidak Bisa Menggunakan YouTube dan Google

Nah sahabat kalem jadi sebaiknya kamu perhatian hal-hal diatas pada saat akan membeli iPhone second atau bekas, karena kalau enggak kamu perhatikan, nanti kamu bakalan menyesal dan pasti kamu tidak dapat menikmati iPhone sesuai dengan harapan kamu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.