Hukum Memotong Kuku Saat Haid Dalam Islam, Bolehkah?

Bolehkah Saya Memotong Kuku Saat Sedang Haid atau Menstruasi?

0 11

Banyak orang yang bertanya, apakah hukum memotong kuku saat haid dilarang? Atau diperbolehkan dalam ajaran Islam?.

Haid atau menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang diakibatkan siklus alami dari tubuh wanita setia bulannya.

Semua manusia pasti merasakan dan mengalami hal ini setelah ia dewasa.

Siklus tersebut merupakan proses organ reproduksi pada wanita untuk siap ketika terjadinya kehamilan suatu saat setelah waktunya.

Lalu, apakah hukum memotong kuku saat haid dilarang? Sepertinya iya jika ada adat yang melarang aktivitas tersebut.

Hukum Memotong Kuku Saat Haid

Hukum Memotong Kuku Saat Haid
Potong Kuku, Foto : Istimewa

Syekh Ibnu Utsaimin mengatakan bahwa setiap wanita yang haid maupun nifas wajib menjaga kebersihan tubuh, sehingga dapat dipastikan bahwa hukum memotong kuku saat sedang haid tidak dilarang dalam Agama.

Tapi ingat, ini dalam agama, karena kepercayaan orang-orang jaman dulu tentu tetap berbeda, ada adat yang melarang adapula yang tidak melarang.

Setiap daerah masing-masing memiliki adat yang berbeda, sehingga memotong kuku saat haid pun mungkin bisa saja dilarang.

Namun dalam agama belum ada dalil yang melarang pemotongan kuku bahkan ini wajib karena termasuk membersihkan tubuh.

Seperti kata Syehk Utsaimin yang sudah admin katakan bahwa setiap wanita harus membersihkan tubuh saat sedang menstruasi atau haid.

Larangan Memotong Kuku Dalam Islam

Meski admin sudah menyampaikan bahwa hukum memotong kuku saat haid dalam Islam tidak dilarang, akan tetapi Islam melarang orang-oarng untuk memotong kuku ketika sedang berkurban.

Hadist Riwayat Muslim menjelaskan bahwa orang yang sedang berkurban tidak boleh memotong kuku dan rambut saat memasuki tanggal 1 Zulhijah.

Namun, banyak orang menganggap bahwa wanita yang sedang haid, Syehk Ibnu Ustaimin malah menyarankan para perempuan agar menjaga kebersihan badan.

Begitupun dengan memotong rambut saat haid tidak ada larangan menurut fatwa Syehk Ibnu Ustaimin dalam penjelasannya yang sudah admin rangkum.

Baca juga : Hukum Tanam Bulu Mata Haram Bukan Karena Merubah Ciptaan Tuhan

Wanita Wajib Menjaga Kebersihan Saat Haid

haid atau nifas yang setiap bulan wanita alami ternyata tidak dilarang dalam memotong kuku karena para wanita wajib menjaga kebersihan badan.

Bukankah memotong kuku dan rambut adalah sarana untuk kebersihan dan membersihkan tubuh?.

Maka demikian, semua hal tentang kebersihan tubuh yang wanita lakukan dianjurkan pada saat mereka sedang memasuki masa-masa haid.

Namun sekali lagi admin tegaskan, mungkin tidak dengan adat, karena ada beberapa adat yang melarang hal-ha tertentu meski tidak dilarang dalam agama.

Kalau adat didaerah kamu melarang untuk memotong kuku saat sedang melaksanakan hal tersebut, maka jangan dibantah.

Ikuti saja aturan yang ada di mana tempat kamu tinggal, sepeti sebelumnya admin pernah membahas Makna Pepatah Dimana Bumi Dipijak, Disana Langit Dijunjung.

Larangan Saat Haid

Larangan Saat Haid
Test Pack, Foto : Istimewa

Hukum memotong kuku saat haid tidak dilarang, namun ada beberapa hal yang dilarang dalam Islam, dan itu adalah kebiasaan dan ibadah ummat muslim.

Wanita yang sedang haid tidak boleh melakukan shalat fardhu maupun sunnah, puasa wajib maupun sunnah dan berhubungan badan.

Ketiga hal yang diwajibkan itu justru dilarang bagi wanita yang sedang haid, mungkin kamu juga sudah tahu tentang beberapa hal ini.

Maka, bagi yang sedang haid, atau menstruasi, atau nifas, para wanita dilarang melakukan kewajiban yang ditentukan dalam agama.

Menurut para ulama, wanita yang memaksa melakukan tersebut malah haram hukumnya, meski itu adalah kewajiban.

Tapi bukan berarti kamu harus meninggalkannya, kamu harus tetap memenuhi ibadah itu dengan melakukan qada atau membayar ibadah pada saat kamu sudah selesai haid.

Misalnya puasa, kamu tidak puasa selama 3 hari karena haid, nah di bulan berikutnya (selain bulan puasa, kecuali 1 syawal) kamu harus menebusnya dengan berpuasa selama 3 hari.

Niatnya sudah banyak bertebaran, kamu pun bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada para ulama dan kiyai yang ada disekitaran kamu ya.

Baca juga : Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Kesimpulan

Jadi kita simpulkan bahwa, memotong kuku dan rambut pada saat sedang haid atau nifas atau menstruasi hukumnya tidak dilarang alias boleh-boleh saja.

Selama adat di daerah kamu tidak melarangnya. Sehingga kamu tidak usah takut dan tidak usah ragu lagi, kalau masih ragu coba konsultasi ke orang yang paham agama.

Demikian penjelasan mengenai hukum memotong kuku saat haid dalam islam, semoga yang sudah admin jelaskan diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu ya sahabat kalem.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.