Isi Pesan Dalam Dongeng Mencari Pohon Buah, Jangan Serakah

Pesan Dalam Dongeng Mencari Buah

0

Sikalem – Judul dongeng Mencari Pohon Buah ternyata mengandung pesan yang sangat mendalam, isi pesan dalam dongeng mencari pohon buah membuat kita terharu.

Sekaligus memotivasi agar hidup kita menjadi lebih baik, sehingga kita dapat mengetahui apa tujuan kita hidup di dunia ini.

Sebagai salah satu dongeng yang mengandung isi mendalam, seseorang yang baik pasti akan mendapatkan perlakuan baik.

Begitu dengan sebaliknya, orang yang buruk pasti akan mendapatkan perlakuan yang buruk.

Sikap sifat seseorang tentu saja jauh berbeda, dalam dongeng mencari buah ini disampaikan beberapa hal yang sebaiknya harus kamu pehamai dan cerna sesuai dengan cerita dalam dongeng tersebut.

Dongeng Mencari Buah

Dongeng mencari buah adalah dongeng sastra yang menceritakan monyet dan jerapah. Dimana, monyet ini sebagai sosok yang sangat serakah.

Monyet yang kelaparan tadinya dia mencari buah, lalu bertemu dengan jeparah, sedangkan dia tahu bahwa jerapah sanga pandai mencari makanan.

Monyet akhirnya dibawa oleh jerapah ke dekat sungai, dan didekat sungai tersebut nyatanya banyak sekali pohon, lalu jerapah pun berkata bahwa ini adalah pohon jambu.

Monyet yang kegirangan langsung memanjat pohon tersebut, semua buah yang ada di pohon tersebut dimakan habis oleh monyet, jerapah pun geleng-geleng kepala.

Monyet pun diberi tahu lagi oleh jerapah pohon mangga namun buah nya enggak matang, masih muda, dan rasanya sangat asem.

Dilahab lagi oleh si Monyet, akhirnya dia sakit perut. Singkat saja dongeng nya karena kita akan langsung mencari tahu jawaban pesan dalam dongeng mencari pohon buah.

Monyet Sakit Perut

Akhirnya, karena sangat serakah dan semua buah dilaha perut si monyet pun sakit, kemudian dia menangis dan berkata bahwa dia menyesali telah memakan semuanya.

Hal itu disampaikan dari pesan tersebut, dari keserakahan si monyet salah satunya adalah keburukan yang merupakan sifat yang tidak boleh kita lakukan.

Lantas, dari dongeng ini apa isi pesan dalam dongeng mencari pohon buah? Mari kita cari tahu jawabannya.

Baca juga : Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Asal Mula Buah Kelapa

Baca juga : Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Pesan Dalam Dongeng Mencari Pohon Buah

Pesan yang diambil dari dongeng mencari buah adalah bahwa kita tidak boleh serakah, dan belajarlah untuk berbagi, seperti pada dongeng tersebut monyet sangat serakah dan tidak mau berbagi dengan si jerapah.

  1. Janganlah menjadi orang yang serakah seperti monyet yang menghabiskan semua buah yang ada;
  2. Serakah merupakan sikap yang sangat buruk;
  3. Orang yang serakah pasti akan mendapatkan akibat dari perbuatannya;
  4. Berbagilah bersama teman dan orang lain karena berbagi itu sangat indah;
  5. Menghargai nasihat dan pendapat orang lain, dengarkan apa yang mereka katakan kepada kita;

Nah sahabat kalem, itulah isi pesan dalam dongeng mencari pohon buah yang sangat mendalam serta mengajarkan kita agar tidak serakah dalam menjalani hidup.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.