Hukum Tanam Bulu Mata Haram Bukan Karena Merubah Ciptaan Tuhan

Menanam Bulu Mata Hukumnya Haram, Berdasarkan Hadist yang Ada

0 49

Banyak yang menganggap bahwa hukum tanam bulu haram karena merubah ciptaan Allah, namun sebenarnya bukan karena hal tersebut tetapi ada hal lain dibalik haramnya menanam bulu mata ini.

Adapun hukum tanam bulu mata di cap haram sudah tertulis dalam hadist yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya, hanya beberapa orang saja.

Nah, admin sendiri akan menjelaskannya agar kamu tidak menganggap salah mengenai penanaman bulu mata palsu agar lebih terlihat cantik.

Hukum Tanam Bulu Mata Adalah Haram

Menanam bulu mata haram karena menambah atau memanjangkan rambut, bukan karena merubah ciptaan tuhan, namun ini juga didasari karena ingin terlihat lebih cantik yang artinya kita tidak bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada kita.

Memang, tidak benar-benar haram karena tidak bersyukur, melainkan haram karena memanjang dan menambah rambut, itu adalah kesalahan besar.

Hadist Bukhari dan Muslim sudah menjelaskan mengenai haramnya menambah rambut, bulu mata pun termasuk kategori rambut, maka kita tidak diizinkan untuk menanamnya.

Sekarang kita tahu kalau hukumnya haram, dan bukan karena merubah ciptaan tuhan, melainkan karena dilarangnya menyambung rambut dalam agama Islam.

Baca juga : Apakah Umat Nabi Muhammad Akan Masuk Surga Semuanya?

Hadist Haramnya Menanam Bulu Mata

Bukhari dan Muslim berkata dalam hadistnya “Allah melaknat al-washilah (orang yang menyambung rambut) dan al-mustaushilah (orang yang minta disambung rambutnya)”.

Hadist tersebut menjelaskan bahwa Allah melaknat orang-orang yang menyambung rambut, alias menambah rambut, dan bulu mata pun termasuk kedalam kategori tersebut.

Dugaan orang-orang salah ketika menilai bahwa ini adalah merubah ciptaan Tuhan, sedangkan pihak lain berkata bahwa menanam bulu rambut juga tidak haram.

Orang yang menyebut tidak haram karena mereka menganggap bahwa ini bukan merubah ciptaan tuhan, akan tetapi mereka tidak tahu bahwa menyambung rambut pun hukumnya dilarang dalam Islam.

Ini khusus untuk kamu yang Muslim, kalau non-Muslim admin tidak mencapnya, karena berbeda keyakinan kita berbeda juga aturan yang ada didalamnya.

Baca juga : 6 Jenis Pernikahan Dalam Islam yang Dilarang

Bukankah Menanam Bulu Mata hanya Menempel?

Orang-orang juga menganggap bahwa menanam bulu mata hanya sebatas bersifat sementara, dan sama seperti saat kita ber make up, tapi lain lagi dengan aturan.

Sehingga mereka menganggap bahwa hukum tanam bulu mata adalah sah-sah saja, tapi bisa kamu lihat hadist yang sudah admin tulis.

Menanam atau menambah bulu mata, meski hanya di lem dan bersifat sementara itu berarti kita menyambung bulu mata, dan bulu mata termasuk rambut.

Jadi itu tidak diizinkan seperti hadist tertulis, karena apa? Menanam berarti kita menyambung bulu mata dong, sedangkan admin sudah bolak-balik mengatakan hal tersebut.

Baca juga : Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami dan Bermakna

Kesimpulan

Kesimpulannya, menanam bulu rambut hukumnya haram bukan karena merubah ciptaan tuhan tapi karena menyambung rambut, sedangkan bulu adalah rambut.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang menduga bahwa itu tidak termasuk, tapi ya kembali kepada diri kita masing-masing, kalau kamu ragu, silakan tanyakan kepada ahli agama.

Kenapa harus bertanya kepada mereka? Karena kamu akan tahu jawaban yang pasti terkait dengan hukum tanam bulu mata yang sedang admin bahas kali ini, meski admin mengaitkan itu dengan hadist tentang menyambung rambut, namun mungkin pandangan yang lain berbeda.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.