Jenis Kewajiban Warga Negara dan Contoh Perwujudannya

Jenis-Jenis Kewajiban Warga Negara dan Contohnya

0

Sikalem – Sebagai warga negara, kita perlu melaksanakan kewajiban kita, agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab, namun apakah kamu tahu jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya seperti apa?

Kewajiban merupakan bentuk dari pelaksanaan yang harus kita laksanakan, sifatnya melekat pada diri kita sendiri, mutlak dan tidak dapat dihindari, sebagai warga negara kita memiliki beberapa jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya.

Sedangkan semua yang akan dijelaskan disini didasari dari apa yang memang harus kita laksanakan, dan itu selebihnya tanggung jawab diri kita masing-masing.

Kewajiban Sebagai Warga Negara

Kewajiban Sebagai Warga Negara
Ilustrasi, Foto : Kumparan

Menaati apa yang sudah diwajibkan kepada kita sifatnya mutlak dan melekat pada kehidupan kita, jangan mengingkari apa yang sudah seharusnya kita laksanakan.

Sementara itu, sebelum kita mencari tahu apa saja jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya barangkali kamu perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kewajiban.

Dari atas sudah saya jelaskan sementara untuk kamu pahami agar menjadi warga negara yang taat akan kewajibannya tersendiri.

Namun sayangnya, masih banyak orang-orang yang tidak begitu memperhatikan hal tersebut, mereka tidak terlalu memperdulikan kewajibannya, faktanya masih banyak orang yang melanggar hukum dengan sengaja.

Baca juga : Pengertian Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Jenis Kewajiban Warga Negara dan Contoh Perwujudannya

Adapun jenis-jenis kewajiban sebagai warga negara serta contohnya adalah:

  1. Wajib menaati hukum dan pemerintah, contoh perwujudannya seperti tidak main hakim sendiri.
  2. Wajib mengikuti dan melaksanakan pembelaan negara, contohnya menolak ideologi yang menggantikan Pancasila.
  3. Wajib menghormati hak asasi manusia, contoh perwujudannya menghargai ibadah umat beragama.
  4. Wajib tunduk pada sebuah undang-undang, contohnya tidak terlibat dalam masalah kriminal.
  5. Wajib mengikuti keamanan, contohnya adalah melaksanakan ronda.
  6. Wajib memperoleh pendidikan yang dasar, contonhya yaitu melaksanakan masa-masa belajar 12 tahun.
  7. Wajib membayar pajak, contoh perwujudannya adalah dengan rajin bayar pajak sebelum tenggat waktu.

Baca juga : 10 Kewajiban Para Pelajar Sebagai Warga Negara

Dari ke 7 upaya kewajiban yang harus dilaksanakan oleh warga negara Indonesia diatas sangat melekat pada diri kita dan sebaiknya jangan kita ingkari karena itu sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara.

Ilustrasi Kewajiban Warga Negara
Ilustrasi, Foto : Sinar Harapan

Tapi masalahnya, seperti kita ketahui masih banyak sekali orang yang tidak begitu memperdulikan kewajiban, masih banyak orang yang tidak mau membayar pajak, masih banyak orang yang melanggar hukum, masih banyak orang yang melakukan kriminal.

Padahal sudah jelas bahwa kita wajib mengikuti alur-alur seperti yang tertulis diatas, semoga saja kedepan tidak ada lagi orang-orang yang melanggar kewajibannya sebagai warga negara.

Mari Laksanakan Kewajiban Kita

Seperti yang kita lihat bahwa ada banyak jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya juga sudah saya jelaskan, sehingga sekarang ini waktunya kita melaksanakan kewajiban karena itu tugas kita sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Jangan sampai tugas kita ini tidak dilakukan, ikuti alur-alur yang sudah disediakan dalam undang-undang sebagai penunjang kehidupan kita ya sahabat kalem.

Sehingga, apa yang dijelaskan diatas sebaiknya kamu pahami dan simak, lalu kamu praktekan pula jangan sampai hanya sebatas kewajiban yang tidak ada gunanya sama sekali.

Kewajiban Siswa
Kewajiban Siswa, Foto : Mikirbae

Jika Kewajiban Tidak Dilaksanakan

Tahukah kamu, jika kewajiban tidak dilaksanakan akan dampak yang buruk pada masyarakat? Karena berbagai jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya diatas yang seharusnya dilaksanakan, tapi tidak dilaksanakan maka akan berdampak pada hal-hal berikut.

  • Tidak lancarnya kehidupan bernegara.
  • Banyaknya perselisihan antar warga dan masyarakat.
  • Terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat luas.
  • Tidak akan pernah damai dan kehidupan lebih buruk.

Baca juga : Ini yang Terjadi Jika Kewajiban Tersebut Tidak Dilaksanakan

Jika kewajiban-kewajiban tidak kita laksanakan, maka dampat tersebut akan terjadi, alhasil kita tidak akan pernah damai dalam menjalani hidup sebagai warga negara.

Maka dari itu, penting sekali untuk melaksanakan kewajiban kita agar kehidupan kita aman, damai, dan negara ini memiliki kualitas yang baik ya sahabat kalem.

Kesimpulan

Sehingga, dengan melaksanakan tanggung jawab, itu berarti kita sudah melakukan langkah terbaik dari kehidupan kita sebagai warga negara yang baik, dan kita bertanggung jawab terhadap kewajiban tersebut, karena kita sudah tahu apa saja yang harus kita laksanakan.

Dan itulah jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya yang dapat kamu laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, jangan kamu ingkari kewajiban itu ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.