Ini Alasan Mengapa Belanda Membatasi Kegiatan Berorganisasi Masyarakat Pada Saat itu

Ini Alasan Mengapa Belanda Membatasi Kegiatan Berorganisasi Masyarakat Pada Saat itu
Ilustrasi masa penjajahan, Foto: Kumparan

Sikalem – Mungkin kamu tidak banyak mendalami tentang sejarah, sehingga tidak tahu juga alasan yang tepat mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu.

Hal tersebut tentunya menjadi perhatian, seharusnya kamu lebih banyak lagi mendalami tentang sejarah penjajahan di negeri kita yang ratusan tahun lamanya.

Dalam pembahasan yang luar biasa ini, admin akan mencoba memberkan kamu kunci jawaban yang benar dan tepat dar pertanyaan tersebut untuk menambah wawasan.

Dimana pertanyaan yang ada dalam mata pelajaran ini adalah mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?

Namun, selain kamu mendapatkan jawaban yang benar dan tepat, admin berharap pembahasan yang sengaja admin tulis ini juga dapat menambah pengetahuan untuk kamu.

Jadi yang harus kamu perhatikan, tak hanya untuk menemukan jawabannya saja, melainkan juga adalah untuk mendalami dan memahaminya juga ya.

Silakan kamu simak pembahasan dibawah ini agar mendapatkan jawaban yang benar dan tepat sesuai yang sesungguhnya.

Mengapa Belanda Membatasi Kegiatan Berorganisasi Masyarakat Pada Saat itu

Pada saat itu, Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat adalah untuk mempertahankan kekuasaannya di Indonesia, karena dengan kegiatan organisasi adalah wadah untuk kemerdekaan Indonesia.

Alasan lain mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu juga karena mereka takut karena kekuasannya terancam.

Seperti yang sudah admin katakan bahwa kegiatan berorganisasi masyarakat dapat memudahkan Indonesia merdeka, namun Belanda sengaja membatasinya dikarenakan mereka terancam.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Baca juga: Kemelut Majapahit Kelas 12 SMA: Latar Waktu Cerita Dalam Kutipan Novel Sejarah Majapahit

Jadi Belanda ingin tetap mempertahankan kekuasannya di negara yang mereka jajah, pada saat itu adalah negara Indonesia.

Sahabat kalem, sekarang sudah kamu temukan jawabannya, maka kamu juga harus memahami dengan seksama agar kedepannya tahu akan sejarah masa penjajahan kala itu.

Dijaman sekarang kita sudah hidup damai dan aman tanpa adanya penjajahan dan sembunyi. Bayangkan kalau kita berada dimasa penjajah kala itu, apa yang dapat kita lakukan?

Maka, jangan sia-siakan kemerdekaan negara kita yang sudah ratusan tahun dijajah oleh Belanda hingga beberapa negara yang lain seperti Jepang.

Sebaiknya, masa-masa penjajahan dulu menjadi pelajaran bagi kita, tidak ada yang indah pada saat itu, hanya sembunyi dan berperang yang ada.

Tidak dengan sekarang yang semuanya serba enak, kita hidup aman dan damai, memegang dan bermain hape, tidak perlu sembunyi dan tidak perlu berperang.

Maka, kunci jawaban terkait pertanyaan mengapa belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu ini memang ada tugas yang harus kamu kerjakan ya.

Hal ini berkaitan dengan keorganisasian, yang mana organisasi ini sangat penting untuk melengkapi kehidupan bermasyarakat dan berindividu.

Lihat saja alasan Belanda pada saat itu yang membatasi organisasi masyarakat, mereka takut karena terancam kekuasannya, jadi organisasi ternyata bisa membuat kita semakin lebih maju.

Organisasi Bisa Menggapai Cita-cita Bersama

Tentu dari pertanyaan dan kunci jawaban mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu juga seharusnya kita ambil juga pelajaran dari sistem keorganisasian.

Karena organisasi bisa dimanfaatkan untuk mencapai cita-cita secara bersamaan, pantas saja Belanda takut dan merasa terancam ya dengan organisasi pada saat itu.

Nah sahabat kalem, jadi apakah kamu masih merasa bahwa organisasi itu tidak bermanfaat? Cobalah untuk lebih berfikir, dan jangan lupa bahwa artikel ini sekaligus mendapati beberapa pelajaran didalamnya ya.

Itulah alasannya mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu, dan ternyata mereka takut kekuasannya hancur di negeri yang mereka jajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.