Ini Tujuan Masyarakat Memiliki Sarana Pengendali Konflik

Apa Sih Tujuan Masyarakat Memiliki Sarana Pengendali Konflik? Berikut Jawabannya

0 146

Salah satu tujuan masyarakat memiliki sarana pengendali konflik adalah agar tidak adanya konflik yang terjadi, lalu ketika ada konflik apa yang akan terjadi? Tentu saja akan terjadi hal-hal buruk yang tidak pernah kita inginkan.

Konflik dalam masyarakat memang selalu saja terjadi, maka dari itu untuk menyeleasikan konflik, masyarakat harus memiliki konflik agar dapat diselesaikan dengan baik dan bijak tanpa ada masalah nantinya.

Nah, kamu dapat melihat jawaban berikut ini bahwa masyarakat memiliki tujuan dengan adanya pengendali konflik.

Tujuan Masyarakat Memiliki Sarana Pengendali Konflik

Konflik selalu saja terjadi di masyarakat, ini sudah hal yang umum, adapun tujuan masyarakat memiliki sarana pengendali konflik adalah untuk menyeleasikan konflik dan mengendalikan serta mencegah terjadinya konflik di masyarakat.

Konflik yang terjadi tidak hanya satu atau dua kali saja, ada banyak sekali kasus-kasus yang sudah admin baca beritanya terkait konflik di masyarakat.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Bahkan di lingkungan admin sendiri yang tentunya banyak terjadi konflik dari tahun-tahun sebelumnya. Admin pun sudah tak dapat lagi mengendalikan emosi masyarakat.

Contoh Konflik yang Terjadi di Masyarakat

Sebut saja sengketa tanah, ini konflik yang umum terjadi, disini juga sudah banyak sekali kasus-kasus lahan yang membuat masyarakat harus cek-cok hanya karena lahan dan tanah saja.

Padahal kita sudah tahu dimana letak perbatasan, berapa luas yang dimiliki, kan ada dalam surat tanah.

Maka, tujuan masyarakat memiliki sarana pengendali konflik adalah untuk bisa menyelesaikan konflik yang lebih baik dan tiada lagi percekcokan antara warga hanya karena masalah sepele.

Tak hanya tanah saja, kadang konflik terjadi akibat warga yang selalu saja membuat onar, misalnya ngomongin orang yang lagi melakukan sesuatu, sirik, dan lain sebagainya.

Hal seperti ini juga sudah umum di kalangan masyarakat, maka masyarakat perlu mengendalikan konflik itu sendiri, kalau bisa harus mencegah agar tidak terjadi suatu hal yang buruk tentunya.

Baca juga : Arti Penting Persatuan Dalam Keragaman Masyarakat Indonesia

Kesimpulan

Konflik bisa saja terjadi kapan itu? Dimana itu? Siapa yang mulai? Siapa aktor dibalik terjadinya konflik? Kalau tiada kesadaran kita, siapa lagi yang akan menyelesaikan konflik yang terjadi di masyarakat?

Maka dibutuhkan pengendali konflik, sehingga tujuan masyarakat memiliki sarana pengendali konflik adalah untuk apa yang sudah admin jelaskan diatas, semoga saja membantu ya sahabat kalem.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.