10 Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

1 Like Comment
Hewan terbesar di dunia

Mungkin kamu sudah tahu bahwa Paus adalah jenis hewan terbesar di dunia yang berada di laut, atau disebut dengan hewan mamalia yang ukurannya tak terbendung.

Tapi, kamu jangan mengklaim bahwa paus adalah satu-satunya hewan terbesar di dunia, karena ada banyak hewan yang ukurannya besar selain mamalia itu.

Gajah, ternyata ada gajah yang ukurannya lebih besar daripada gajah yang sering kita lihat. Beserta ke 10 hewan paling besar yang ada di dunia versi Sikalem, berikut ini.

Baca Juga : Penemuan Fosil Hewan Tertua yang Pernah Hidup

10 Hewan Terbesar di Dunia

Bukan hanya Paus dan Gajah saja yang ukurannya sangat besar. Ada banyak hewan yang malah ukurannya melebihi mamalia tersebut. Penasaran apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Ular Titanoboa

Titanoboa
Titanoboa

Titanoboa adalah ular yang ukurannya sangat besar, bahkan melebihi raja piton. Panjang ular ini mencapai 13 meter dengan berat hingga 1 ton lebih. Jelas, Titanoboa merupakan ular terbesar sepanjang masa.

Jika kita membandingkan dengan piton terpanjang, ular tersebut hanya berukuran 10 meter saja. Atau dengan anaconda hijau yang beratnya hanya 250 kilogram saja, jadi keduanya masih kalah dengan Titanoboa.

2. Ular Piton

Ular Piton
Ular Piton

Ular piton sebenarnya terbagi menjadi beberapa bagian, mulai dari terbesar hingga terkecil. Namun, bisa di pastikan bahwa ular piton merupakan jenis ular terbesar di dunia.

Meskipun memang tergolong rendah dengan dari Titanoboa, melihat dari ukurannya yang mencapai 10 meter dan berat hingga 250 kilogram bisa dipastikan bahwa ini adalah hewan yang sangat besar.

3. Paus Biru

Paus Biru
Paus Biru

Hingga saat ini, Paus Biru (Blue Whale) masih tercatat sebagai mamalia terbesar yang ada di dunia sepanjang masa. Ukurannya yang panjang hingga 33 meter dengan bobot mencapai 181 ton, Paus Biru adalah hewan terbesar.

Bahkan, hewan darat pun masih kalah oleh Paus Biru, kita lihat Titanoboa sebagai hewan daratan dari jenis ular yang hanya memiliki berat 1 ton saja, bayangkan perbedaan dengan Paus Biru, tentu saja masih kalah.

4. Gajah Afrika

Gajah Afrika
Gajah Afrika

Gajah Afrika tidak seperti gajah yang sering kita temukan, lantaran Gajah Afrika memiliki ukuran 10 meter lebih dengan berat hingga 6.000 kilogram lebih memastikan bahwa Gajah Afrika adalah hewan terbesar di dunia.

Gajah Afrika pun masih sama halnya seperti Paus Biru yaitu sebagai hewan mamalia, namun lain tempat. Gajah Afrika ini hewan darat yang ukurannya tidak akan terkalahkan.

5. Jerapah

Jerapah
Jerapah

Jerapah yang biasa juga disebut dengan Zarafah merupakan hewan dari keluarga mamalia berkuku endemik Afrika. Jerapah jantan memiliki ukuran hingga 5.5 meter bahkan lebih.

Sedangkan beratnya mencapai 1.300 kilogram dan mungkin ada yang lebih dari berat yang tertulis. Jerapah memang dikenal sebagai hewan yang lehernya paling panjang di dunia. Dan ternyata jerapah juga termasuk kedalam hewan terbesar.

6. Buaya Muara

Buaya Muara
Buaya Muara

Di antara buaya dan hewan lainnya, Buaya Muara merupakan jenis hewan yang dipastikan terbesar. Bobot Buaya Muara mencapai 1.300 kilogram lebih dengan panjang hingga 6 meter lebih.

Dinamai Buaya Muara karena ia hidup di sungai-sungai. Buaya ini juga biasa disebut dengan nama Buaya Bekatak. Beda dengan Paus, Buaya Muara adalah hewan jenis reptil.

7. Beruang Cokelat

Beruang Cokelat
Beruang Cokelat

Hewan paling besar lainnya adalah Beruang Cokelat yang merupakan beruang terbesar sepanjang masa. Hewan ini hidup di kawasan Amerika Utara dan timur Eurasia.

Bobot Beruang Cokelat mencapai 1 ton lebih dengan tinggi hingga 3 meter. Bayangkan saja betapa besarnya Beruang ini dibandingkan dengan beruang lainnya yang sering kita temui.

8. Gajah Laut

Gajah Laut
Gajah Laut

Di lautan, selain Paus Biru masih ada hewan yang ukurannya paling besar, yaitu Gajah Laut. Gajah yang hidup di laut ini memiliki bobot hingga 2.000 kilogram lebih.

Selain itu, ukuran tubuhnya mencapai 4 meter lebih. Gajah Laut juga sempat mengalami kepunahan pada abad ke-19, namun sekarang habitatnya sudah kembali pulih.

9. Cumi-cumi Kolosal

Cumi-cumi Kolosal
Cumi-cumi Kolosal

Cumi-cumi Kolosal dapat tumbuh mencapai 14 meter, dan dapat dipastikan bahwa Cumi-cumi Kolossal sebagai hewan laut terbesar sepanjang masa.

Berat Cumi-cumi Kolosal lebih dari 450 kilogram. Matanya saja seperti piring makan, bayangkan betapa besarnya Cumi raksasa ini. Menurut info yang saya dapatkan bahwa Cumi ini hidup di perairan Benua Antartika.

10. Hiu Paus

Hiu Paus
Hiu Paus

Kenapa ya kebanyakan dari laut? Karena katanya, mahluk di laut lebih banyak daripada di daratan. Hiu Paus juga termasuk hewan terbesar yang hidup di laut dengan bear mencapai 22 ton dan ukurannya 10 meter lebih.

Kebiasaan makannya menyaring air laut. Plankton adalah makanan utama Hiu Paus, tapi meskipun makan Plankton, ukurannya bisa bertumbuh sebesar itu.

Baca Juga : 14+ Hewan Langka yang Ada di Indonesia ini Sulit Ditemukan

Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

Hewan terbesar di dunia sepanjang masa masih dikuasai oleh Paus Biru. Ikan mamalia ini tumbuh hingga 33 meter dan beratnya yang mencapai 181 meter, menjadi alasan menguasai hewan terbesar.

Mungkin masih ada hewan yang ukurannya tak terbendung, namun itulah yang dapat saya tulis. Dan setelah kita lihat, dari ke 10 di atas yang paling besar adalah Paus Biru.

Demikian informasi mengenai hewan terbesar di dunia sepanjang masa, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.