Hubungan Deforestasi Dengan Perkembangan Pertanian Indonesia

Hubungan Deforestasi Dengan Perkembangan Pertanian Indonesia

0

Sikalem – Apa itu deforestasi? Dan bagaimana hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia ketika deforestasi dilakukan?

Deforestasi adalah pengawahutan atau penggundulan hutan yang dilakukan. Penggundulan hutan ini tentu akan ada hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia.

Meskipun akan terjadi suatu hal yang sangat bagus bagi para petani, tapi mungkin jika deforestasi dilakukan akan ada sedikit masalah tentang hutan tersebut.

Masalah itu akan terjadi lantaran hutan akan gundul, dan seharusnya tidak semuanya digundulkan, cukup untuk melakukan pertanian saja dikawasan hutan tersebut.

Deforestasi Adalah

Penggundulan hutan atau disebut deforestasi merupakan kegiatan yang dengan sengaja melakukan penebangan hutan dengan tujuan untuk bertani atau mengadakan lahan pertanian.

Deforestasi akan dialihhgunakan menjadi beberapa hal, selain pertanian juga akan menjadi lahan perkotaan hingga membangun peternakan disana.

Seharusnya, hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia itu berjalan dengan baik, lantaran berdasarkan tujuannya untuk mengadakan lahan pertanian secara legal.

Deforestasi Hutan
Deforestasi Hutan

Tujuan Deforestasi

Tidak akan dilakukan tanpa tujuan, seharusnya semua orang berfikir seperti demikian. Tujuan dilakukannya deforestasi atau penggundulan hutan tidak dengan menggundulkan semata, melainkan memanfaatkannya untuk kegiatan yang lain.

Dilakukan secara legal adalah hal yang baik, namun agar hutan tidak terlalu gundul, sebaiknya melakukan deforestasi dengan bijak, jangan sepenuhnya dilakukan, cukup sebagian saja yang dibutuhkan.

Tujuan dilakukannya deforestasi adalah untuk mengalihgunakan hutan menjadi nir-hutan, seperti untuk kota, pemukiman, pertanian, wisata, dan yang lainnya.

Lantas, bagaimana hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia ketika deforestasi ini dilakukan dengan tujuan tersebut?

Baca juga : 7 Hal yang Akan Terjadi Jika Hutan Bakau Rusak

Hubungan Deforestasi Dengan Perkembangan Pertanian Indonesia

Hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia berdasarkan pada tujuan dilakukannya penggundunlan hutan, tentu sangat erat, namun akan menyebabkan terjadinya perubahan pada aliran udara.

Jika memang dengan tujuan untuk mengembangkan pertanian, membuka lahan pertanian dengan melakukan deforestasi hutan seharusnya dilakukan dengan bijak.

Lantaran akan terjadi perubahan iklim, bahkan curah hujan yang berkurang, hingga hilangnya sumber kehidupan hewan jika hal itu dilakukan dengan sepenuhnya.

Hubungan Deforestasi Dengan Perkembangan Pertanian Indonesia
Hutan

Cara terbaik dalam penggundulan hutan adalah menggundulkan sebagiannya saja, tidak semuanya dilakukan penggundulan agar tidak terjadi hal-hal buruk.

Hubungan deforestasi dengan pertanian sangat erat, namun jika memang para petani tidak ingin melakukannya, maka itu tidak seharusnya terjadi.

Baca juga : 15 Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata

Efek Deforestasi

Jika deforestasi dilakukan, maka akan menyebabkan berkurangnya curah hujan, sehingga suhu di bumi pun akan meningkat.

Sementara itu, hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia memang sangat berpengaruh lantaran akan semakin berkembang luas untuk para petani.

Dan jikalau harus dilakukan deforestasi dengan tujuan yang berbeda, semisal untuk perkotaan seharusnya ini lebih di pikirkan lagi.

Untuk lahan pertanian memang tidak terlalu buruk, karena biasanya para petani akan melakukan cocok tanam sebagaimana dengan pekerjaan mereka yang dilakukan setiap hari.

Ketika semuanya sudah dipanen, mereka pun akan bercocok kembali, dan memang hal ini tidaklah terlalu buruk, tapi mungkin lain cerita kalau tujuannya dibangun sebuah perkotaan.

Akan tetapi, meskipun deforestasi dilakukan dengan tujuan yang sama, yaitu membuka lahan pertanian, tetap saja akan menyebabkan hal-hal buruk, seperti erosi dan hal yang lainnya.

Namun hal itu tentunya dapat dikendalikan, jika memang hanya untuk lahan pertanian saja, tidak seharusnya digundulkan sepenuhnya, cukup dengan untuk kebutuhan pertanian saja.

Baca juga : Hutan Sumber Pangan Bagi Kehidupan Manusia

Kesimpulan

Nah jadi kita seharusnya lebih memperhatikan lagi jika penebangan hutan dilakukan dengan tujuan yang berbeda, justru hubungan deforestasi dengan perkembangan pertanian Indonesia akan mengalami perubahaan dan itu tidak perlu kita lakukan jika memang tidak harus dilakukan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.